Hidup minimalis menekankan pada prinsip 'less is more' atau kesederhanaan. (Sumber: Freepik/Freepik)

5 Cara Praktis Menerapkan Gaya Hidup Minimalis

27 July 2023   |   21:00 WIB
Image
Ni Made Tasyarani Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Genhype, konsep gaya hidup minimalis menjadi kian populer di kalangan anak muda masa kini. Dengan prinsip ‘less is more’, anak-anak muda memilih hidup dengan fokus pada barang-barang yang mereka perlukan saja. Dengan begitu mereka meyakini, mereka dapat terhindar dari kekacauan yang diakibatkan oleh hal-hal yang berlebihan. 

Joshua Fields Millburn dan Ryan Nicodemus, dua orang yang mempromosikan gaya hidup minimalis melalui berbagai karya, menyatakan bahwa gaya hidup minimalis menjadi suatu alat untuk mencapai kebebasan. Pada intinya, hidup secara minimalis akan membantu kita untuk fokus pada yang benar-benar penting.

Akan tetapi, keduanya sama-sama menekankan bahwa cara menerapkan gaya hidup minimalis akan berbeda-beda untuk setiap orang. Bagi yang ingin mulai menerapkan gaya hidup minimalis, berikut adalah beberapa cara praktis yang Genhype bisa ikuti.
 

1. Berbelanja dengan Mengutamakan Kualitas

Menerapkan gaya hidup minimalis bukan berarti bahwa kamu tak boleh membeli apapun yang baru. Namun, pastikan kamu berbelanja dengan lebih bijak dan ketika membutuhkan sesuatu. Selain itu, mulailah untuk berbelanja dengan mengutamakan kualitas. Ketika kamu membutuhkan sepasang sepatu misalnya, pertimbangkan seberapa awet produk yang kamu beli.

Meskipun produk yang berkualitas tinggi biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal, tetapi sebenarnya itu akan membantumu berhemat. Mengutamakan kualitas akan menghindarkanmu dari pembelian berulang-ulang dan bahkan mengurangi sampah yang ditimbulkan. 
 

2. Mulai Mengeliminasi Hal yang Tidak Penting

Eliminasi barang-barang yang tak lagi kamu butuhkan. Hal ini sering disebut dengan istilah decluttering, di mana kamu harus mengidentifikasi barang mana yang masih memberikan fungsi tertentu dalam hidupmu. Ketika kamu mengidentifikasi adanya barang yang tidak lagi berfungsi, maka segera singkirkan. 

Baca juga: 5 Ide Desain Tangga Industrial Kekinian, Cocok untuk Rumah Minimalis
 

3. Gunakan Barang-Barang yang Bisa Digunakan Kembali

Ketika sedang melakukan decluttering, pertimbangkan untuk menyimpan barang-barang yang sekiranya masih bisa digunakan. Misalnya, kamu bisa memanfaatkan cangkir atau gelas reusable yang kamu miliki sebagai kemasan ketika membeli minuman di kafe. Tak jarang, beberapa cafe akan memberikan diskon jika kamu membawa kemasan dari rumah. Tentunya, kamu akan diuntungkan dan begitupun lingkungan ini dengan berkurangnya penggunaan kemasan sekali pakai!
 

4. Berinvestasi pada Pengalaman

Prioritaskan pengalaman daripada harus membeli berbagai item. Artinya, hargai kenangan yang kamu miliki setiap harinya, tanpa harus membeli banyak barang. Misalnya, kamu bisa menghemat uang yang biasanya digunakan untuk membeli hal tertentu dan menggantinya dengan jalan-jalan bersama orang terkasih. 
 

5. Hargai yang Sudah Jadi Milikmu

Bersyukur atas apa yang sudah kamu punya adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat sisi positif dari hidup. Selain itu, bisa menghargai dan mensyukuri apa yang sudah jadi milikmu akan membantu dalam berhemat dan tidak membeli hal-hal yang tak kamu butuhkan.

Beberapa cara di atas adalah permulaan menuju hidup minimalis. Menjalani gaya hidup minimalis mungkin akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk akhirnya bisa terbiasa. Namun, seperti kata Joshua Fields Millburn dan Ryan Nicodemus, kamu bisa menggunakannya untuk mendapatkan kebebasanmu.

Baca juga: 4 Ide Desain Kamar Tidur Cowok Minimalis dan Cozy


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto 

SEBELUMNYA

XYZ Festival Umumkan LANY, Rain, The Japanese House, & J-Rocks Dalam Line up Pertama

BERIKUTNYA

Begini Dampak Sering Mengonsumsi Minuman Soda bagi Kesehatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: