Analisis personal color sudah lama menjadi tren di Korea Selatan (Sumber: Freepik/pressfoto)

Mengenal Analisis Personal Color, Tren yang Viral dari Korea Selatan

07 August 2023   |   13:59 WIB
Image
Ni Made Tasyarani Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Salah satu tren yang viral di media sosial, khususnya TikTok, adalah analisis personal color. Tersebar berbagai video menunjukkan bagaimana seseorang yang telah mendapatkan personal color-nya, juga mampu meningkatkan performa penampilannya.

Melansir dari South China Morning Post, analisis personal color sudah lama menjadi tren di Korea Selatan dan digunakan oleh beberapa pimpinan politik, bisnis, hingga artis. Tren analisis personal color bukanlah suatu hal yang baru. 

Baca juga: Sosok Daniel Kho, Semakin Berwarna Semakin Bahagia & Ngepop

Han Ji-su, seorang profesor industri kecantikan di Sungshin Women’s University melalui Korea JoongAng Daily mengatakan, personal color adalah hal penting di industri kecantikan Amerika Serikat pada era 1950-an hingga 1960-an.

Kemudian, mulai menjadi penting di Korea Selatan mulai 1990-an. Selain itu, analisis personal color sebenarnya berasal dari teori warna empat musim oleh seorang ahli dari Swiss bernama Johan Itten. Dia kemudian mengklasifikasikan palet warna dari keempat musim tersebut. 


Bagaimana Cara Mengetahui Personal Color?

Menentukan personal color seseorang dilakukan berdasarkan warna kulit, mata, dan rambut. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, jasa konsultasi personal color adalah pilihan yang bisa dicoba. Melansir dari Insider, tarif jasa konsultasi analisis personal color di Korea Selatan membutuhkan biaya US$75 atau sekitar Rp1 juta. 

Jasa konsultasi tersebut meliputi beberapa tahapan. Dimulai dari pengenalan tentang dasar-dasar teori warna hingga proses analisis warna kulit, mata, dan rambut yang menghabiskan waktu sekitar 30 menit. 

Dengan mengikuti tahapan tersebut, kita pun bisa mencoba untuk mengetahui personal color dari rumah. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan.


1. Menganalisis warna di tempat yang terang

Pastikan untuk melakukan analisis warnamu di tempat dengan penerangan yang baik. Dengan begitu, warna yang didapatkan akan lebih akurat. Sebaiknya, lakukan analisis warna pada siang hari dengan penerangan menggunakan bantuan dari sinar matahari. 


2. Gunakan berbagai aplikasi atau website

Terdapat berbagai aplikasi atau website yang menyediakan fitur analisis warna yang bisa dicoba. Dalam menentukan warnamu, jangan merujuk hanya pada satu aplikasi atau website. Gunakan lebih dari satu untuk memaksimalkan hasil analisis. 


3. Menentukan undertone dan kategori warna

Penentuan undertone kulit penting dalam proses mengidentifikasi kategori warna yang dimiliki. Beberapa kategori warna meliputi cool tones (winter dan summer) dan warm tones (spring dan autumn).  Mengetahui undertone dapat dilakukan dengan melihat warna nadimu ketika kulit terkena sinar matahari. Kulit yang mudah terbakar sinar matahari biasanya memiliki cool tones dan begitupun sebaliknya. 


4. Menentukan palet warna yang tepat 

Tentukan palet warna yang tepat untukmu berdasarkan kategori warna yang telah dibuat sebelumnya. Palet warna ini dapat membantumu dalam menentukan warna-warna terbaik dalam penggunaan makeup, warna rambut, hingga perhiasan atau aksesori.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Biaya Urus IMEI Pekerja Migran Bakal Gratis, Praktisi Khawatirkan Hal Ini

BERIKUTNYA

Faktor Penyebab ASI Ibu Sedikit, Ayah Ternyata Punya Peran Penting

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: