Ilustrasi Google di ponsel berbasis iOS (dok: Unsplash/Solen Feyissa)

Fitur Baru Google di iOS, Riwayat Pencarian Bisa Dihapus Otomatis

16 July 2021   |   08:15 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Kabar gembira bagi kalian yang ponselnya kerap dipinjam oleh orang terdekat untuk mencari informasi lewat mesin pencari Google. Kalian tak perlu lagi khawatir riwayat pencarian sebelumnya muncul kembali di kolom pencarian.

Melansir The Verge pada Jumat (16/7/2021), Google telah meluncurkan fitur privasi terbarunya yang memungkinkan pengguna menghapus riwayat pencariannya dalam 15 menit terakhir secara otomatis. 

Fitur baru ini pertama kali terungkap bersama beberapa pencarian dan peningkatan Chrome lainnya yang diluncurkan belum lama ini. 

Namun sayangnya, fitur tersebut saat ini hanya tersedia di perangkat berbasis iOS. Adapun, untuk perangkat berbasis Android, Google berjanji akan menghadirkan fitur tersebut paling lambat akhir tahun ini.

Untuk desktop atau web browser, sepertinya tidak ada perubahan atau masih sama seperti sebelumnya.

Di desktop, opsi Anda untuk menghapus pencarian terbatas pada pengaturan riwayat Anda untuk dihapus secara otomatis setiap tiga, 18, atau 36 bulan, atau menghapus pencarian secara manual.

Kalian dapat melihat seperti apa opsi baru di aplikasi iOS di bawah ini:
Opsi baru yang muncul di Google iOS (dok: Google)


.
Google mengatakan fitur terbarunya itu hanya melacak riwayat pencarian untuk "mempersonalisasi" pengalaman ketika pengaturan "Aktivitas Web dan Aplikasi" diaktifkan.

Menambahkan cara untuk menghapus riwayat kalian secara instan sangat bagus untuk ketenangan pikiran kalian, tetapi itu juga berarti Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat yang diterima orang-orang yang telah meluangkan waktu untuk mengacaukan pengaturan mereka, tanpa melakukan pekerjaan ekstra.

Google juga menawarkan opsi untuk melindungi riwayat pencarian kalian dengan kata sandi.

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

Mulai Dijual di Indonesia, Cek Harga & Spesifikasi Oppo Reno 6

BERIKUTNYA

The Conjuring: The Devil Made Me Do It sudah Bisa Ditonton lewat CATCHPLAY+

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: