Ilustrasi karnaval (Sumber gambar: Unsplash/Anggit Rizkianto)

Ada Pejuang & Superhero, Cek 5 Ide Kostum Unik untuk Karnaval 17 Agustus 2023

05 August 2023   |   16:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Agustus identik sebagai bulan Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17. Berbagai kegiatan mulai dari lomba, pemasangan bendera, hingga pembuatan gapura pun kerap dilakukan untuk menyambut momen tahunan bersejarah ini. 

Namun, selain kegiatan tersebut ada juga kegiatan lain yang pasti dilangsungkan, yakni pawai atau karnaval. Ya, momen arak-arakan ini galib dilakukan masyarakat dengan penuh semarak dan meriah laiknya festival yang berlangsung di jalanan.

Karnaval 17 Agustus biasanya menjadi sebuah esta atau pameran besar-besaran yang digelar setiap tahunnya. Para peserta karnaval akan menggunakan berbagai kostum dan atribut dengan tema yang unik dan menarik untuk merayakan kemerdekaan. 

Baca juga: 7 Ide Lomba Seru Rayakan 17 Agustus di Kantor

Nah, bagi Genhype yang saat ini masih bingung dalam menentukan tema apa yang hendak digunakan untuk karnaval, berikut daftar ide menarik yang bisa kalian terapkan untuk menyambut momen tersebut. 


1. Tema Kostum Baju Sekolah

Tema ini merupakan salah satu ide yang enggak ada matinya dan pasti bakal menimbulkan suasana gembira selama karnaval berlangsung. Selain merepresentasikan pencarian ilmu yang berlangsung sepanjang hayat, dengan memakai kostum ini juga untuk menghormati para pendidik yang terus membagikan ilmu mereka pada generasi muda.

Kalian bisa mengenakan kostum baju anak SD, seragam guru, atau tenaga pendidik lain yang selama ini dikagumi masyarakat. Untuk menyemarakan karnaval bisa juga menambahkan yel-yel atau mars yang kamu ciptakan bersama rombongan. Sehingga acara pawai bisa bertambah meriah.


2. Tema Superhero

Tema karakter superhero cocok untuk karnaval dengan peserta anak-anak kecil, terutama murid Taman Kanak-kanak (TK) hingga SD. Pasalnya mereka suka mengidolakan superhero tertentu mulai dari yang lokal hingga internasional. Sehingga bakal gembira selama karnaval berlangsung.

Kostum superhero yang bisa dipilih antara lain, Gundala, Satria Baja Hitam, Captain America, Wiro Sableng, Saras 008, dan masih banyak lagi. Selain menyewanya di tempat kostum kalian juga bisa membuatnya sendiri di rumah, karena masih ada waktu cukup lama hingga 17 Agustus.


3. Tema Karakter Animasi

Pemilihan tema karakter animasi juga bisa dipakai untuk merayakan momen hari kemerdekaan. Kalian pun bisa memilih karakter animasi terkenal baik  lokal dan luar negeri yang menarik perhatian. beberapa di antaranya seperti Adait dan Sopo Jarwo, Upin Ipin, Masha and The Bear, Doraemon, Naruto, dan sebagainya.
 

4. Tema Nakes & Covid-19

Kostum para tenaga kesehatan (Nakes) juga bisa dipilih untuk merayakan kemerdekaan. Sebab lewat peran dan bantuan merekalah masyarakat akhirnya bisa merdeka terhadap pandemi Covid-19. Pemakaian kostum tersebut sekaligus untuk menghormati para nakes yang gugur sebagai pahlawan bangsa selama pageblug berlangsung.

Adapun, untuk karnaval kali ini kalian bisa menggunakan kostum nakes lengkap dengan APD seperti baju hazmat, masker, dan sarung tangan. Selain itu kamu juga bisa memakai kostum virus korona yang bisa dibentuk dengan sekreatif mungkin untuk menyemarakkan kemerdekaan.
 

5. Tema Pejuang Kemerdekaan

Kostum karakter ini pun tak kalah seru untuk dipakai selama karnaval berlangsung. Kalian bisa meniru dandanan para pahlawan dan pejuang tempo dulu dengan baju khas yang mereka pakai selama melawan penjajahan. Bisa juga dengan menambahkan atribut lain seperti senjata tradisional dan arak-arakan mobil baja dari bahan daur ulang.

Selain itu, jangan lupa juga untuk merias wajah kalian sesuai karakter yang diperankan. Misalnya Pangeran Diponegoro dengan sorban dan kerisnya, Bung Tomo dengan peci hitam dan raut matanya yang tajam, atau sosok Bung Hatta dengan dandanannya yang rapi tapi tetap sederhana. 

Baca juga: 5 Ide Desain Gapura 17 Agustus yang Unik & Menarik

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

PHR Pressing Hidupkan Kembali Industri Piringan Hitam untuk Musisi Indonesia

BERIKUTNYA

Cek Jadwal Tayang & Sinopsis Film Primbon, Kisah Horor Berbalut Tradisi Jawa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: