Bawang merah untuk perawatan rambut. (Sumber gambar: Unsplash/ Webvilla)

5 Manfaat Jus Bawang Merah untuk Rambut Sehat & Berkilau, Begini Cara Penerapannya

17 July 2023   |   19:22 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Tidak hanya orang-orang berusia 50-an, tapi generasi milenial saat ini juga rentan mengalami kebotakan rambut. Laporan dari Healthline, sebuah studi dilakukan melalui survei terhadap 4.000 mahasiswa berusia 20-an di Universitas Tsinghua di Beijing pada bulan Oktober 2018 menunjukkan hal tersebut. 

Hasilnya memperlihatkan bahwa hampir 60 persen dari responden mengalami kerontokan rambut dalam tingkat tertentu, seiring dengan faktor perubahan sosial, neurologis hingga diet ketat yang mereka lakukan. Jika Genhype mulai was-was melihat cermin, maka kalian perlu menggunakan jus bawang merah. Jangan salah, selain untuk memasak, bawang merah memiliki banyak manfaat bagi rambut hingga jantung. 

Penggunaan bawang untuk perawatan rambut telah ada sejak zaman kuno dan memiliki sejarah yang panjang. Bawang merah telah digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai budaya di seluruh dunia. Misalnya, dalam pengobatan Ayurveda, sistem pengobatan tradisional India, bawang telah digunakan untuk mengobati berbagai masalah rambut, termasuk kerontokan rambut dan ketombe.

Baca juga: Enggak Banyak yang Tahu, Ternyata Bawang Putih Mentah Punya Manfaat Menangkal Jerawat

Adapun, penggunaan bawang untuk perawatan rambut dapat ditelusuri kembali ke zaman Mesir Kuno. Orang Mesir Kuno percaya bahwa jus bawang memiliki sifat penyembuhan dan menggunakannya untuk mengatasi berbagai masalah rambut, termasuk merangsang pertumbuhan rambut.

Dalam literatur medis China kuno juga disebutkan bawang disebutkan sebagai bahan yang bermanfaat untuk mengatasi kerontokan rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala.

Dalam penelitian modern dari The Journal of Dermatology (2002) menunjukkan kelompok yang menggunakan jus bawang mengalami pertumbuhan rambut lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang keramas dengan air biasa. Pria juga ternyata merasakan manfaat yang lebih besar daripada perempuan.

Berikut adalah beberapa manfaat utama jus bawang merah bagi rambut:


1. Mencegah Kerontokan Rambut

Jus bawang merah sangat efektif untuk mencegah kerontokan rambut karena mengandung belerang, yang merupakan komponen utama yang membuat rambut kalian lebih kuat. Belerang juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen yang membantu menghasilkan lebih banyak folikel rambut dan membersihkan kulit. Jus bawang merah juga dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala yang meningkatkan pertumbuhan rambut.
 

2. Mencegah Uban pada Rambut

Jus bawang merah mengandung senyawa antioksidan yang disebut katalase yang membantu mengurangi kadar hidrogen peroksida di akar rambut. Hidrogen peroksida dapat menyebabkan uban pada rambut, jadi dengan mengurangi kadar hidrogen peroksida tersebut, kalian dapat mencegah uban pada rambut.
 

3. Menutrisi dan Melembapkan Rambut Kering

Karena kandungan mikronutrien yang beragam dalam jus bawang merah, jus bawang merah memberi nutrisi pada rambut kering dan rapuh. Jus ini mengandung flavonoid, antioksidan, dan sifat antiinflamasi yang meningkatkan suplai darah ke akar rambut.
 

4. Menghilangkan Ketombe

Ketombe adalah masalah yang paling umum dan mengganggu. Ketombe dapat disebabkan oleh infeksi jamur yang terkadang berhubungan dengan infeksi bakteri, dan dapat membuat kulit kepala kering dan gatal. Jus bawang merah memiliki sifat antijamur dan antimikroba yang dapat membantu menghilangkan ketombe.

5. Mengatasi Kulit Kepala Kering dan Gatal

Sifat antiinflamasi jus bawang merah dapat menenangkan kulit kepala yang kering dan gatal. Jus bawang merah juga meningkatkan suplai darah ke kulit kepala yang membantu melembapkan kulit kepala. 

Halaman selanjutnya: Cara Menggunakan Bawang untuk Pertumbuhan Rambut
1
2


SEBELUMNYA

Siswa Harus Tahu, Ini 4 Cara Membuat Hiasan Name Tag MPLS SMA

BERIKUTNYA

Petenis Novak Djokovic Isyaratkan Pensiun Usai Final Wimbledon 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: