Elon Musk (Sumber gambar: Twitter/Elon Musk)

Obsesi 25 Tahun Elon Musk dan Huruf X

01 August 2023   |   07:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tidak ada huruf X di dalam nama Elon Musk, tetapi miliarder sekaligus CEO Tesla tersebut sangat terobsesi dengan huruf ke-24 dalam alfabet Latin tersebut. Belum ada alasan yang jelas mengapa ia begitu menyukai huruf X, tetapi yang pasti dia sudah menunjukkan obsesinya sejak 25 tahun lalu.

Obsesi Elon Musk tentang huruf X sedang jadi sorotan banyak orang belakangan ini. Hal ini terjadi setelah dia mengubah nama media sosial Twitter, lengkap dengan logo burung biru yang ikonik, menjadi huruf X.

Baca juga: Intip Ambisi Elon Musk Ubah Twitter Jadi Platform Super, dari Fitur Hiburan hingga Pembayaran

Elon Musk juga diketahui mengubah situs X.com yang dibelinya beberapa tahun lalu ke halaman depan Twitter, selain Twitter.com. Keputusan itu pun sempat membuat banyak pihak mempertanyakan rencana di baliknya.

Namun, pria berumur 52 tahun itu memang ingin membuat gebrakan pada media sosial Twitter menjadi sebuah aplikasi super. Dia ingin membuat media sosial baru yang selama ini banyak disinggungnya dalam beberapa postingannya.

Meskipun demikian, jika ditelaah lebih jauh, langkah nyentrik Musk yang terobsesi dengan huruf X rupanya bukan kali ini saja terjadi. Dia sudah melakukannya bahkan sejak miliarder itu memulai bisnis pertamanya.


Layanan Keuangan X.com

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Official (@elonrmuskk)


Melansir dari NPR, Ashlee Vance selaku penulis Elon Musk mengatakan bahwa hubungan bos Tesla tersebut dengan huruf X dimulai pada 1999. Saat itu, Musk mendirikan layanan keuangan bernama X.com.

Padahal, penamaan X cukup banyak mendapatkan tentangan, terlebih huruf tersebut kerap diasosiasikan dengan hal berbau seksual khususnya di dunia maya. Meski dihadapi penolakan, Musk tetap percaya diri dan mempertahankannya karena menyukai hal tersebut.

Layanan itu kemudian merger dengan PayPal. Semua yang dibangunnya sejak awal pun telah berubah. Dia bahkan kehilangan doman X.com, sebelum akhirnya membelinya kembali pada 2017.


Perusahaan Transportasi Luar Angkasa SpaceX

 

Bisnis milik Elon Musk yang memiliki unsur X adalah SpaceX. Perusahaan transportasi luar angkasa itu secara resmi dikenal sebagai Space Exporation Technologies Corporation. Namun, Musk lebih menyukai menyingkatnya menjadi SpaceX.

Di perusahaan ini, dia berperan sebagai CEO sekaligus pendiri perusahaan. SpaceX telah menyelesaikan beberapa misi luar angkasa yang menakjubkan, seperti mengirim pesawat ruang angkasa berisi muatan ke orbit hingga memulangkan manusia dari luar angkasa ke bumi.


Mobil Tesla Model X

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Tesla (@teslamotors)


Elon Musk juga membuat perusahaan otomotif bernama Tesla. Perusahaan ini memproduksi banyak mobil-mobil sports premium. Pada 2015, Musk meluncurkan salah satu model baru dari mobil tersebut bernama X.

Ya, lagi-lagi Musk memakai nama X di produk bisnisnya. Sebagai informasi, Model X menawarkan sebuah mobil tipe SUV listrik dengan desain yang elegan dan mewah. Salah satu keunikannya ialah bentuk pintunya yang ketika dibuka mirip seperti sebuah sayap.


Nama Anak X Æ A-XII

Tidak hanya dalam hal bisnis, Musk juga menempatkan huruf X kepada buah hatinya. Anak keenam Musk diberi nama X AE A-12. Namun, karena pencatatan sipil tidak bisa menerima nama anak berupa angka, Musk kemudian mengubahnya menjadi X AE A-XII. Si anak memiliki nama panggilan X. Sementara itu, beberapa buah hatinya yang lain juga memiliki nama yang mengandung unsur X, seperti Xavier, Exa Dark Siderael dan Saxon.


Twitter menjadi X Corp

 

Logo baru X Elon Musk (Sumber gambar: Twitter/Elon Musk)

Logo baru X Elon Musk (Sumber gambar: Twitter/Elon Musk)

Makin hari, obsesinya dengan huruf X makin menjadi ketika dia mengubah nama Twitter menjadi X Corp. Saat ini, kita sudah tidak bisa lagi melihat logo burung biru yang ikonik pada interface platform media sosial ini. Musk juga sengaja memasang logo X pada foto profil Twitternya. Hal serupa juga terjadi pada akun resmi media sosial tersebut. 


Startup AI

Beberapa waktu lalu, Musk juga meluncurkan startup kecerdasan buatan artificial intelligence bernama xAI. Perusahaan ini ingin membuat sistem AI yang canggih untuk menghadapi dunia pada masa depan.

Selain itu, Musk juga tampaknya ingin menghentikan dominasi ChatGPT dari OpenAI yang sudah lebih dahulu populer. Perusahaan ini pun makin menambah deret panjang obsesi Musk terhadap huruf X.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Marak Kejahatan Siber, Sektor Bisnis Ini yang Paling Diincar

BERIKUTNYA

All-New Mazda CX-60, SUV Premium dengan Fitur Baru yang Bikin Berkendara Lebih Nyaman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: