Ilustrasi Google Takeout (Sumber foto Google Takeout)

Mengarsip Data dengan Google Takeout

10 August 2023   |   19:16 WIB

Apakah Anda pengguna aktif layanan Google? Ingin mengambil data pribadi yang tersimpan di layanan tersebut? Google telah menyediakan Google Takeout sebagai tempat terpusat untuk mengekspor data untuk kemudian diunduh atau dipindahkan ke layanan lain.

Kita bisa menggunakan Google Takeout karena berbagai alasan, misalnya untuk hijrah ke layanan lain, mengunduh buat arsip, atau menyelamatkan data dari layanan Google yang akan ditutup.

Tidak semua orang merasa nyaman dengan layanan Google. Anda mungkin ingin pindah ke penyedia layanan lain yang dirasa lebih cocok. Beberapa jenis layanan daring ini menyediakan fitur impor data yang bisa digunakan untuk memindahkan data yang sebelumnya tersimpan di layanan Google.

Google mungkin lebih mahir dalam menjalankan layanan daring dan menyimpan data dibandingkan dengan kebanyakan orang. Namun prinsip pengelolaan pencadangan data menyatakan paling tidak kita harus menyimpan data di tiga tempat: data asli, cadangan daring, dan cadangan luring. Dalam hal ini kita bisa mengunduh data dari Google secara berkala buat arsip luring.

Anda juga mungkin ingin menyimpan salinan data untuk disimpan di perangkat pribadi, yang selalu bisa diakses tanpa harus tersambung dengan internet.

Google tiap tahunnya menutup layanan yang dianggap tidak cukup prospektif. Kalau Anda termasuk salah satu pengguna layanan yang ditutup, Anda mungkin ingin mengunduh data yang tersimpan di dalamnya sebelum layanan itu tidak lagi bisa digunakan atau unduhan data tidak lagi bisa dilakukan.
 

Tangkapan layar Google Takeout (Sumber foto Google takeout)

Tangkapan layar Google Takeout (Sumber foto Google takeout)



Pada saat ini kita bisa mengunduh 57 jenis arsip data. Kemungkinan besar Anda tidak akan ingin mengunduh semuanya, kecuali bila berniat meninggalkan layanan Google sepenuhnya. Selain itu, beberapa di antaranya berupa informasi/arsip dari kegiatan Anda di layanan Google, yang mungkin tidak ingin Anda simpan permanen.

Pilih layanan yang ingin diunduh datanya. Beberapa layanan menyediakan data dalam lebih dari satu format. Ada data yang bisa dibaca langsung dengan aplikasi standar (misalnya foto, video, dan berkas dokumen seperti DOCX atau CSV), namun ada pula data berbentuk JSON (JavaScript Object Notation).

Meskipun berkas JSON sebenarnya adalah berkas teks polos, kita mungkin perlu aplikasi khusus agar lebih mudah membaca data yang disimpan dalam format ini.

Langkah berikutnya adalah memilih bagaimana Anda ingin mengunduh data. Karena data yang hendak diambil ukurannya cukup besar, Anda mungkin ingin memindahkannya ke layanan penyimpanan daring. Google Takeout mendukung layanan Dropbox, Box, dan OneDrive, selain Google Drive sendiri.

Bila Anda memilih untuk mengekspor data ke layanan penyimpanan daring selain Google Drive, Anda akan diminta untuk menautkan akun Google dengan akun layanan tersebut terlebih dahulu. Setelah itu, Google akan mengekspor data ke akun Anda. Harap diingat bahwa ekspor data berjumlah besar bisa memakan kuota penyimpanan Anda.

Baca juga: Halo Chat GPT, Ini 6 Fitur Terbaru Google Bard

Bila Anda memilih untuk mengunduh ke perangkat lokal, Google akan mengirimkan tautan unduhan lewat Gmail.  Proses ekspor data bisa memakan waktu beberapa lama (tergantung ukuran data yang hendak diunduh), jadi Anda mungkin harus menunggu.

Setelah selesai, data bisa diunduh dari Google atau dari layanan penyimpanan daring yang sudah Anda pilih sebelumnya. Google akan menyimpan data hasil ekspor ini selama seminggu.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Penjualan Produk Parfum, Makanan Bayi & Susu Meningkat Jelang Harbolnas 2023

BERIKUTNYA

Ini Pentingnya Anak Muda Dalam Mengurangi Pencemaran Lingkungan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: