Primetime Emmy Awards 2023 (Sumber gambar: instagram.com/iemmys)

Emmy Awards 2023 Resmi Ditunda, Buntut dari Aksi Mogok para Pekerja Kreatif Hollywood

29 July 2023   |   07:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Primetime Emmy Awards 2023 terpaksa mengalami penundaan pada tahun ini. Ajang bergengsi yang sedianya digelar 18 September mendatang urung digelar, setelah para aktor dan penulis Hollywood melakukan aksi mogok kerja untuk menentang beberapa isu krusial.

Variety melaporkan bahwa keputusan penundaan ini sudah diumumkan panitia kepada para vendor ajang penghargaan tahunan tersebut. Imbas dari penundaan ini, sejumlah acara lain yang masih berkaitan juga kemungkinan ikut tak jadi digelar.

Baca juga: Serikat Penulis Amerika Serikat Mogok, Emmy Awards ke-75 Terancam Tertunda Tahun Ini

Creative Arts Emmy Awards, misalnya, juga dikabarkan mengalami nasib serupa. Awalnya, acara itu akan digelar lebih dahulu pada 9 September-10 September 2023, tetapi kini penuh dengan ketidakpastian.

Isu penundaan ini sebenarnya sudah tercium sejak beberapa waktu lalu. Aksi mogok para pekerja kreatif Hollywood sejak Mei 2023 menjadi pencetusnya. Penentangan mereka masih terus langgeng dan dilakukan karena tidak menemui titik temu.

Terbaru, pada Juli 2023, para aktor dan penulis Hollywood juga masih menunjukkan sikap yang sama. SAG-AFTRA atau Screen Actors Guild American Federation of Television and Radio Artists menyebut bahwa industri ini perlu lebih adil lagi.

Mereka menuntut kenaikan upah sebesar 11 persen pada tahun pertama agar anggotanya dapat pulih dari inflasi yang ada sekarang. Namun, hingga saat ini kenaikan yang terjadi belum sesuai kesepakatan, hanya di kisaran 5 persen saja.

Menurut serikat pekerja seni tersebut, saat ini kompensasi yang lebih bijak harus jadi poin utama, mengingat ada banyak perubahan telah terjadi dalam beberapa tahun ke beakang. Tak terkecuali adanya replikasi digital yang dibuat dan pengaruh artificial intelligence (AI).

Ya, adanya AI membuat serikat pekerja seni itu membutuhkan perlindungan dari teknologi kecerdasan buatan tersebut. Selain itu, mereka juga ingin adanya pembaharuan batas pensiun dan kesehatan yang belum dibuah sejak beberapa dekade lalu.
 

Belum Ada Tanggal Baru

 

Setelah kabar penundaan merebak, belum ada pengumuman lebih mendetail mengenai jadwal pengganti Primetime Emmy Awards 2023 dan Creative Arts Emmy. Variety menyebut ada kemungkinan kepastian itu akan didapat pada Agustus depan.

Sebab, masih ada perdebatan mengenai tanggal baru yang dirasa pas. Masih ada yang menginginkan agar acara ini berlangsung tak jauh dari rencana awal, misalnya bergeser ke November. Akan tetapi, ada juga yang mendorong untuk ke Januari 2024.

Meskipun demikian, jika digelar awal tahun, ajang ini akan sangat berdekatan dengan acara penghargaan film, seperti Guild. Tentunya hal-hal teknis tersebut masih menjadi petimbangan.

Di sisi lain, masalah akar dalam penundaan ini juga tampak belum jelas. Serikat pekerja seni belum mencapai kesepakatan bersama dengan studio produksi. Tanpa ada kebijakan apa pun, penundaan bukan tidak mungkin terjadi lagi, apalagi jika tetap berjalan tahun ini.

Sebelumnya, penyelenggara Emmy Awards 2023 sudah mengumumkan daftar nominasi pada 12 Juli lalu. 
Namun, tak lama setelahnya, SAG-AFTRA melakukan pemogokan. Situasi pun menjadi yang tak terkendali.

Baca juga: Cek Daftar Lengkap Nominasi Emmy Awards ke-75, Serial Succesion & The Last of Us Mendominasi

Di sisi lain, penundaan ini pun akan menjadi catatan baru bagi ajang penyelenggaraan bergengsi tahunan tersebut. Terakhir kali, pengumuman mengenai penundaan Emmy Awards terjadi pada 2001.

Saat itu, Emmy Awards terpaksa ditunda imbas seragan teroris 9/11. Namun, tahun ini, penundaan terjadi berbeda. Bukan dari pihak luar, melainkan karena faktor dari dalam industri ini sendiri.

SEBELUMNYA

Tren Skincare: Pencerahan Kulit Disukai Pasar Indonesia, Pasar Eropa Pilih Anti Penuaan

BERIKUTNYA

Daftar Pemeran Film Ketika Berhenti di Sini, Dari Prilly Latuconsina Hingga Cut Mini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: