Samsung Galaxi S23 (Sumber gambar: Samsung)

Kapan Baiknya Kita Mengganti Gagdet?

10 August 2023   |   18:54 WIB

Cepat atau lambat, kita harus mengganti gadget, baik itu ponsel, tablet, atau komputer. Karena itu tidak ada salahnya buat merencanakan penggantian gawai jauh-jauh hari, bahkan sebelum membelinya. Bila anggaran tidak masalah, bisa kita saja mengganti gadget setiap ada model baru diluncurkan vendor favorit.

Namun sebaiknya mempertahankan gadget selama mungkin. Selain mungkin bisa menghemat, tindakan ini akan lebih ramah lingkungan karena mengurangi sampah elektronik (e-waste).

Di sisi lain, mempertahankan gadget terlalu lama tidak akan praktis. Gadget tersebut mungkin tidak akan bisa lagi menjalankan sistem operasi dan aplikasi terbaru. Dukungan resmi dari pembuat gadget juga bisa jadi tidak akan tersedia.

Berikut kita lihat tiga pertimbangan yang bisa diambil untuk memperkirakan kapan ganti perangkat.
 

Sistem Operasi

Ponsel dan tablet Android memiliki masa hidup yang relatif pendek, bila kita meninjau dukungan terhadap sistem operasinya. Cukup banyak vendor yang hanya menyediakan pembaruan hanya sampai 3 tahun. Beberapa vendor Android (misalnya Samsung dan Google sendiri) mungkin menyediakan update dengan jangka waktu yang lebih lama.

Perangkat iOS dan iPadOS didukung relatif lebih lama. Meskipun sistem operasi terbaru saat ini (iOS 16 dan iPadOS 16) hanya bisa dijalankan oleh perangkat yang umurnya hampir 6 tahun (iPhone 8), pembaruan keamanan masih tersedia untuk iPhone 5S yang umurnya hampir 10 tahun lalu.

Dukungan sistem operasi komputer pribadi biasanya lebih panjang. Sebagai contoh, komputer yang menjalankan Windows 7 mungkin masih bisa diupgrade hingga Windows 11. Komputer Apple Macintosh juga biasanya bisa menjalankan sistem operasi terbaru dalam jangka waktu yang lebih lama. 
 

Kemampuan upgrade

Kita mungkin punya pilihan buat mengupgrade perangkat, alih-alih membeli baru. Namun tidak semua gadget bisa diupgrade.

Dibandingkan dengan semua perangkat yang dibahas di sini, komputer meja kerap kali punya usia paling lama, karena dapat diupgrade. Hampir semua jeroan dalam komputer meja (terutama rakitan)  dapat diupgrade.

 

Ilustrasi jeroan komputer menggunakan Intel (Sumber foto Intel)

Ilustrasi jeroan komputer menggunakan Intel (Sumber foto Intel)


Komponen terpenting dalam sebuah komputer meja mungkin adalah motherboard, yang bila berkualitas baik umurnya bisa sangat panjang (di atas 10 tahun). Kita bisa bertahan dengan komputer meja yang sama, dan hanya mengganti komponen lain seperti RAM, cakram keras, bahkan prosesor.

Namun bila Anda ingin menggunakan teknologi terbaru (misalnya, jenis RAM dan prosesor terkini), Anda harus bersiap-siap mengganti komputer lebih cepat.

Kemampuan upgrade komputer jinjing lebih terbatas. Kita biasanya hanya bisa mengganti memori (RAM) dan cakram keras (hard drive, SSD). Karena itu siklus penggantian komputer jinjing biasanya lebih pendek.

Ponsel dan tablet hampir tidak bisa diupgrade sama sekali. Beberapa model ponsel dan tablet mungkin dilengkapi dengan slot kartu memori (SD-card), dan ini mungkin hanya satu-satunya cara meningkatkan kemampuan gadget jenis ini.
 

Dukungan Vendor


Vendor biasanya menyediakan periode garansi resmi (berlaku 1-3 tahun, tergantung pada vendor dan model perangkat yang Anda miliki).  Dalam periode garansi, kerusakan yang terjadi dapat diperbaiki tanpa biaya tambahan.

Baca juga: Gadget Sering Nganggur? Begini Cara Tetap Produktif Pakai Tablet

Setelah itu reparasi biasanya masih tetap bisa dilakukan dengan biaya layanan. Namun sampai periode tertentu, vendor akan menghentikan dukungannya, dan tidak lagi memproduksi suku cadang buat gadget tersebut.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

Cek Rekomendasi Laptop Sesuai Aktivitas Harianmu

BERIKUTNYA

Penjualan Produk Parfum, Makanan Bayi & Susu Meningkat Jelang Harbolnas 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: