Lakukan beberapa tips praktis berikut ini untuk rambut yang sehat dan kuat (Sumber: Freepik/Lifestylememory)

Jurus Jitu Perawat Rambut untuk Tampil Lebih Menarik

28 July 2023   |   15:30 WIB
Image
Ni Made Tasyarani Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Perawatan rambut adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan dan keindahan si mahkota kepala. Selain itu, memiliki rambut yang sehat dan kuat akan membuat penampilan lebih menarik sehingga dapat membantu kalian makin percaya diri. 

Oleh karena itu, melakukan perawatan rambut yang baik dan rutin menjadi hal yang perlu untuk dilakukan. Terlepas dari berbagai aktivitas yang harus dijalani setiap harinya, jangan sampai lupa untuk merawat rambut, ya! Berikut adalah beberapa cara praktis perawatan rambut yang bisa kamu lakukan. 

Baca juga: 5 Manfaat Jus Bawang Merah untuk Rambut Sehat & Berkilau, Begini Cara Penerapannya


Cara Mencegah Rambut Kering 


1. Membilas rambut dengan air dingin

Bilaslah rambutmu dengan menggunakan air dingin setelah keramas. Dengan begitu, tingkat kelembapan rambut akan terjaga sehingga tidak membuat rambut cepat kering. 

2. Melindungi rambut dari sinar matahari langsung

Gunakanlah topi atau payung ketika pergi ke luar saat cuaca sedang terik. Sinar matahari yang langsung mengenai rambut dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan rambut rapuh dan kering. 

3. Keramas sesuai dengan jenis rambut 

Ketahui jenis rambutmu dan jadwalkan waktu keramas yang tepat dan sesuai. Selain itu, hindari untuk melakukan keramas setiap hari atau terlalu sering karena dapat menghilangkan minyak alami di dalam rambut. Biasanya, frekuensi keramas untuk rambut yang tidak terlalu berminyak dilakukan dua atau tiga kali seminggu. 

4. Menjaga kelembapan rambut

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kelembapan rambut selain dari yang telah disebutkan di atas. Cara-cara tersebut meliputi, tidak mewarnai rambut terlalu sering, membatasi penggunaan hair dryer, catokan, atau pengeriting rambut bersuhu tinggi, dan menggunakan topi ketika cuaca berangin serta penutup rambut saat melakukan aktivitas berenang. 
 

Cara Mencegah Rambut Rontok


1. Tidak mengikat rambut terlalu kencang

Mengikat rambut dengan terlalu kencang akan membuat rambut patah dan rontok. Hal itu disebabkan oleh bekas lekukan yang terlalu dalam sehingga melukai batang rambut. Selain itu, hindari tarikan yang terlalu erat karena dapat mengakibatkan peregangan saraf dan memengaruhi folikel. Ketika mengikat rambut, sebaiknya hindari penggunaan karet gelang maupun jenis karet yang kurang elastis. 

2. Memastikan asupan protein terpenuhi

Asupan protein yang kurang di dalam tubuh akan membuat rambut menjadi lemah, rapuh, dan rontok. Sebaiknya, konsumsi makanan yang mengandung protein setidaknya 45 gram setiap harinya untuk menjaga kesehatan rambut. Sumber protein bisa didapatkan dari kacang polong, ikan, susu rendah lemak, telur, hingga daging tanpa lemak. 

3. Minum air putih yang cukup

Cukupi kebutuhan minum air putihmu agar rambut tetap sehat dan kuat. Jika tidak, maka dapat menimbulkan pertumbuhan rambut yang terhambat. Minum air putih yang cukup juga dapat mencegah kerontokan karena tubuh akan lebih mudah untuk menyebarkan nutrisi hingga ke folikel rambut. 
 

Cara Memperbaiki Rambut Rusak


1. Memotong ujung rambut secara rutin

Hal ini penting untuk dilakukan, terutama jika kamu memiliki rambut panjang. Ujung rambut merupakan bagian paling rentan bercabang serta mengalami kerusakan, sehingga harus dipotong secara rutin agar rambut yang rusak tersebut tidak tumbuh.

2. Memakai masker rambut

Perawatan rambut yang cukup efektif adalah dengan menggunakan masker rambut. Adapun berbagai manfaat yang bisa didapatkan, termasuk melembutkan dan melembapkan kulit kepala. 

3. Memiliki asupan vitamin yang cukup

Tiga jenis vitamin yang diperlukan dalam perawatan rambut adalah vitamin A, B12, dan B16. Ketiga jenis vitamin itu dapat mempertahankan kadar melanosit dalam tubuh yang berfungsi untuk menjaga serta mengembalikan warna rambut alami. 

Baca juga: 6 Cara yang Terbukti Secara Ilmiah untuk Menumbuhkan Rambut

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Line Up Lengkap Lintas Melawai 2023, Jadwal Acara, & Peta Lokasi

BERIKUTNYA

Spesifikasi, Fitur & Harga Resmi Galaxy Tab S9 Series di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: