Ilustrasi minuman bersoda (Sumber gambar: Sorin Popa/Unsplash)

Begini Dampak Sering Mengonsumsi Minuman Soda bagi Kesehatan

27 July 2023   |   17:53 WIB
Image
Eben Ezer Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Minuman bersoda merupakan salah satu jenis minuman yang digandrungi oleh semua kalangan. Bahkan, banyak produk minuman bersoda baru yang tersebar dan ramai digemari. Apakah ada dampak tertentu bila mengonsumsi minuman bersoda?
 
Dilansir dari Halodoc, sebenarnya tidak ada batasan berapa banyak boleh mengonsumsi minuman bersoda sehingga tidak ada batasan wajar konsumsi minuman bersoda. Minum minuman bersoda secara berlebihan dibandingkan dengan minuman jenis lainnya dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

Baca juga: Minuman Bersoda saat Berolahraga, Amankah?

Beberapa dampak mungkin terjadi akibat mengonsumsi berlebihan minuman bersoda antara lain:

1Penurunan kesehatan gigi dan tulang
Minuman bersoda mengandung zar fosforat yang bisa mengganggu keseimbangan kalsium dalam tubuh. Minuman ini mengandung asam dan gula yang jika kadarnya berlebihan dapat merusak struktur gigi dan menyebabkan kerusakan gigi, seperti penyakit kerusakan gigi yang salah satunya adalah karies. Jika tubuh kekurangan kalsium, ini dapat berdampak negatif pada kesehatan tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis pada tulang.

2. Risiko obesitas
Minuman bersoda mengandung banyak kalori. Dilansir dari website kalkulator kalori fatsecret, kalori dalam ukuran satu kaleng minuman bersoda adalah sebesar 150 kalori. Jumlah kalori yang berlebihan dalam tubuh dapat meningkatkan risiko kegemukan dan obesitas yang dalam hal ini adalah minuman bersoda yang dikonsumsi secara berlebih. Obesitas mempunyai hubungan dengan berbagai masalah kesehatan seperti diabetes tipe 1 dan 2, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi (hipertensi)

3. Gangguan pada pencernaan
Minuman bersoda bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti perut kembung dan rasa sakit pada perut. Hal ini disebabkan karena minuman bersoda yang mengandung gas.

Baca juga: Simak 5 Manfaat Buat Kesehatan Tanpa Minuman Bersoda

4. Penyakit jantung
Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara konsumsi minuman bersoda mengakibatkan peningkatan risiko penyakit jantung hal ini disebabkan kandungan gula yang tinggi sehingga menyebabkan peningkatan kadar Kolesterol LDL (kolesterol jahat) pada tubuh.

5. Masalah pada ginjal
Seperti dikutip dari Alodokter, minuman bersoda dapat menimbulkan risiko masalah pada ginjal jika dikonsumsi lebih dari 2 botol dalam sehari. Dampak yang terjadi antara lain meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal yang disebabkan oleh kandungan fosforat, lalu ada proteinuria yaitu eksreksi protein yang berdampak pada urine.

6. Risiko diabetes 
Minuman bersoda otomatis juga mengandung gula yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes serta mengakibatkan resistensi insulin 

Konsumsi minuman bersoda dalam jumlah normal jarang menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Namun, konsumsi secara berlebihan dalam jangka panjang dapat berakibat negatif bagi kesehatan. Sebagai alternatifnya, akan, lebih baik jika menjaga keseimbangan mengonsumsi minuman tersebut dengan  minuman sehat seperti air putih, teh, atau minuman herbal jus buah segar, agar dapat memenuhi gizi.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto 

SEBELUMNYA

5 Cara Praktis Menerapkan Gaya Hidup Minimalis

BERIKUTNYA

Menjajal Galaxy Z Flip 5, Flagship Lipat Terbaru Punya Samsung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: