Zayyan. (Sumber foto: Instagram/xodiacofficial)

Resmi Debut, Intip Posisi Zayyan di XODIAC & Perjalanan Karier Bermusiknya

26 April 2023   |   19:28 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Perwakilan musisi Indonesia di industri K-Pop bertambah satu lagi nih, Genhype. Setelah Dita Karang yang sukses dengan girl group Secret Number, dan Loudi yang sempat menjadi anggota boy group 14U, kini ada Muhammad Zayyan yang baru saja debut bersama XODIAC

Memilki nama lengkap Muhammad Rifki Fahri Zayyan, pria asal Tanggerang, Indonesia, itu, tampil di hadapan publik dalam debut showcase XODIAC yang disiarkan melalui akun YouTube resmi Xodiac dan Hanryu Times. Bersamaan dengan 8 anggota lainnya, mereka juga merilis single debut berjudul Throw a Dice

Mengenakan kemeja putih dan jas merah maroon, Zayyan tampak gugup saat memperkenalkan diri dalam bahasa Korea. Dia mengatakan mengambil posisi sebagai vokal dan dancer di dalam XODIAC. “Saya bisa bermain saxophone, ukulele, dan piano,” ujarnya saat memperkenalkan diri dalam debut showcase XODIAC, Selasa (25/4/2023). 

Baca juga: Zayyan Resmi Gabung untuk Boygroup XODIAC, Konsep Fotonya Curi Perhatian
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by XODIAC (@xodiacofficial)


Sadar Zayyan tampak grogi, sang pembawa acara pun meminta agar pria berusia 23 tahun itu bisa sedikit lebih santai. Walaupun sedikit terbata berbicara dalam bahasa Korea, Zayyan mengaku sangat bahagia bisa debut bersama XODIAC. 

Dia juga menyebut menjadi penggemar K-Pop sejak lama hingga melandasi keinginannya untuk menjadi penyanyi. “Di Indonesia K-Pop sangat populer dan saya sejak lama menyukai K-Pop. Saya harapkan dukungan Anda semua,” tutur Rayyan. 

Tayangan debut showcase di YouTube Official XODIAC itu pun langsung dibanjiri komentar, terutama para warganet yang berasal dari Indonesia. Mereka sangat mendukung Zayyan untuk berkiprah di Negeri Ginseng itu. Mereka juga mendukung member XODIAC lainnya.


Profil Zayyan

Sebelum debut bersama XODIAC, Zayyan diperkenalkan sebagai trainee untuk grup OCJ Newbies. Namun pada 10 April 2023, dia diperkenalkan secara resmi sebagai  member boy group K-Pop asuhan agensi asal Hong Kong, One Cool Jasco. Zayyan merupakan member kedua yang dikenalkan.

Zayyan terbilang pemuda yang gigih untuk mencapai impiannya. Dia beberapa kali mengikuti audisi kontes menyanyi di Indonesia. Dia sempat ikut audisi pencarian bakat bernyanyi di Rising Star Indonesia pada 2018. Namun sayang, langkahnya di ajang itu harus terhenti di babak live audition. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by XODIAC (@xodiacofficial)



Pada tahun berikutnya, dia kembali mencoba peruntungan dengan mengikuti Indonesia Idol musim 10, yang juga mencetuskan penyanyi Lyodra Ginting, Tiara Andini, Ziva Magnoya, Nusa, dan Mahalini. Zayyan berhasil mendapatkan Golden Ticket untuk masuk ke babak selanjutnya. Kendati demikian, dia tersingkir di babak Eliminasi 3. 

Tidak mau menyerah untuk menyalurkan hobi bernyanyinya, Zayyan lantas membuat kanal YouTube, ZYYN pada 2020 lalu. Dia kerap mengcover lagu-lagu populer dan penampilannya sukses mendapat perhatian warganet. 

Sebelum menarik perhatian OCJ Newbies, dia sempat diundang untuk menjadi trainee oleh sebuah agensi di Korea Selatan pada awal 2022. Namun tanpa alasan jelas, dia dieliminasi. 

Zayyan memprediksi mungkin keputusan tersebut lantaran dia tidak mahir dalam tarian. Alhasil, pemuda Tanggerang itu mengikuti les tari pasca pulang dari Korea. Siapa sangka, tawaran menjadi idol K-Pop datang dengan begitu cepat. Kini, kita mengenalkan sebagai member XODIAC. 

Baca juga: Jadi Duta Bilateral Indonesia–Korea, Dita Karang Bakal Nyanyikan Indonesia Raya di Negeri Ginseng

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Mengungkap Alasan Orang Berselingkuh dan Pantaskah Diberi Kesempatan Kedua?

BERIKUTNYA

Kesehatan Memburuk, Joy Red Velvet Bakal Absen dari Konser R to V In Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: