StarBe (Sumber gambar: StarBe Official Instagram)

Profil StarBe, Girlgroup asal Bandung yang Bakal Debut di Korea Selatan

03 August 2023   |   11:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Nama girlgroup asal Indonesia, StarBe, mungkin masih terdengar asing untuk sebagian orang. Mereka adalah grup yang beranggotakan Annabelle Senjaya (vokal), Shella Fernanda (vokal), Kezia Lizina (rapper), dan Chelsea van Meijr (rapper) itu terpilih mewakili Indonesia dalam proyek Grow TwoGether 2023.

Melalui rogram pertukaran budaya yang digagas oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Republik Korea bersama Badan Promosi Pertukaran Budaya Internasional (KOFICE). StarBe akan menjalani training di Korea Selatan dalam rangka menumbuhkan industri budaya pop melalui pertukaran musik antara dua negara.

Baca juga: Resmi Debut, Intip Posisi Zayyan di XODIAC & Perjalanan Karier Bermusiknya

Indonesia terpilih dalam proyek Grow TwoGether karena dinilai memiliki talenta-talenta berbakat yang berpotensi besar untuk mengembangkan karier sebagai penyanyi global. Sebelum Indonesia, program ini juga telah mengenalkan grup idola dari Vietnam dan Thailand.
 


Grup baru yang terbentuk nantinya akan diundang ke Korea Selatan dan berkesempatan mendapat pelatihan K-Pop yang dikenal memiliki metode training yang sistematis selama empat bulan. Kini, StarBe telah bertandang ke Korea Selatan untuk menjalani program latihan tersebut sebelum diorbitkan sebagai girlgroup di Negeri Gingseng.

Meski mulai menjadi perbincangan karena rencana akan debut sebagai penyanyi internasional, nama StarBe sejatinya bukan merupakan grup baru. Grup vokal perempuan asal Bandung itu berdiri pada 9 Desember 2019. Di bawah naungan agensi STB Entertainmen dan label Sorai, StarBe digawangi oleh 4 member yakni Shella, Abelle, Kezia, dan Chelsea.

Nama grup mereka diambil dari kata be a star atau yang berarti sebuah harapan untuk menjadi bintang. Mereka juga memiliki nama sebutan untuk penggemar atau fanclub StarBe, yakni SkyBe.
 


StarBe memulai karier bermusik mereka dengan merilis single perdana berjudul Aku Lengkap Denganmu yang kental dengan aransemen musik pop Indonesia. Grup itu melakukan debut dengan label Aquarius Musikindo.

Setahun berselang, StarBe merilis single kedua berjudul Bye Bye Drama. Berbeda dari karya sebelumnya, dalam lagu ini, mereka mengusung nuansa musik hip hop upbeat. Sejak saat itu, mereka terbilang produktif merilis lagu diantaranya Time to Fly, Cheesecake, dan Touch The Sky.

Terbaru, mereka baru saja merilis album perdana bertajuk Fly As One pada 28 Juli 2023. Album ini terdiri dari 11 judul trek yakni Time To Fly, Cheesecake, Touch The Sky, Pidip Pop It, Princess Samurai, Rooftop, Story of Us, Cheesecake (English version), Time To Fly (live version), Touch The Sky (live version), serta single kolaborasi dengan penyanyi Kobo Kanaeru berjudul StarBe-Princess Samurai.
 


Kendati berasal dari Indonesia, jika diamati, gaya dan pembawaan StarBe sebagai grup hampir serupa dengan sejumlah grup K-Pop di Korea Selatan. Misalnya dari gaya fesyen. StarBe selalu mengenakan fesyen yang stylish, edgy, dan chic yang relate dengan kebanayakan gaya anak muda saat ini.

Begitupun dari cara promosi mereka. Setiap perilisan lagu atau album baru, StarBe selalu menggunakan konsep promosi yang telah terjadwal seperti artis K-Pop mulai dari perilisan foto berkonsep, teaser video klip, video latihan performance, merchandise dan album fisik, hingga menggelar roadshow. Selain itu, mereka juga beberapa kali menggelar fan meeting.

Sampai saat ini, nama StarBe juga telah muncul di berbagai acara musik sebagai lineup diantaranya PlayMusic Festival 2023 dan festival musik #YTFF10 yang diadakan di Singapura. Kala itu, mereka sepanggung dengan beberapa nama artis dari negara lain seperti Billlie, CarryMinati, dan Travis Japan.

Pada 2021, grup ini juga pernah mendapatkan nominasi sebagai Artis Solo/Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Dance Terbaik dalam ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) berkat lagu Time To Fly. Mereka bersaing dengan sejumlah grup lain seperti JKT48, NONA, Trisouls, dan UN1TY.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

PSSI Kebut Persiapan Venue Jelang 100 Hari Piala Dunia U-17, FIFA Beri Sejumlah Catatan

BERIKUTNYA

Sinopsis Zom 100: Bucket List of the Dead, Kisah Unik Budak Korporat dalam Kepungan Zombie

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: