Fantastic Mr. Fox (2009) (Sumber: IMDB)

6 Rekomendasi Film Animasi Stop Motion yang Apik dan Seru

08 August 2023   |   23:26 WIB
Image
Siti Sarah Jauhari Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Film animasi tidak hanya identik dengan film anak-anak. Pasalnya, film animasi juga memiliki pasarnya sendiri di kalangan orang dewasa. Salah satunya adalah jenis film animasi stop motion yang merupakan jenis film yang dibuat dengan teknik fotografi dalam setiap gerakan objek film.

Objek dalam film merupakan objek fisik yang dipindahkan sedikit demi sedikit secara manual oleh pembuat film dan difoto setiap pergerakannya. Ketika hasil gambar-gambar tersebut dirangkai dan digerakkan dengan cepat, dia akan menghasilkan ilusi objek yang seperti bergerak sendiri.

Baca juga: Sinopsis & Fakta Menarik Film Animasi Psycho-Pass Providence

Gerakan karakter pada film yang terlihat agak kaku memberikan pengalaman menonton yang berbeda dibandingkan dengan film animasi pada umumnya. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri pada film jenis ini. 

Berikut rekomendasi film animasi stop motion yang apik dengan alur cerita seru!

1. Corpse Bride (2005)
Ditulis dan disutradarai oleh Tim Burton, Corpse Bride merupakan salah satu film ikonik dalam dunia stop motion. Film animasi ini menceritakan kisah Victor Van Dort yang tak sengaja masuk ke dalam negeri tempat orang mati berkumpul–Land of the Dead

Pertemuan Victor dengan hantu pengantin wanita membawanya pada kisah romansa ringan nan mengharukan. Selain Corpse Bride, Tim Burton juga turut andil dalam film stop motion lain, seperti Frankenweenie (2012) dan The Nightmare Before Christmas (1993).

2. Coraline (2009)

Film garapan Neil Gaiman ini menceritakan Coraline Jones, anak perempuan yang pindah ke rumah baru bersama keluarganya. Petualangan Coraline dimulai ketika dia mengeksplor kawasan rumah barunya dan menemukan dunia baru.

Di sana dia menemukan versi lain keluarganya yang menurutnya lebih menyenangkan. Film yang terkenal dengan tokoh bermata kancing ini berhasil menyajikan alur cerita menegangkan dengan karakter yang tampak menyeramkan.

3. Fantastic Mr. Fox (2009)

Tak hanya terkenal dengan film The Grand Budapest Hotel (2014), Wes Anderson juga merupakan sosok dibalik apiknya film animasi stop motion Fantastic Mr. Fox.

Diangkat dari buku berjudul serupa karya Roald Dahl, film ini mengisahkan perjalanan Mr Fox melancarkan serangan kepada para petani yang kejam terhadap hewan.

4. Anomalisa (2015)

Anomalisa menceritakan pertemuan seorang pria paruh baya, Michael Stone, dengan seorang wanita yang membuatnya jatuh cinta. Michael jatuh cinta dengan keunikan sang wanita, Lisa, yang tidak dia temui pada orang lain. Penonton diajak dalam hubungan cinta rumit dan realistis antar kedua tokoh. 

Meskipun merupakan film animasi, Anomalisa memiliki rating R yang tidak cocok ditonton untuk anak-anak. 

5. Isle of Dogs (2018)

Isle of Dogs merupakan film animasi stop motion kedua yang digarap Wes Anderson. Berlatar di Jepang, film ini berkisah tentang perjalanan seorang anak laki-laki, Atari, mencari anjingnya yang hilang.

Merebaknya virus pada anjing membuat pemimpin di Jepang memerintahkan seluruh anjing untuk dibuang ke Pulau Sampah. Dibandingkan dengan Fantastic Mr. Fox, Wes Anderson banyak menunjukkan perkembangan dalam Isle of Dogs

6. Guillermo Del Toro’s Pinocchio (2022)
Siapa sangka, film animasi yang disutradarai Guillermo del Toro ini menggunakan teknik stop motion dalam produksinya. Film yang mengangkat kisah boneka kayu Pinocchio ini menggunakan boneka kayu asli buatan tangan agar dapat menyajikan pergerakan kaku Pinocchio senyata mungkin.

Film stop motion ini akan memberikan sensasi baru dibandingkan film-film tentang Pinocchio yang lain. 


Editor: Fajar Sidik 
 

SEBELUMNYA

Strategi Value Investing, Memburu Saham Berkualitas dengan Harga Terdiskon

BERIKUTNYA

6 Drakor & Variety Show Tayang di VIU Agustus 2023, Ada Street Woman Fighter 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: