Ilustrasi belanja sneaker. (Sumber Foto: Unsplash/Queens)

Fenomena Penipuan Barang KW Kian Marak, Belanja Langsung di Showroom jadi Pilihan Konsumen

14 August 2023   |   19:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Sepatu, jersey, tas, dan item fesyen lainnya dari sejumlah brand terkemuka banyak diburu para penggemarnya. Apalagi kalau dilabeli limited edition, bisa-bisa item tersebut dipasarkan dengan harga selangit. Di saat yang bersamaan, munculah barang-barang serupa dengan harga miring. Inilah yang kemudian menciptakan kelas-kelas original dan KW. 

Seringkali para pemburu fesyen premium terkecoh dengan barang-barang palsu atau KW, lantaran tampilannya yang dibuat begitu mirip dengan barang aslinya. Hal tersebut baru saja dialami langsung oleh Jupaka, salah satu selebgram yang identik dengan konten sneakers dan tren fesyen lainnya.

Baca juga: Menyingkap Industri Duplikasi Tas Branded dan Tren Konsumen Indonesia

Siapa sangka bahwa selebgram dengan 102 pengikut tersebut pernah tertipu barang palsu. Terlebih Jupaka merupakan kolektor sneakers dan bisa dibilang sangat update soal fesyen sepatu. Sayangnya kejadian itu menimpanya saat membeli sepatu di salah satu toko resmi Singapura.
 

Koleksi sepatu Kick Avenue (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Koleksi sepatu Kick Avenue (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)


"Gue pernah kecewa karena beli sepatu di toko resmi, malah dapatnya sepatu palsu," kata Jupaka di Pesanggrahan, Jakarta Barat, Sabtu (12/8/2023).

Jupaka menyadari bahwa sepatunya palsu saat bertemu dengan temannya sesama pecinta sneakers. Berdasarkan pengamatan mereka, sepatu yang dibeli Jupaka ternyata bukan barang original. Akhirnya dia memutuskan untuk membuat konten merusak sepatu palsu tersebut dan mengunggahnya di media sosial.

"Sebal banget karena di toko yang gue beli itu ternyata sepatunya palsu. Yasudahlah jadinya diguntingin sama gue, dijadiin konten sampai pernah FYP (For Your Page) di TikTok," kata Jupaka.

Berkaca dari pengalaman yang di alami Jupaka, kini hadir sejumlah showroom offline untuk memfasilitasi pembeli dalam memilih barang premium dari sejumlah jenama fesyen favorit mereka. Toko fisik ini dapat meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen, di mana kita bisa memegang dan mencobanya langsung. Selain itu pembeli juga dapat memastikan keaslian barang tersebut. 
 

HypeQuarter lantai (Sumber Foto: Kick Avenue)

HypeQuarter lantai groundfloor (Sumber Foto: Kick Avenue)

Kick Avenue sebagai salah satu collectibles marketplace terbesar di Indonesia menghadirkan HypeQuarters sebagai showroom offline pertamanya. Selain sneakers, terdapar fesyen streetwear lainnya seperti kaos dan jersey, serta koleksi high-end luxury designer brand seperti Channel, Louis Vuitton, dan lainnya.

Kick Avenue resmi membuka showroom offline pertamanya yang bernama HypeQuarters di Jalan Pesanggrahan nomor 32, Meruya Utara, Jakarta Barat. Tempat ini menyediakan produk-produk paling eksklusif dan berkualitas tinggi. Suasananya sangat privat dan personal sehingga pelangan bisa menikmati pengalaman berbelanja yang nyaman.

"Kick Avenue diciptakan untuk menjadi platform terpercaya yang dapat mencegah pembeli mendapatkan barang palsu dan mengalami penipuan secara online," kata CEO dari Kick Avenue, Christopher Eko. 

Dibukanya showroom offline ini sejalan dengan rencana Kick Avenue untuk mengalokasikan sebagian dari pendanaan yang baru saja diperoleh dari KREAM Korea Selatan dan Sneakerlah Malaysia. Lebih lanjut, Eko juga menekankan visinya supaya Kick Avenue bisa menempatkan lebih banyak koleksi brand lokal untuk dipajang di bagian khusus dalam HypeQuarters.

"Local fashion entrepreneurs memiliki potensi untuk bersaing di skala global, dan itu adalan hasrat kami untuk memastikan local brands bisa mendapatkan exposure dan awareness yang layak mereka dapatkan," kata Eko.
 

Our Daily Dose Showroom (Sumber Foto: Our Daily Dose)

Our Daily Dose Showroom (Sumber Foto: Our Daily Dose)


Selain HypeQuarters oleh Kick Avenue, ada juga Our Daily Dose surganya para pemburu sneakers dan streetwear dari jenama fesyen terkemuka seluruh dunia. Dimulai dari toko kecil yang didirikan di Jakarta pada 2015, Our Daily Dose telah memiliki online store dan sejumlah showroom offline yang tersebar di Jakarta, Surabaya, dan Bali. 

Selama ini Our Daily Dose dijuluki sebagai spesialis sneakers Indonesia sebagai supplier beragam jenis sepatu kets populer dari brand global terkemuka seperti Adidas, Asics, Nike, Puma, dan masih banyak lagi yang tentunya original dan dapat dipastikan keasliannya.

Kalian juga akan menemukan koleksi streetwear terkini dari brand internasional maupun lokal. Mulai dari t-shirt, jersey, jaket, vest, tracksuit, bandana, ransel, dan lainnya. Tak ketinggalan ada juga fesyen wanita seperti kaos oversize dan sportswear.

Baca juga: Hypereport: Dilema Gaya Hidup Wah di Balik Barang Mewah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Yuk Saksikan 6 Pertunjukan di Djakarta International Theater Platform

BERIKUTNYA

Menyusuri Dinamika Seni Rupa Indonesia Periode 1970-an dalam Pameran Piknik 70-an di Galnas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: