Para pemain film The Shadow Strays (Sumber gambar: Netflix Indonesia)

Gandeng Bintang Muda, Timo Tjahjanto Garap Serial Netflix The Shadow Strays

21 July 2023   |   15:55 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah sukses menggarap film The Night Comes for Us (2018) dan The Big 4 (2022), sutradara Timo Tjahjanto kini bersiap membuat film ketiganya bersama Netflix. Platform streaming asal Amerika itu mengumumkan proyek original Indonesia terbarunya bersama Timo berjudul The Shadow Strays. 

Dalam akun Instagram pribadinya, Timo menuliskan bahwa The Shadow Strays merupakan film yang mengusung tema crime-saga. Dalam bahasa Inggris, crime berarti kejahatan. Sedangkan merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah saga didefinisikan sebagai cerita rakyat berdasarkan peristiwa sejarah yang telah bercampur dengan fantasi rakyat.

Saga juga bisa diartikan sebagai prosa kisah lama yang bersifat legendaris tentang kepahlawanan keluarga yang terkenal atau petualangan yang mengagumkan. Dengan begitu, crime-saga dapat disimpulkan merupakan sebuah tema dalam film yang mengangkat kisah-kisah kejahatan sekaligus kepahlawanan yang berdasarkan peristiwa sejarah. 

Baca juga: Jadi Kisah Penutup Semesta NKCTHI, Film Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti Segera Tayang di Netflix
 

Sementara itu, jika diterjemahkan dari bahasa Inggris, judul The Shadow Strays berarti bayangan yang tersesat. "Lahir dalam bayangan dan di kegelapan bayangan juga kita ditakdirkan mati," tulis Timo dalam akun Instagram @timobros.

Netflix juga mengumumkan jajaran pemain film tersebut, yang didominasi oleh nama-nama aktor dan aktris muda berbakat. Mereka adalah Aurora Ribero yang sebelumnya membintangi film Like & Share dan Ali & Ratu Ratu Queens, Hana Malasan yang sebelumnya berperan dalam film Ben & Jody, serta Aly Fikri yang sebelumnya bermain dalam film Nussa dan Satria Dewa: Gatotkaca.

Ada juga Adipati Dolken, Kristo Immanuel, Andri Mashadi, Taskya Namya, Agra Piliang, Daniel Eka, dan Tantan Ginting. Selain itu, film ini juga menggandeng beberapa nama aktor senior seperti Arswendy Bening Swara, Hiroaki Kato, Nobuyuki Suzuki, termasuk aktor asal Malaysia Chew Kin Wah.

Adapun, film ini digarap oleh rumah produksi Frontier Pictures serta diproduseri oleh Wicky V. Olindo dan Anne P. Ralie. "Saya bersemangat untuk bekerja sama dengan nama-nama berbakat tersebut dalam proyek yang seru ini," kata Timo.
 


Kolaborasi Timo x Netflix

The Shadow Strays sendiri merupakan proyek ketiga Timo bersama Netflix. Sebelumnya, dia juga menggarap film The Night Comes for Us dan The Big 4

The Night Comes for Us berkisah tentang seorang preman bernama Ito (diperankan oleh Joe Taslim). Dia kembali ke sebuah geng kriminal bernama Six Seas yang berbasis di Jakarta setelah bekerja dengan sebuah organisasi kriminal beretnis Tionghoa (Triad) di Asia Tenggara yang kejam.

Ito terperangkap dalam sebuah intrik pengkhianatan dan kekacauan saat Triad tersebut memulai sebuah kampanye berdarah untuk ekspansi teritorial mereka. Selain dibintangi oleh Joe Taslim, film tersebut juga diperankan oleh Yayan Ruhian, Iko Uwais, Julie Estelle, Arifin Putra, Dian Sastrowardoyo, Abimana Aryasatya, dan Zack Lee.

Menjadi film aksi pertama garapan Timo, film The Night Comes for Us meraih penghargaan Special Mention: Film Indonesia Berkibar di Platform Digital Internasional di ajang Piala Maya 2019, dan masuk nominasi kategori Best Stunts di ajang Austin Film Critics Association 2018.

Masih mengusung film laga, tapi Timo mulai bereksplorasi dengan unsur komedi dalam film original Netflix kedua garapannya, tak lain adalah The Big 4. Film ini berkisah tentang seorang detektif yang tengah menyelidiki kematian ayahnya dan mengikuti jejak sang ayah hingga ke sebuah pulau tropis.

Di sana, dia menemukan jati diri sang ayah sesungguhnya sebagai pemimpin kelompok pembunuh bayaran. Kini, dia justru dikejar musuh ayahnya, sehingga terpaksa bekerja sama dengan murid ayahnya terdahulu yaki empat mantan pembunuh bayaran yang siap kembali membasmi musuh.

Film The Big 4 dibintangi oleh Abimana Aryasatya, Putri Marino, Arie Kriting, Lutesha, Kristo Immanuel, Budi Ros, Marthino Lio, Donny Damara, Marsha Timothy, Michael Kho, Andri Mashadi, Rita Matumona, dan Fajar Nugra. Film ini pun masuk ke dalam daftar Netflix Global Top 10 Non-English Films pada minggu pertama penayangannya. 

Baca juga: Daftar Tayangan Seru Keluarga Bulan Juli di Netflix, Intip Petualangan Sonic Hingga Park Seo-joon

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Cek Jadwal Lengkap Babak Kualifikasi Piala Dunia Wanita FIFA 2023

BERIKUTNYA

Cermati Strategi Marketing Ini Sebelum Memulai Bisnis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: