Ilustrasi minum air sebelum tidur. (Sumber gambar: Unsplash/Allison Christine)

Tidur Nyenyak dan Berkualitas, Ini Minuman yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Sebelum Tidur Malam

02 August 2023   |   06:40 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Tidur yang berkualitas adalah salah satu kebutuhkan dasar manusia yang sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Pentingnya tidur nyenyak tidak boleh diabaikan, kaerena memiliki dampak besar terhadap kualotas hidup secara keseluruhan.

Selain rutin menjaga waktu tidur dan menciptakan lingkungan yang nyaman, apa yang kalian minum sebelum tidur juga dapat mempengaruhi kualitas tidur kalian.

Beberapa minuman dapat membantu meningkatkan tidur, sementara yang lain sebaiknya dihindari karena dapat mengganggu istirahat malam Genhype. Berikut adalah beberapa minuman yang baik atau dilarang diminum sebelum tidur.

Baca juga: Supaya Kalian Cepat Tidur, Coba Makanan dan Minuman Ini
 

Minuman yang Sebaiknya Diminum Sebelum Tidur

Memilih minuman yang tepat sebelum tidur dapat membantu kalian merasa lebih rileks, tidur lebih nyenyak, dan bangun dengan perasaan segar di pagi hari.

Perhatikan konsumsi minuman kalian  sebelum tidur, dan cobalah untuk menghindari minuman yang dapat mengganggu kualitas tidur. Sebagai gantinya, pilih minuman yang dapat membantu menenangkan tubuh dan pikiran untuk mencapai tidur yang berkualitas.
 

1. Air Putih

Menurut Centers for Diesease Control and Prevention (CDC), air putih adalah minuman paling sehat dan terbaik yang dapat kalian minum kapan saja, termasuk sebelum tidur. Air putih memiliki nol kalori dan mencegah dehidrasi, suatu kondisi yang dapat menyebabkan pemikiran kalut, membuat murung, dan meningkatkan risiko sembelit dan batu ginjal.

Namun, jangan juga mengonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak. Terlalu banyak cairan sebelum tidur dapat menyebabkan kelebihan urin yang mengisi kandung kemih saat tidur. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan kadar adrenalin yang membangunkan kalian di malam hari, karena harus pergi ke toilet.

Menjaga keseimbangan asupan cairan sebelum tidur merupakan hal penting untuk menghindari gangguan tidur. Gangguan siklus tidur ini dapat membuat tubuh mengalami flkuktuasi hormon jangka panjang yang dapaat membahayakan jantung.

Terutama bagi orang yang rentan mengalami terbangun di tengah malam untuk buang air kecil. Dokter Stuart Galloway, seorang pakar hidrasi dari University of Stirling, merekomendasikan bahwa untuk menjaga hidrasi malam hari, sebaiknya minumlah antara 300 hingga 500 ml cairan dua hingga tiga jam sebelum tidur.

Menurutnya, jumlah cairan yang dikonsumsi pada waktu yang tepat tersebut akan membantu memenuhi asupan air harian tanpa mengganggu tidur kalian.
 

2. Jus Ceri Asam

 

Ilustrasi cherry (Sumber gambar: Unsplash/Yanatara)

Ilustrasi cherry (Sumber gambar: Unsplash/Yanatara)


Akhir-akhir ini, jus ceri tart menjadi topik yang populer dan menarik perhatian banyak orang. Dikenal juga sebagai ceri montmorency, ceri kerdil, atau ceri asam, ceri tart memiliki keunikan tersendiri.

Berbeda dengan ceri manis yang dapat dinikmati langsung, ceri tart lebih sering dimanfaatkan dalam berbagai bentuk lainnya, seperti dikeringkan, dibekukan, dijadikan bubuk, atau diekstrak menjadi jus.

Manfaat ceri tart sangat bervariasi. Mayoritas ceri tart digunakan untuk keperluan memasak dan pembuatan kue, namun ada juga produk ceri tart yang dipasarkan dengan tujuan kesehatan tertentu. Jus ceri tart sering digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada otot setelah berolahraga dan meningkatkan kualitas tidur mereka. Selain itu, ceri tart kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, termasuk protein, kalsium, zat besi, serta berbagai vitamin dan mineral.

Jus ceri asam juga memiliki sifat menginduksi tidur dalan hormon melatonin yang telah terbukti menjadi solusi efektif mengatasi masalah insomnia. Kandungan utama yang membuat jus ceri tart efektif adalah triptofan, sebuah asam amino yang berperan penting dalam proses tidur.

Triptofan dalam jus ceri asam dapat meningkatkan produksi serotonin, sebuah neurotransmitter yang berperan dalam meningkatkan suasana hati dan membantu mengatur tidur. Lebih lanjut, serotonin juga dapat diubah menjadi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur-bangun, dan sering digunakan dalam pengobatan insomnia.

Dengan mengonsumsi jus ceri asam secara teratur, Genhype dapat meningkatkan ketersediaan triptofan dalam tubuh, yang pada gilirannya akan membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi masalah insomnia.
 

3. Teh Chamomile

Chamomile, dengan bunga berukuran kecil dan warna kuning serta putih yang indah, merupakan tumbuhan anggota famili Asteraceae. Selain menyuguhkan cita rasa yang unik, chamomile juga menyimpan banyak manfaat kesehatan. Beberapa penelitian telah menemukan teh kamomil kondusif untuk tidur malam yang lebih nyenyak.

Teh chamomile memiliki kandungan yang memberikan efek menenangkan serupa dengan obat penenang, sehingga dapat membantu mempercepat proses tidur.
Kandungan utama yang bertanggung jawab atas efek penenang ini adalah apigenin, sebuah flavonoid yang memengaruhi reseptor benzodiazepine di otak. Tak hanya itu, aroma dari teh ini mampu mengurangi stres.

Selain ketiga minuman di atas, minum segelas susu hangat sebelum tidur adalah praktik umum yang digunakan untuk meningkatkan relaksasi dan mendukung kualitas tidur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu dapat meningkatkan kualitas tidur bagi orang-orang tertentu. Menurut National Library of Medicine susu diketahui mengandung triptofan yang memiliki sifat meningkatkan tidur.

 Secara teori, makan makanan atau minum susu yang kaya triptofan bisa membuat kita merasa mengantuk, karena tubuh mengubahnya menjadi hormon yang meningkatkan kualitas tidur. Namun pada kenyataannya, dibutuhkan banyak triptofan daripada yang ada dalam segelas susu untuk membuat seseorang merasa mengantuk.

Bagaimanapun, susu mengandung banyak senyawa lain yang bersaing untuk memasuki otak kita melalui darah. Tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami dengan tepat bagaimana susu dapat memengaruhi siklus tidur individu.

Sampai saat ini, tidak ada bukti yang dapat dipercaya yang menunjukkan bahwa susu hangat lebih baik untuk tidur daripada dingin, meskipun minuman hangat biasanya digunakan untuk meredakan kecemasan dan meningkatkan perasaan tenang.

Memang belum ada jaminan kalau meminum susu hangat berguna meningkatkan kualitas tidur, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba.

Baca juga: Susu Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur, Ada Bukti Ilmiahnya Loh!


Minuman yang Harus Dihindari Sebelum Tidur

Beberapa minuman sebaiknya dihindari sebelum tidur karena dapat mengganggu tidur dan menyebabkan kita terbangun di tengah malam. Berikut adalah beberapa minuman yang tidak disarakan untuk kalian minum sebelum tidur malam.
 

1. Alkohol

Konsumsi minuman beralkohol sebelum tidur memiliki dampak negatif yang signifikan pada kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan. Alkohol mungkin membuat kalian merasa mengantuk awalnya, tetapi efek sementara ini sebenarnya mengaburkan kualitas tidur.

Alkohol benar-benar dapat mengganggu siklus tidur normal, terutama fase tidur REM (Rapid Eye Movement) yang penting untuk kesehatan. Dokter merekomendasikan berhenti minum alkohol dalam bentuk apa pun empat jam sebelum tidur dan minum tidak lebih dari satu gelas per malam untuk kualitas tidur yang lebih baik.

Dibutuhkan satu jam 15 menit untuk memetabolisme satu minuman, jadi kalian membutuhkan waktu ekstra, ditambah waktu untuk minum air putih untuk mengeluarkannya dari sistem tubuh.
 

2. Minuman Berkafein

 

Sebaiknya tidak meminum kopi sebelum tidur. (Sumber gambar: Unsplash/Samantha Gades)

Sebaiknya tidak meminum kopi sebelum tidur. (Sumber gambar: Unsplash/Samantha Gades)

Kopi atau minuman berkafein lainnya bermasalah untuk diminum sebelum tidur karena memiliki efek diuretik, yang berarti mendorong buang air kecil; dan kafein dalam kopi membuat kalian tetap terjaga.

Bahkan kopi tanpa kafein pun dapat membuat tetap terjaga dan meningkatkan keadaan waspada. Hindari kopi berkafein dalam waktu delapan jam sebelum tidur karena waktu paruhnya yang panjang dan dosis kafeinnya.
 

3.Teh Hitam atau Hijau

Teh hitam dan hijau sama-sama mengandung kafein dan bersifat diuretik, jadi keduanya bukan minuman pengantar tidur terbaik karena alasan yang sama seperti kopi. Lebih baik menghindarinya dalam waktu empat hingga enam jam sebelum tidur.
 

4. Soda

Kafein dan gula yang terdapat dalam beberapa minuman soda dapat menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan perut yang mengganggu kualitas tidur. Bahkan jika minuman tidak mengandung keduanya itu, gelembung dari karbonasi dapat membuat kalian terjaga.

Sebaiknya batasi konsumsi soda tiga sampai empat jam sebelum tidur malam.
 

5. Minuman Manis dengan Gula Tinggi

Minuman manis dengan gula tinggi dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat, yang dapat mengganggu tidur dan menyebabkan terbangun di tengah malam.
Jaga pola tidur dan pilihan minuman sebelum tidur agar tidur kita menjadi lebih nyenyak dan bermanfaat bagi kesehatan serta produktivitas kita sehari-hari.

Jika kalian mengalami masalah tidur yang berkepanjangan, konsultasikan dengan dokter atau ahli tidur untuk mendapatkan saran dan pengobatan yang tepat.

Baca juga: 6 Makanan dan Minuman yang Bikin Susah Tidur, Jangan Dikonsumsi saat Malam Hari

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Tren Fesyen Pria Agustus 2023 yang Modis, Ada Celana Chino dan Sandal Kulit

BERIKUTNYA

Trailer Season 2 Rilis, Akankah Loki Menghadapi Varian Jahat He Who Remain?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: