Ilustrasi seorang pengusaha (Sumber gambar: Hunters Race/Unsplash)

10 Desainer Terkaya di Dunia, Giorgio Armani hingga Satoshi Nakamoto

13 August 2023   |   21:24 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

5. Tim Sweeney (US$8 miliar)
Posisi kelima desainer terkaya di dunia ditempati oleh CEO perusahaan pengembangan gim di Amerika bernama Epic Games. Sweeney mulai mengembangkan perusahaan shareware bernama Epic saat dia masih kuliah. Setelah lulus kuliah, dia mulai mengembangkan dan meluncurkan sejumlah game yang akhirnya berhasil menciptakan game hit ZZT.
 
Dia akhirnya membuat perusahaan pengembang gim Epic Games dan terus mengembangkan serangkaian game penembak orang pertama yang disebut Unreal. Di antara banyak game lainnya, dia juga mengembangkan Gears of War yang dia jual ke Microsoft dengan harga yang dirahasiakan.
 
4. Ralph Lauren (US$8,2 miliar)
Ralph Lauren merupakan seorang perancang busana Amerika yang kekayaan bersihnya mencapai US$8,2 miliar dolar. Meski dikenal menjadi miliarder, Ralph sempat tidak melanjutkan kuliahnya karena kendala biaya. Dia lantas memutuskan keluar dari kampus untuk mulai menjual pakaian pria hingga akhirnya membuat perusahaan mode mewah sendiri. Saat ini, Ralph memiliki 35 toko butik di AS dan dianggap sebagai salah satu perancang busana paling terkenal dan sukses yang pernah ada.
 
3. Giorgio Armani (US$9,6 miliar)
Giorgio Armani adalah perancang busana kelahiran Piacenza, Italia. Setelah menjalani kewajiban militernya pada 1957, Armani bekerja sebagai fashion stylist di sebuah department store bergengsi, La Rinascente.
 
Dia kemudian bergabung dengan rumah mode Nino Cerruti sebagai perancang pakaian pria pada medio 1960-an. Hal itu menjadi langkah awal karier cemerlangnya di dunia mode hingga membangun brand Giorgio Armani. Pada akhir tahun 1990-an, Armani tercatat memiliki lebih dari 2.000 toko di seluruh dunia dengan nilai penjualan tahunan sekitar US$2 miliar.
 
2. Miuccia Prada (US$11,1 miliar)
Miuccia Prada adalah seorang perancang sekaligus pengusaha fesyen wanita asal Italia. Miuccia Prada mengambil alih bisnis manufaktur barang mewah keluarganya pada tahun 1978, yang sebelumnya dimiliki oleh Prada Brothers.
 
Dia mulai membuat ransel tahan air hingga bertemu dengan suaminya, Patrizio Bertelli. Dari sana, mereka mulai mengakuisisi perusahaan lain dan mengubah bisnis tersebut menjadi pusat mode Prada Group yang dikenal hingga saat ini.
 
1. Satoshi Nakamoto (US$19 miliar)
Urutan pertama desainer terkaya di dunia ditempati oleh Satoshi Nakamoto, desainer sekaligus pengembang perangkat lunak komputer keturunan Jepang-Amerika. Nakamoto diduga sebagai pencipta cryptocurrency populer, Bitcoin.
 
Menurut berbagai sumber, Nakamoto menciptakan mata uang digital tersebut setelah dia kehilangan pekerjaan dan aset rumahnya dan jatuh miskin. Kini, Nakamoto dilaporkan telah berhasil mengumpulkan kekayaan US$19 miliar dengan waktu yang cepat. Sayangnya, dia tidak dapat menguangkan Bitcoin-nya, karena takut mengungkapkan identitas aslinya.

Editor: Fajar Sidik 
1
2


SEBELUMNYA

Mella Jaarsma Jadi Commissioned Artist di ARTJOG 2023, Hadirkan Koleksi Karya 3 Dekade

BERIKUTNYA

Sejarah Hari Pramuka Nasional yang Diperingati Setiap 14 Agustus

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: