Internet yang cepat dapat membuat seseorang lebih produktif (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Anna Shvets)

4 Negara dengan Internet Mobile Broadband Tercepat di Dunia

21 May 2023   |   13:34 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Internet menjadi kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan banyak orang pada saat ini. Bahkan,  kecepatan menjadi faktor paling penting bagi penggunanya sehingga sejumlah negara berlomba-lomba membangun infrastruktur jaringan internet berkecepatan tinggi sebagai salah satu indikator kemajuan. 

Internet kecepatan tinggi untuk berselancar di dunia maya dapat mendorong kinerja di berbagai sektor menjadi lebih produktif. Sebaliknya, akses internet yang lambat dan tersendat dapat membuat segala aktivitas yang berhubungan dengan jaringan dapat terhambat dan terganggu.

Baca juga: Bukan Sekadar Lifestyle, Ini Manfaat Menggunakan Internet of Things

Dikutip dari Speedtest Global Index, kinerja unduhan global dalam data berjudul Median Country Speeds April 2023 menunjukkan angka yang cukup tinggi, yakni rerata mencapai 42.07 mbps. Sementara itu, unggahannya mencapai 10.33 mbps, dengan latensi 28 mili detik. 

Dari total itu, Qatar merupakan negara dengan peringkat tertinggi di sektor mobile broadband jika dibandingkan dengan negara lain secara bulanan dalam indeks tersebut.  Sejumlah negara Timur Tengah lainnya juga tercatat memiliki kecepatan internet yang sangat tinggi.

Berikut daftar negara dengan internet mobile tercepat di dunia. 

1. Qatar
Qatar menjadi negara tertinggi dalam Speedtest Global Index kategori mobile broadband. Negara itu tercatat memiliki kecepatan unduhan hingga 189,98 mbps. Sementara kecepatan mengunggahnya mencapai 22,29 mbps. Dengan kecepatan unduhan dan unggahan itu, negara ini hanya memiliki latensi sebesar 19 mili detik. 

Kecepatan unduhan yang dimiliki oleh Qatar tercatat mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan awal tahun. Pada Januari 2023, unduhan di negara ini mencapai 156,42 mbps. Kemudian, naik menjadi 160,70 mbps pada Februari. Pada bulan ketiga tahun ini, kecepatannya mengalami peningkatan hingga 174,56 mbps. 

2. Uni Emirat Arab (UEA)
Negara kedua yang memiliki internet paling cepat adalah Uni Emirat Arab. Pada bulan keempat tahun ini, UEA memiliki kecepatan unduhan 175,34 mbps. Sementara itu, unggahan di negara ini mencapai 22,76 mbps. Indeks juga mencatat bahwa latensi internet di negara itu mencapai 20 mili detik. 

Kecepatan unduhan yang dimiliki oleh UEA ini tercatat lebih rendah jika dibandingkan dengan Februari dan Maret tahun ini. Pada bukan kedua 2023, negara ini memiliki kecepatan unduhan 179,72 mbps. Kemudian, speed men-download di negara ini mencapai 178,26 mbps pada Maret. 

3. Makau
Makau berada di urutan ketiga dalam daftar pemilik internet tercepat di dunia dengan kecepatan unduh mencapai 171,73 mbps dan mengunggah 33,94 mbps. Adapun, latensi yang tercatat dalam indeks adalah 13 mili detik. 

Kecepatan ini tercatat mengalami peningkatan siginifikan jika dibandingkan dengan Februari pada tahun ini. Indeks mencatat kecepatan unduhan di Makau hanya 92,37 mbps pada Februari. 

4. Kuwait
Kuwait menjadi negara di peringkat keempat dalam hal kecepatan internet. Negara ini tercatat memiliki unduhan 139,03 mbps dan unggahan 21,66 mbps. Latensi yang tercatat dalam indeks adalah 18 mili detik. 

Baca juga: Era Baru Internet Web 3.0 Makin Canggih, Apa Saja Keunggulannya?

Tren kecepatan unduhan di Kuwait tercatat terus mengalami kenaikan dari bulan ke bulan pada tahun ini. Indeks menunjukkan bahwa kecepatan unduh di Kuwait mencapai 120,26 mbps pada Februari 2023. Kemudian, mengalami peningkatan pada Maret dengan 135,63 mbps.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

WHO Imbau Hindari Konsumsi Pemanis Buatan, Ternyata Ini Alasannya

BERIKUTNYA

Cek Harga Tiket & Seat Plan Konser NIKI di Jakarta, Siap War Ticket Besok?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: