Ilustrasi memaafkan diri sendiri. (Dok. Gus Moretta dari Unsplash)

Sulit untuk Memaafkan Diri Sendiri? Ini 9 Caranya

27 July 2021   |   22:21 WIB

Like
Memaafkan orang lain bukanlah hal yang mudah dilakukan, apalagi memaafkan diri sendiri yang membutuhkan empati, kasih sayang, kebaikan, dan pengertian. Enggak hanya itu, memaafkan diri juga membutuhkan penerimaan bahwa mengampuni diri sendiri adalah sebuah pilihan.

Setiap orang tentu pernah berbuat salah, tidak terkecuali kepada diri sendiri. Inilah mengapa Genhype harus bisa mulai untuk memaafkan diri sendiri agar bisa maju ke langkah selanjutnya dalam hidup meski ada berbagai proses yang menyakitkan dan tidak nyaman untuk bisa melewatinya.

 

 Ilustrasi (dok. Mojtaba Ravanbakhsh)

Ilustrasi (dok. Mojtaba Ravanbakhsh)



Supaya Genhype bisa melaluinya, berikut 9 cara memaafkan diri sendiri yang bisa dilakukan secara perlahan.


1. Akui kesalahan yang telah dilakukan

Dalam tahapan tertentu, Genhype harus bisa mengakui kesalahan yang telah dilakukan sebagai bagian dari perjalanan menuju kepribadian yang lebih baik di masa depan. Mengakui kesalahan juga mampu meredakan perasaan negatif yang mungkin menghantuimu.
 

2. Minta maaf kepada orang yang telah disakiti

Permintaan maaf yang jujur dan tulus serta melakukan hal yang bisa memperbaiki kesalahan perlu dilakukan, tapi tidak lupa juga untuk tetap mendengarkan dan terbuka dengan tanggapan orang lain serta tidak menuntut penerimaan permintaan maaf saat itu juga.


3. Bayangkan rasa dari permintaan maaf

Dengan membayangkan rasanya meminta maaf dari dalam dan luar diri sendiri bisa menjadi bentuk permintaan maaf kepada diri sendiri yang baik karena kita bukanlah manusia sempurna.
 

4. Tuliskan permintaan maaf

Jika masih merasa bersalah di dalam diri, tuangkan perasaan dan kasih sayang kepada diri sendiri dengan menyalurkannya ke dalam bentuk tulisan sebagai cara untuk melegakan diri sendiri seiring dengan proses untuk menjadi manusia yang baik.
 

5. Belajar dari kesalahan

Pembelajaran dari kesalahan datang dari perasaan bersalah yang muncul dari diri sendiri. Jadikan kesalahan sebagai evaluasi diri sendiri di masa depan.
 

6. Bersabar

Sabar adalah kunci untuk bisa menerima diri dengan lebih baik dan dewasa. Dengan merasa bahwa tidak ada hal lain yang bisa dilakukan terhada sebuah masalah dan menekan kekhawatiran, ini akan menjadi kunci untuk penerimaan diri dengan cara yang pelan.
 

7. Terima saran dari diri sendiri

Biasanya Genhype akan meminta saran kepada orang lain jika menghadapi suatu masalah, tapi coba kali ini untuk mengembalikan pertanyaan ini kepada diri sendiri ketika ada teman yang melakukan hal serupa.
 

8. Berhenti mengulang hal yang sama

Meski mengingat kesalahan kadang diperlukan ketika memproses refleksi bagi diri sendiri, tapi jika terlalu banyak dilakukan bisa menyebabkan kesulitan untuk memaafkan diri sendiri.
 

9. Tunjukan kebaikan dan kasih sayang

Dua hal ini adalah kunci untuk memulai perjalanan agar bisa memaafkan diri sendiri dan pastikan bahwa Genhype pantas untuk mendapatkan permintaan maaf dan melakukannya juga.



Editor: Roni Yunianto
SEBELUMNYA

Fans Nantikan Kelanjutan Never Have I Ever Musim Ketiga

BERIKUTNYA

Merdunya 3 Artis K-pop Ini Nyanyikan Lagu Jason Mraz & Alicia Keys

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: