Ilustrasi lomba 17 Agustusan (Sumber gambar: Unsplash/Mufid Majnun)

7 Ide Lomba 17 Agustusan untuk Anak-Anak 2023, dari Pecah Balon hingga Balap Karung Pakai Helm

06 August 2023   |   14:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Ada berbagai macam lomba 17 Agustusan yang biasa digelar dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI). Seperti biasanya, Agustus memang akan jadi bulan yang spesial karena akan ada banyak kegiatan dan perlombaan yang seru untuk memeringati hari besar tersebut.

Perlombaan 17 Agustus biasanya digelar bertingkat, dari skala kecil hingga besar. Perlombaan ini biasanya juga bisa diikuti oleh semua umur, dari anak-anak hingga dewasa sekali pun. Namun, umumnya panitia akan membedakan jenis perlombaan sesuai umur agar lebih adil.

Baca juga: Ada Pejuang & Superhero, Cek 5 Ide Kostum Unik untuk Karnaval 17 Agustus 2023

Meski lomba 17 Agustusan untuk anak-anak akan lebih sederhana, tetapi hal itu tak akan mengurangi keseruannya. Hypeabis.id telah merangkum berbagai ide lomba 17 Agustus yang bisa dilakukan oleh anak-anak.

Lomba-lomba ini dijamin seru dan akan membuat perayaan HUT RI jadi lebih semarak. Berikut adalah beberapa lomba 17 Agustusan yang bisa dilakukan anak-anak pada tahun ini.

 

1. Lomba Pecah Balon Air

Lomba ini termasuk jadi yang cukup disukai anak-anak. Cara memainkannya pun mudah, peserta hanya perlu mencari lokasi balon yang berisi air dengan kondisi mata tertutup. Lalu, setelah ketemu, mereka harus memecahkan balon yang berisi air tersebut.

Untuk memberi tantangan lebih, peserta bisa memutar badan si peserta dua kali. Siapa yang pertama kali menemukan balon dan berhasil memecahkannya, dialah pemenang perlombaan ini.


2. Lomba Balap Karung Pakai Helm

Lomba balap karung pakai helm bisa jadi salah satu alternatif yang menarik. Pada perlombaan ini, peserta tidak hanya sekadar balap karung saja. Akan tetapi, ada variasi lain yang cukup menarik. Permainan perseorangan ini dijamin bikin suasana makin meriah.

Caranya mudah, peserta hanya perlu memakai helm, kemudian masuk ke dalam karung dalam keadaan bejongkok. Peserta lalu harus berlari secepat-cepatnya dalam keadaan tersebut hingga ke titik finish. Yang duluan sampai adalah pemenang perlombaan ini.


3. Lomba Memindahkan Belut

Lomba ini tampak cukup mudah, tetapi sebenarnya sulit. Para peserta akan ditantang untuk memindahkan belut dari satu wadah besar ke wadah lain yang lebih kecil. Biasanya akan diberi jarak beberapa meter.

Siapa yang paling banyak memindahkan belut, dialah pemenangnya. Tekstur belut yang licin akan menjadi tantangan tersendiri. Lomba ini juga melatih anak agar berani memegang belut atau hewan lainnya.


4. Lomba Memindahkan Air dengan Gelas

Anak-anak biasanya suka basah-basahan. Lomba memindahkan air dengan gelas bisa membuat mereka makin antusias dengan lomba HUT RI ini. Cara permainannya pun cukup sederhana. Panitia hanya membutuhkan gelas plastik, tali pengikat dan ember berisi air saja.

Lomba ini bisa dimainkan secara kelompok. Masing-masing peserta harus mengikatkan gelas platik mereka ke bagian dagu. Lalu, peserta akan berbaris. Peserta paling ujung mengambil air lalu harus memasukkan air tersebut ke orang di belakangnya secara estafet.

Di bagian paling belakang bisa disediakan ember dengan ukuran tertentu. Dalam durasi waktu yang sudah ditentukan, setiap tim harus bisa mengisi ember secara penuh. Siapa yang paling banyak mengisi ember dengan air adalah pemenengnya.


5. Lomba Jepit Balon

Lomba jepit balon menuntut kekompakan tim. Satu tim berisi dua orang. Keduanya harus menjepit balon sambil berhadap-hadapan atau saling bertolak belakang. Mereka harus berjalan secepatnya ke garis finish tanpa boleh menyentuh balon.

Mereka juga harus menjaga keseimbangan satu sama lain agar jangan sampai balon terlepas. Siapa yang sampai ke titik akhir dengan kondisi balon masih dijepit, dialah pemenang perlombaan ini.


6. Lomba Makan Bakso

Lomba ini pada dasarnya adalah kreasi lain dari makan kerupuk. Aturannya pun sama, peserta hanya perlu memakan bakso secara cepat. Siapa yang paling cepat menghabiskan makanan, dialah pemenangnya.

Namun, agar lomba lebih menantang, para peserta tidak bisa memakan bakso dalam satu kali kesempatan. Jika ada lagu terputar, peserta harus menghentikan lomba sejenak dan berjoget. Baru setelah lagu berhenti, bisa memulai lagi.


7. Lomba Sepeda Hias

Para peserta akan berparade keliling desa dengan menggunakan sepeda yang sudah dihias. Lomba ini tentu akan memancing keseruan bagi anak-anak. Sebab, mereka akan totalitas dalam mendandani sepeda mereka sebaik mungkin sesuai dengan kreativitas masing-masing.

Baca juga: 7 Ide Lomba Seru Rayakan 17 Agustus di Kantor

Selain cukup seru, ajang ini juga bisa membuat anak-anak lebih mengenal lingkungan tempat tinggalnya. Mereka akan berkeliling kompleks dan mengunjungi tempat-tempat yang barangkali belum pernah didatangi sebelumnya.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Perbedaan Matcha Seremonial & Kuliner, Beda Rasa, Warna & Harga

BERIKUTNYA

The Wheel of Time Season 2 Siap Tayang, Kisah Aksi Penyelamatan Dunia dari Kegelapan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: