Ilustrasi poster Primbon (sumber gambar Cakra Film/ YouTube)

Cek Jadwal Tayang & Sinopsis Film Primbon, Kisah Horor Berbalut Tradisi Jawa

05 August 2023   |   18:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Pencinta kisah horor Indonesia ada kabar baik nih buat kalian, pasalnya film Primbon akan segera hadir menyapa para penggemar. Ya, setelah lama ditunggu-tunggu kehadirannya, sinema besutan Rudi Soedjarwo ini bakal segera tayang pada awal Agustus tahun ini. 

Mengambil lanskap seputar keluarga Jawa, film Primbon akan berkisah tentang sosok perempuan bernama Rana yang hilang saat naik gunung bersama sang sahabat, yakni Janu. Berbeda dengan Janu yang berhasil pulang ke rumah, Rana tidak dapat ditemukan ditelan belantara.

Keluarganya pun lalu melakukan pencarian terhadap dirinya selama berhari-hari, tapi harapan tak kunjung datang. Setelah sepekan, mereka memilih untuk mengikhlaskan Rana dengan menggelar tahlilan sesuai tradisi yang keluarga itu lakukan secara turun temurun.

Namun, bertepatan dengan acara tahlilan tersebut, hujan deras datang mengguyur. Tak hanya itu, Rana yang selama ini mereka cari pulang mengetuk pintu dalam keadaan basah kuyup dan kedinginan. kepulangannya pun disambut bahagia oleh ibu, ayah, dan adiknya, Tari. 

Baca juga: 3 Film Horor Indonesia yang Bakal Menghantui Bioskop Sepanjang Agustus 2023
 

Kendati begitu, pulangnya Rana ternyata juga membawa misteri tersendiri di keluarga tersebut. Beberapa kerabatnya bahkan mencurigai bahwa sosok yang pulang ke rumah mereka bukanlah Rana yang sesungguhnya. Sebab, gerak-gerik dan karakternya bukan seperti yang mereka kenali setiap hari.

Adapun, untuk membuktikan keberadaan Rana, keluarganya kemudian menggelar ruwatan. Gadis itu dimandikan dengan kembang tujuh rupa dan berbagai ritual lain. Namun, ada yang aneh, dia justru semakin pucat dengan sosok bayang-bayang wanita tua bersanggul.

"Mbakyu, ini yang mau saya taruh di kamarnya Rana. Nanti kalau membusuk itu tandanya dia bukan manusia," ucap salah satu karakter dalam trailer Primbon yang diperankan oleh aktris senior Jajang C Noer.

Anehnya semenjak ritual tersebut, konflik justru mulai terjadi di keluarga Rana. Mereka mulai diteror makhluk tak kasat mata yang mewujud dalam sosok wanita berambut panjang dengan penampilan yang mengerikan. Sebagian besar keluarganya menengarai hadirnya teror tersebut karena telah melanggar kitab primbon yang selama ini menjadi pegangan hidup mereka.

Lantas, bagaimana kelanjutan kisahnya? Apakah keluarga Rana bisa lepas dari teror yang mengancam itu? Benarkah sosok yang pulang ke rumah itu bukanlah Rana yang sesungguhnya?

Menjadi film teranyar dari sutradara Rudi Soedjarwo, jawaban tersebut dapat kalian saksikan pada 10 Agustus 2023 di bioskop kesayangan masing-masing. Dengan skenario ditulis oleh Lele Laila yang bekerja sama dengan musisi Andi Rianto, Primbon juga diramaikan oleh sejumlah aktor dan aktris ternama Tanah Air.

Beberapa di antaranya termasuk Happy Salma yang berperan sebagai Dini ibu Rana, Nugie sebagai Banyu, Flavio Zaviera sebagai Rana, dan Chicco Kurniawan berperan sebagai Janu. Lalu ada juga  Azela Putri berperan sebagai Tari, Jajang C. Noer, Oppie Andaresta, Septian Dwi Cahyo, Ony Serojawati Hafiedz, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Seram dan Mencekam, Cek 5 Film Horor Legendaris Suzzanna
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Ada Pejuang & Superhero, Cek 5 Ide Kostum Unik untuk Karnaval 17 Agustus 2023

BERIKUTNYA

Dapat Rating Mengesankan, Cek 3 Profil Pemeran Utama Serial The First Responders Season 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: