Ilustrasi pura Bali (Sumber gambar: Freepik)

Ucapan Selamat Hari Kuningan yang Cocok Dibagikan ke Keluarga dan Teman

12 August 2023   |   08:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Genhype, salah satu hari besar yang dirayakan umat Hindu adalah Hari Raya Kuningan. Dalam tradisinya, Hari Raya Kuningan dirayakan umat Hindu sebanyak dua kali setiap tahunnya, tepatnya pada hari Saniscara (Sabtu), Kliwon, wuku Kuningan.

Pada tahun ini, Hari Raya Kuningan pertama telah dilangsungkan pada 14 Januari 2023. Kemudian, Hari Raya Kuningan kedua dirayakan pada hari ini, Sabtu 12 Agustus 2023.

Hari Raya Kuningan merupakan bagian dari rangkaian Hari Raya Galungan. Perayaannya juga dilakukan berdekatan. Biasanya, Hari Raya Kuningan akan digelar sepuluh hari setelah Hari Raya Galungan.

Baca juga: Makna Hari Raya Galungan & Kuningan, Momen Syukur dan Penyucian Diri Umat Hindu

Hari Raya Kuningan punya makna yang penting bagi umat Hindu. Hari besar ini dimaknai sebagai hari khusus karena para leluhur akan kembali ke istana masing-masih setelah berada bersama keluarga beberapa saat, seperti dikutip dari laman Kemenag Bali.

Selain itu, hari besar ini juga dipercayai sebagai momentum kemenangan kebaikan atas kejahatan. Momen ini juga dipakai untuk makin memperkuat ikatan dengan keluarga atau orang terdekat lain.

Oleh karena itu, selain akan melangsungkan sejumlah ritual keagamaan, umat Hindu juga biasanya akan saling berbagai ucapan satu sama lain, baik melalui pesan singkat atau caption media sosial.

Nah, bagi Genhype yang sedang mencari inspirasi ucapan selamat Hari Raya Kuningan, berikut ada beberapa kalimat yang cocok untuk dikirim kepada kolega atau dijadikan caption media sosial.
 
  • Selamat merayakan Hari Raya Kuningan. Semoga Dharma selalu menang atas Adharma.
  • Rahajeng Rahina Suci Kuningan. Pada momen yang suci ini, marilah kita untuk senantiasa bersyukur ataus segala nikmat yang sudah diberikan.
  • Selamat Hari Suci Kuningan. Mari kita ciptakan Dharma di hari masing-masing demi terciptanya kedamaian diri. Semoga kita selalu berada di dalam lindungan-Nya.
  • Semoga ajaran Dharma tetap menuntun kita dalam menciptakan kehidupan yang penuh keharmonisan, kesejahteraan, dan kedamaian. Rahajeng Rahina Suci Kuningan.
  • Selamat merayakan Hari Raya Kuningan. Semoga makna Kuningan terus memberikan perlindungan bagi semua umat Hyang Widhi.
  • Semoga kebaikan senantiasa dilimpahkan pada hidup kita semua. Semoga kerahayuan Kuningan menyertaimu dan seluruh keluarga. Selamat Hari Raya Kuningan.
  • Mari merenung pada hari yang suci ini demi terciptanya kedamaian diri. Semoga makna kemenangan Dharma atas Adharma dapat kita implementasikan dengan baik di kehidupan sehari-hari.
  • Semoga tahun ini dan tahun-tahun berikutnya kita selalu diberi keberkahan dan kedamaian. Bersemayamlah Dharma di hati kita. Selamat Hari Raya Kuningan.
  • Selalu tebar kebaikan kepada semua umat. Ciptakan Dharma di hati demi mewujudkan perilaku yang penuh kedamaian dan kebaikan.
  • Selamat Hari Raya Kuningan bagi semua umat Hindu yang merayakan. Semoga ajaran Dhram selalu menuntun kita pada keharmonisan dan kedamaian hidup.
  • Selamat meryakan Hari Suci Kuningan 2023. Semoga hari kemenangan Dharma ini senantiasa membuat hati kita bersih dan suci.
  • Saatnya kebaikan mengalahkan keburukan. Damailah hati kita semua. Selamat Hari Raya Kuningan 2023
  • Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa senantiasa memberikan kerahayuan kepada kita semua. Rahajeng Rahina Kuningan kepada kerabat Hindu di mana pun berada.
  • Semoga cahaya kebahagiaan selalu menyinari kehidupan dan langkah kita ke depan. Mari kita menyambut hari kemenangan Dharma atas Adharma dengan hati yang bersih.
  • Mari kita berdoa agar kebahagiaan dan kedamaian selalu datang dari segala penjuru. Semoha kasih, sukacita, dan kesejahteraan selalu melimpahi kehidupan kita. Selamat Hari Raya Kuningan 2023.
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Perupa Zamrud Setya Negara Hadirkan Puluhan Sketsa & Lukisan di Cemara 6 Galeri Toeti Heraty Museum

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik Drakor The Killing Vote yang Dibintangi Park Hae-jin

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: