Printer Canon G4770 (Sumber gambar: Chelsea Venda.Hypeabis.id)

Review Printer Canon G4770, Paket Komplet Kebutuhan Rumahan

08 August 2023   |   15:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Printer PIXMA G4770 termasuk perangkat yang punya fitur paling komplet dibanding G3770, G2770 dan G1737 yang diluncurkan Canon secara berbarengan beberapa waktu lalu. Printer G4770 menawarkan fitur 4-in-1 sekaligus yang mencakup cetak, scan, copy, fax, dan WiFi. 

Perangkat multifungsi berwarna hitam ini masuk ke dalam segmen printer in tank. Segmen ini, disebut Canon terus bertumbuh dengan baik dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan data internal Canon, persentase printer in tank dengan printer cartridge saat ini adalah 50:50. 

Hingga hari ini, printer memang masih menjadi perangkat rumahan yang dibutuhkan untuk mendukung berbagai kegiatan sehari-hari, dari mencetak tugas untuk anak sekolah atau bahkan kebutuhan bekerja orang tua.

Terlebih, fungsi printer kini juga makin meluas. Berbagai brand mulai mengembangkan printer yang multifungsi sekaligus. Tidak hanya mencetak dokumen saja, sejumlah printer sekarang bisa melakukan cetak foto, scanning, hingga photocopy.

Bentuknya pun makin ringkas sehingga bisa nyaman diletakkan di berbagai sudut rumah. Lantas apakah PIXMA G4770 mampu menjawab kebutuhan tersebut? Berikut ulasannya. 

Baca juga: Canon Luncurkan 3 Printer In Tank Baru yang Ekonomis


Desain

Printer Canon G4770 (Sumber gambar: Chelsea Venda.Hypeabis.id)

Printer Canon G4770 (Sumber gambar: Chelsea Venda.Hypeabis.id)

Unit G4770 yang diulas Hypeabis.id berwarna hitam. Printer ini hadir dengan dimensi yang cukup besar. Namun, hal ini sebenarnya sangat wajar mengingat PIXMA G4770 masuk ke dalam kategori all-in-one.

Dari segi tampilan, printer berwarna hitam ini datang dengan desain khas Canon pada umumnya. Dimensinya ialah 416x337x212mm dengan berat kira-kira 7,2 kilogram. Namun, secara bentuk masih terbilang ringkas sehingga mudah jika ingin dipindah-pindahkan.

Pada bagian depan printer, terdapat layar monokrom untuk memuat informasi kerja perangkat berdimensi 1.3 inci atau 3,4 cm. Saat digunakan, layar ini meskipun kecil, tetapi tetap terasa membantu karena informasi pengerjaan printer jadi lebih jelas.
 

Printer Canon G4770 (Sumber gambar: Chelsea Venda.Hypeabis.id)

Printer Canon G4770 (Sumber gambar: Chelsea Venda.Hypeabis.id)

Di samping kanan dan kiri layar, terdapat beberapa tombol untuk pengoperasian printer. Dari tombol daya, home, undo, hingga numpad. Selayaknya printer tradisional, bagian depan ini juga tersedia tray untuk mengeluarkan hasil cetakan. Untuk konektivitas, terdapat port RJ422 yang berada di belakang dan port daya dan USB tipe B 2.0 di samping yang menghadap ke belakang.

Beralih ke bagian atas, ada beberapa komponen berlapis. Paling atas ada tray yang bisa untuk meletakkan kertas yang akan dipindai. Lalu, jika bagian ini diangkat, maka akan muncul permukaan scanner untuk pemindaian secara manual.

Jika bagian itu diangkat lagi, terdapat ruang untuk pemasangan print head dan tangki tinta di setiap pojoknya. Tiga tangki tinta warna berada di pojok kanan, sedangkan satu tinta hitam berada di pojok kiri.


Pengoperasian 

Printer Canon G4770 (Sumber gambar: Chelsea Venda.Hypeabis.id)

Printer Canon G4770 (Sumber gambar: Chelsea Venda.Hypeabis.id)

Pengoperasian printer PIXMA G4770 cukup mudah. Pasang kabel daya ke printer yang terletak di bagian belakang dan sambungkan ke sumber listrik. Kemudian, nyalakan printer dan pastikan semua komponen telah disiapkan dengan baik.

Buka bagian atas printer dan isilah tangki tinta yang berada di sisi kanan dan kirinya. Semua tangki ini bisa diisi ulang dengan mudah berkat botol tinta yang telah dirancang unik agar hanya bisa dimasukkan ke dalam tinta yang sesuai warnanya saja.

Setelah itu, untuk penggunaan percetakan, pengguna perlu mengoneksikan printer dengan perangkat pribadi terlebih dahulu, bisa smartphone, laptop, atau PC. 

Pengguna hanya perlu mengoneksikan printer dengan perangkat pribadi melalui Wifi yang disambungkan ke aplikasi Canon Print Inkjet/SELPHY dan Canon Easy-Photo Print Editor. Lalu, operasi printer bisa dengan mudah dilakukan dari smartphone, laptop, atau desktop.

Namun, saat Hypeabis.id mencoba mengoneksikannya dengan smartphone, terdapat beberapa kendala pairing. Akan tetapi bisa dikondisikan dengan baik pada akhirnya. Sementara untuk koneksi ke laptop berjalan lancar.  

Aplikasi dari Canon juga mudah dioperasikan. Informasi yang ada di dalam cukup jelas dengan tampilan antarmuka yang sederhana. Pengguna juga bisa sedikit melakukan penyesuaian pencetakan sesuai dengan keinginannya.

Namun, untuk pengkopian dokumen, printer ini menawarkan hal yang lebih mudah. Sebab, pengoperasiannya bisa dilakukan langsung di perangkat tanpa terhubung ke perangkat lain.

Caranya, cukup letakkan dokumen yang akan dikopi ke bagian atas printer, kemudian pilih menu copy di panel. Aturlah sesuai dengan keinginan dan tekan tombol black untuk hitam putih dan colour untuk berwarna.


Performa

Hasil Cetak Printer Canon G4770 (Sumber gambar: Chelsea Venda.Hypeabis.id)

Hasil Cetak Printer Canon G4770 (Sumber gambar: Chelsea Venda.Hypeabis.id)

Untuk menguji performa cetak PIXMA G4770, Hypeabis.id melakukan beberapa pencetakan foto dan dokumen dari ponsel dan laptop. Pengujian dengan dua perangkat berbeda ini berjalan mulus tanpa ada kendala sama sekali.

Kualitas hasil cetakannya juga sangat baik. Ketajaman detailnya dan warna yang ditampilkan cukup kaya. Namun, perlu diperhatikan bahwa pencetakan harus disesuaikan dengan tipe kertas dan ukuran cetak yang digunakan.

Kecepatan cetaknya bisa mencapai 11 image per minute (ipm) untuk dokumen hitam putih dan 6 image per minute untuk dokumen berwarna. Sebagai informasi, kapasitas cetaknya bisa 7,600 halaman (dokumen hitam putih, menggunakan fitur economy mode).

Terlebih, printer ini juga telah dilengkapi ADF atau Automatic Document Feeder yang biasanya terdapat pada mesin cetak. Fitur ini akan membantu proses scan, copy, dan fax multiple dokumen secara otomatis. Di Canon, fitur tersebut mampu bekerja hingga 35 lembar dokumen asli dapat dimuat untuk pemindaian dan penyalinan massal, sehingga tidak perlu berulang kali membuka dan menutup tutup pemindai.

Menurut Marketing Manager Canon Business Unit PT Datascrip Andryan Widyatmoko Pranata, printer ini cocok untuk pengguna yang membutuhkan printer dengan konektivitas lengkap dan fitur Auto Document Feeder, serta pengguna yang melakukan kegiatan mencetak dengan jumlah lebih dari 150 halaman per bulan. Printer ini dibanderol Rp4,7 jutaan. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Klasemen Terbaru MPL ID S12 Jelang Week 4: ONIC Nyaris Salip Tahta RRQ

BERIKUTNYA

5 Panduan Memilih Provider Internet Terbaik Biar Enggak Menyesal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: