Ayam Betutu. (Sumber foto: Instagram/Ayam Betutu Khas Gilimanuk)

4 Rekomendasi Kuliner Khas Bali yang Ramah di Kantong

08 August 2023   |   14:35 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Kuliner Bali memiliki daya tarik unik yang memadukan cita rasa autentik dengan keindahan budaya lokal. Pulau ini menawarkan ragam hidangan yang menggugah selera, mulai dari nasi campur Bali yang kaya dengan berbagai lauk hingga olahan ikan laut.

Berjalan melalui gang-gang di desa-desa Bali, Genhype akan menemukan warung-warung makan lokal yang menyajikan kuliner otentik dengan harga terjangkau. Ayam betutu, contohnya, adalah hidangan ayam yang diolah dengan penuh cermat menggunakan rempah-rempah tradisional Bali dan dimasak dalam daun pisang sebelum dipanggang. Sate lilit adalah penciptaan unik lainnya yang menghadirkan kelezatan daging cincang yang dililitkan pada serai atau bambu sebelum dipanggang, memberikan pengalaman makan yang istimewa.

Baca juga: Berburu Kuliner Khas Phnom Penh, Kamboja: Kelezatan Tersembunyi di Balik Ruko

Bali tidak hanya terkenal dengan pantainya yang indah dan kebudayaannya yang kaya, tetapi juga dengan ragam kuliner khas yang menggugah selera. Jika Genhype ingin merasakan lezatnya hidangan tradisional Bali tanpa harus menguras dompet, berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner hemat khas Bali dari AirAsia Ride yang patut dicoba:


1. Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Ayam betutu merupakan menu khas Bali yang juga menyimpan warisan budaya. Hidangan ayam ungkep yang terkenal karena kekayaan rempah ini disajikan dengan sayur plecing, kacang goreng, dan sambal matah. Kenikmatannya dijamin akan menggoyang lidah.

Di antara banyaknya restoran ayam betutu di Bali, Rumah Makan Ayam Betutu Khas Gilimanuk menjadi salah satu destinasi kuliner primadona pilihan para wisatawan. Harga seporsi ayam betutu berkisar antara Rp40.000 hingga Rp65.000. Saat ini, Ayam Betutu Khas Gilimanuk memiliki lima cabang yang tersebar di area Denpasar (Renon, Gatot Subroto Timur, dan Buluh Indah), serta area Badung (Renon dan Central Parkir).
 

2. Jimbaran Bay Seafood

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bali tanpa menyantap hidangan laut. Terletak di sepanjang pesisir pantai Kedonganan, restoran Jimbaran Bay Seafood menyuguhkan ragam pilihan menu laut yang segar. Lokasi makan malam yang sempurna dengan panorama pantai dan suara deburan ombak yang romantis. Harga menu yang ditawarkan pun bervariasi.

Pihak restoran akan menimbang berat tiap pilihan menu kalian untuk menentukan total harga. Sedikit tips, waktu terbaik mengunjungi restoran ini adalah saat sore hari untuk mendapatkan momen matahari terbenam yang ciamik.


3. Warung Pink Tempong

Kuliner Bali sedikit banyak dibumbui oleh citarasa daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Seperti menu nasi tempong yang menyatukan kelezatan ayam goreng, tahu tempe, ikan asin, lalapan labu dan bayam, dengan sambal khas tempong yang pedas menggoda.

Rekomendasi nasi tempong terbaik di Bali yang bisa kalian coba adalah Warung Pink Tempong di area Kuta dan Denpasar. Selain ayam, Warung Pink Tempong menawarkan pilihan lauk lainnya, seperti bebek, ikan, udang, empal, hingga paru. Bicara soal harga, Genhype hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp38.000 untuk menikmati satu paket nasi tempong ayam goreng.
 

4. Nasi Pedas Bu Andika

Bagi Genhype pencinta sambal, Nasi Pedas Bu Andika bisa menjadi tujuan kuliner utama. Warung makan ini menyajikan aneka lauk khas rumahan dengan sambal khasnya yang dijamin bakal bikin ketagihan. Saat ini, Nasi Pedas Bu Andika membuka sejumlah cabang di jantung pariwisata area Kuta, diantaranya Jalan Blambangan, Tuban, dan Patih Jelantik.

Seporsi nasi dan lauk dibanderol dengan harga sangat terjangkau mulai dari Rp10.000 saja. Menariknya, Nasi Pedas Bu Andika menerapkan jam operasional 24 jam. Pilihan yang tepat untuk penyelamat saat kelaparan di tengah malam, bukan?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

5 Panduan Memilih Provider Internet Terbaik Biar Enggak Menyesal

BERIKUTNYA

Menengok Cai Tao dan Hu Chun, Dua Panda Menggemaskan di Taman Safari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: