Hari World Wide Web adalah kesempatan untuk merayakan bagaimana Internet telah menciptakan lingkungan untuk kolaborasi dan pertumbuhan bisnis. (Photo by picjumbo.com from Pexels)

Netizen Kudu Tahu WWW, Hari Ini Pengubah Sejarah Internet Itu Diperingati

01 August 2021   |   09:40 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Seberapa sering GenHype memulai hari dengan mengecek email, media sosial, atau membaca berita utama terbaru? Selama lebih dari dua dekade orang di seluruh dunia telah menikmati Internet dan semua yang ditawarkannya.

Dari menjaga komunikasi, untuk meningkatkan aliran pendapatan, hingga membantu bisnis tumbuh, Hari Web Sedunia adalah perayaan global yang didedikasikan untuk penjelajahan web, aktivitas online yang membawa banyak pengetahuan ke ujung jari kita.

Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan Inggris, menemukan World Wide Web (WWW) pada tahun 1989, saat bekerja di CERN di Jenewa, Swiss.

Web awalnya disusun dan dikembangkan untuk memenuhi permintaan berbagi informasi antara ilmuwan di universitas dan institut di seluruh dunia.

Pada Desember 1990, server dan situs web pertama di dunia beroperasi di CERN. Sejak penemuan awal hingga beroperasi, World Wide Web dirancang sebagai sistem untuk menginspirasi komunikasi melalui hyperlink.
 

Sir Tim Berners-Lee (Dok. Guardian)

Sir Tim Berners-Lee (Dok. Guardian)
 

Saat ini, web telah berkembang pesat untuk memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia berkomunikasi, berbagi pengetahuan, belajar, terhubung, dan tumbuh.

Dalam banyak hal, web telah menjadi katalis untuk perubahan dalam masyarakat kita, membuka pintu untuk segala kemungkinan yang sebelumnya tak terbayangkan.

Ide untuk menciptakan sistem navigasi internet ini tumbuh dari kebutuhan untuk berbagi pengetahuan yang hampir seketika dan otomatis antara para ilmuwan di seluruh dunia.

Hingga World Wide Web beroperasi, akses ilmuwan untuk berbagi informasi dengan cepat dan akurat sangat minim. Dengan semangat yang sama, jika dunia mengingingkan kemajuan terus berkembang dengan pesat, maka platform komunikasi yang lebih baik dan lebih inovatif perlu dikembangkan.

Akhir tahun lalu, Berners-Lee, yang dianugerahi gelar kebangsawanan karena menciptakan sistem navigasi internet, ingin membangun kembali dunia maya, sekali lagi.

Menurut sebuah artikel dari World Economic Forum, dengan startup baru bernama Inrupt, Berners-Lee bertujuan untuk memperbaiki beberapa masalah yang telah menghambat apa yang disebut web terbuka di era platform tertutup yang besar seperti Facebook.

Inrupt mengembangkan proyek perangkat lunak sumber terbuka (open-source software project), Solid, yang akan memungkinkan pengguna untuk mengontrol data pribadi mereka di "pod", atau penyimpanan data online pribadi, yang dikendalikan oleh pengguna.

Web  yang diperbarui ini, kata Berners-Lee, akan memungkinkan sistem berbagi dan kolaborasi orang-ke-orang (person-to-person) yang telah membantu membuat layanan media sosial besar begitu sukses sambil membiarkan pengguna memegang kendali.

Sebagai sebuah konsep, pod mirip dengan layanan email di mana ID tertentu tertaut ke konten pengguna. Pod gratis untuk pengguna dan awalnya akan disponsori oleh organisasi yang mengadopsi antarmuka Solid.

Dengan meningkatnya ketidakpercayaan pada platform teknologi besar seperti Facebook, Amazon, Google, dan lainnya, dan meningkatnya kesadaran orang-orang untuk memiliki kontrol lebih besar atas apa yang mereka bagikan dengan perusahaan online sebagai imbalan layanan gratis, konsep "pod" Berners-Lee bisa menjadi ide baru.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Begini Cara yang Benar Merawat Kesehatan Kulit dari Luar & Dalam

BERIKUTNYA

Menengok Lagi Petualangan Fotografi Jay Subyakto & Yori Antar ke Antartika

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: