Ce Hun Tiau (Sumber gambar: Unsplash/ Ke Vin)

Resep Ce Hun Tiau, Kelezatan Khas Pontianak yang Menyegarkan dan Menggoda Selera

14 August 2023   |   17:00 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Bagi para pencinta kuliner sejati, mengeksplorasi makanan khas suatu daerah adalah suatu hal yang patut dilakukan. Khususnya jika Genhype sedang berada di Kalimantan Barat, sayang kesempatan dilewatkan untuk menikmati keberagaman kuliner khas Pontianak yang begitu menggoda.

Pontianak, yang mayoritas penduduknya adalah keturunan Tionghoa, menawarkan beragam hidangan yang tidak jauh dari pengaruh kuliner Tionghoa yang khas, salah satunya dessert yang bernama Ce Hun Tiau.

Nama Ce Hun Tiau mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Secara harfiah, Ce Hun Tiau adalah singkatan dari istilah dalam Bahasa Tio Cu yang merujuk pada kombinasi Ce (ubi), Hun (Tepung), dan Tiau (Balok Panjang).

Baca juga: Resep Olahan Kacang Merah, Sajian Manis dan Gurih Pelepas Dahaga

Berbeda dengan Lek Tau Suan yang nikmat dinikmati dalam keadaan hangat saat malam hari, Ce Hun Tiau memiliki daya tarik lain. Hidangan ini lebih cocok disantap saat cuaca panas dengan tambahan es batu untuk sensasi yang lebih menyegarkan.

Menghadirkan es dalam Ce Hun Tiau memberikan kesenangan tersendiri, terutama dengan iklim Pontianak yang cenderung panas sepanjang tahun karena letaknya yang berdekatan dengan garis Khatulistiwa.

Seperti halnya kolak, Ce Hun Tiau tidak hanya menyegarkan, tetapi juga mengenyangkan. Hidangan ini terdiri dari 7 bahan, yaitu ketan hitam, kacang merah, cincau, bongko (ati pari), santan, gula merah cair, dan ce hun tiau sendiri yang mirip cendol, berwarna putih dan terbuat dari tepung.

Untuk sensasi kesegaran yang optimal, kalian dapat mencampurkan es batu atau menyimpan hidangan ini dalam lemari es sebelum menyantapnya. Meskipun kelihatannya mirip dengan bubur kacang hijau, Ce Hun Tiau memiliki nuansa unik. Salah satu keistimewaan terletak pada tekstur kacang merah yang lembut dan hampir meleleh di mulut. Kacang merah yang digunakan memiliki karakteristik berbeda dengan yang umumnya ditemukan di Jakarta atau Pulau Jawa.

Saat dimasak, kacang merah dalam Ce Hun Tiau tetap utuh, tidak hancur seperti pada bubur kacang hijau biasa. Bulir kacangnya tetap lembut dan lezat. Ukuran kacang merahnya lebih kecil daripada biasanya, lebih besar daripada kacang tolo atau kedelai. Warnanya pun lebih gelap dan memberikan nuansa berbeda.

Penggunaan santan yang kental dan dimasak bersama daun pandan menjadi campuran yang tak tergantikan. Keunikan lainnya terletak pada adanya cendol berwarna putih yang lebih tipis daripada cendol hijau yang umumnya ditemukan. Berikut resep Ce Hun Tiau yang bisa Genhype masak di rumah.
 

Resep Ce Hun Tiau


Bahan-bahan:

250 gr Ce Hun Tiau
1 bungkus bubuk agar-agar plain
800 ml air putih
 Pasta pandan secukupnya
3 sdm gula pasir
 

Kuah santan:

200 ml santan
800 ml air putih
1/2 sdt garam
 

Kuah gula merah:

300 gr gula merah
300 ml air putih
4 sdm gula pasir
1 lembar daun pandan, diikat simpul
 

Pelengkap:

Sagu mutiara yang sudah matang, secukupnya 
Kacang merah yang sudah dimasak sampai empuk, secukupnya
Es batu secukupnya 
 

Cara pembuatan:

1. Siapkan panci, lalu masukkan air, bubuk agar-agar & gula pasir. Aduk rata. Lalu tambahkan pasta pandan nya,aduk merata. Masak sampai mendidih.
Tuang dalam wadah, biarkan dingin. Selesai dingin, masukkan ke kulkas.
2. Kuah gula merah: Siapkan panci, masak air, gula merah & daun pandan. Tambahkan gula pasir. Aduk rata. Biarkan sampe kuah mengental. Angkat, tiriskan.
3. Kuah santan: Panaskan air, lalu rebus santan dan aduk rata. Tambahkan garam & daun pandan. Aduk-aduk sampai santan mendidih. Dinginkan.
4. Siapkan gelas saji. Sajikan bubur kacang merah dengan ce hun tiau, kuah santan, es batu, agar-agar hijau, dan kuah gula merah. Tambahkan satu scoop es krim sesuai selera.
5. Aduk terlebih dahulu sebelum diminum.

Dengan segala kelezatan dan keunikan yang dimilikinya, Ce Hun Tiau menjadi salah satu kekayaan kuliner Pontianak yang patut dicicipi. Nikmatilah sensasi berbeda dan kenikmatan yang tak terlupakan dari hidangan ini saat kalian berkunjung ke Pontianak. Selamat menikmati.

Baca juga: 6 Makanan Populer Khas Pontianak, dari Bubur Pedas hingga Kue Bingke

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

3 Alasan Smartphone Kamu Butuh Perlindungan Ekstra

BERIKUTNYA

Spesifikasi TWS Termutakhir 2023: Samsung, Huawei, & Sony Saling Adu Fitur

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: