M4 (Sumber gambar: Instagram.com/mlbbesports_official)

Kuala Lumpur Ditunjuk Jadi Tuan Rumah M5 Wild Card Mobile Legends

26 July 2023   |   14:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Moonton melalui Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) Esports secara resmi menunjuk Malaysia sebagai tuan rumah M5 Wild Card. Kabar ini disampaikan langsung melalui unggahan resmi di media sosial MLBB Esports Official pada Rabu (26/7/2023). Kuala Lumpur sebagai ibukota Malaysia akan menjadi wadah berkumpulnya tim-tim kuda hitam dari berbagai wilayah.

Mengutip unggahan tersebut, M5 Wild Card dijadwalkan berlangsung pada November 2023 mendatang. Pihak penyelenggara juga mengumumkan akan ada format baru yang ditingkatkan dari seri M sebelumnya. M5 akan menampilkan tim esports besar dari delapan wilayah dan negara yang ikut berpartisipasi. Delapan wilayah ini akan ditetapkan untuk bertarung dalam dua slot turnamen seri M5 tahun ini.

Baca juga: Minus Saykots, EVOS Legends Umumkan Roster Lengkap untuk MPL ID Season 12

Babak wild card akan mengawali turnamen M5 tahun ini. Setelahnya, tim akan berkumpul untuk bersaing group stage.  Tahap terakhir menuju grand final akan ditentukan dalam babak knockout. Sementara babak wild card berlangsung di Malaysia, Filipina akan menjadi tuan rumah utama gelaran lanjutan M5 hingga mencapai puncak turnamen sepanjang Desember 2023.

Adapun babak wild card merupakan fase terbaru yang disematkan Moonton untuk menambah skena pertarungan yang lebih kompetitif antar partisipan. Cara kerja babak wild card adalah mempersaingkan sebanyak delapan tim di luar udangan grup, di mana hanya dua tim teratas saja yang akan melaju ke fase Group Stage. Di fase Group Stage, tim akan berkumpul dengan 14 tim lainnya, sehingga akan ada 16 tim yang bersaing di Filipina. Tim yang lolos akan melanjutkan fase Knockout dengan sistem eliminasi ganda.

Moonton turut menambahkan total hadiah sebanyak US$100.000 dari seri M4. Pada M4 lalu, total hadiah yang diperebutkan ialah US$800.000, sementara untuk tahun ini Moonton akan menggelontorkan hadiah sebanyak US$900.000 atau setara Rp13,5 miliar.

M5 juga digadang akan semakin semarak dengan penambahan peserta dari regional yang sebelumnya belum ikut seri M. Misalnya, kehadiran regional Asia Selatan dan Mongolia serta dua daerah baru yang belum diumumkan Moonton juga akan ditambahkan ke kejuaraan.

Regional Eropa Timur dan Asia Tengah yang sebelumnya hadir dengan nama CIS kembali bergabung di M5 dengan nama EECA setelah terakhir ikut berkompetisi di kejuaraan M3. Tahun lalu, tim EECA ini tidak ikut dalam kualifikasi kejuaraan dunia M4. Brasil yang mulanya memiliki region atas namanya sendiri kini berabung dengan Liga Latam yang menampilan tiga tim teratas MLBB Amerika Latin.

Sementara tuan rumah telah diumumkan, tim esports di berbagai region masih sibuk untuk mengejar poin di turnamen nasional lewat gelaran MPL di masing-masing negara partisipan. Untuk region Indonesia, Filipina, dan Amerika Latin, juara dan runner up dalam turnamen MPL dan Liga Latam secara otomatis akan melaju ke M5. Sementara untuk region lainnya, hanya juara pertama saja yang bisa terkualifikasi ke M5.

Baca juga: Daftar Lengkap Roster MPL ID S12, Alberttt Perkuat ONIC & Fluffy Bela EVOS Legends

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

ITZY Rilis Teaser Pertama MV Cake, Diprediksi jadi Lagu Hit di Musim Panas 2023

BERIKUTNYA

Eksklusif Profil Ivan Chen: Asa Gim Bertema Nusantara Merajai Pasar Asia Tenggara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: