Cuplikan film Kutukan Peti Mati (Sumber gambar: Adroit Indonesia)

Sinopsis Film Kutukan Peti Mati, Kisah Misteri Buku Kuno di Pulau Onrust

20 July 2023   |   19:13 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Satu lagi film horor yang mulai tayang hari ini berjudul Kutukan Peti Mati. Film arahan sutradara Irham Acho Bahtiar ini merupakan adaptasi dari novel Sarcophagus Onrust karya Astryd Diana Savitri yang diterbitkan Balai Pustaka pada 2018. Sebelum dirilis di Indonesia, film ini sudah pernah tayang di Malaysia di saluran televisi Astro First dengan judul Onrust.

Kisah dari film ini bercerita tentang tokoh bernama Bramanto Putra (diperankan oleh Aliff Alli), seorang mahasiswa arkeolog, yang menemukan sebuah buku catatan kuno di Pulau Onrust yang telah terkubur selama 300 tahun.

Pulau Onrust sendiri merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang semula memiliki luas 12 hektare, namun akibat letusan Gunung Krakatau pada 1883, luas pulau itu saat ini hanya tinggal 3,5 kilometer persegi

Dalam proses penelitiannya itu, Bramanto meminta bantuan Susan Sriwati (diperankan oleh Yoriko Angeline) untuk meriset lebih jauh mengenai buku tersebut, termasuk dengan dua profesor yakni Tarina (diperankan oleh Dewi Rezer) dan Daniel (diperankan oleh Donny Damara).

Namun, penelitian mereka justru berakibat fatal, karena membuat arwah-arwah penasaran di Pulau Onrust bangkit dan mengganggu keduanya. Bramanto pun berusaha untuk menyelamatkan Susan dari roh-roh tersebut.
 

Trailer film Kutukan Peti Mati menampilkan karakter Susan yang dimasuki oleh roh-roh jahat karena buku catatan kuno yang ditemukan kembali dan membangunkan mantra-mantra serta ritual buruk dari arwah-arwah penasaran. Buku catatan kuno tersebut rupanya masih memiliki kaitan dengan cerita pada masa penjajahan Belanda di Indonesia pada masa silam.

Tulisan-tulisan yang ada dalam buku catatan tersebut merupakan kisah kesaksian pada budak yang menjadi kekejaman pihak penjajah Belanda pada abad ke-16 yang menjadi korban kerja paksa, tahanan hingga pasien-pasien terkena wabah penyakit tikus di Pulau Onrust.

Buku catatan kuno tersebut tanpa disengaja ditemukan oleh Bramanto yang tengah melakukan penelitian di Pulau Onrust. Dengan alat detektor miliknya, arkeolog itu menemukan buku tua yang terkubur di pulau sepi itu tak jauh dari pemakaman Belanda. Dari situ, dia pun mengalami banyak kejadian aneh.

Seolah membuka rahasia dan misteri yang terkubur lama, cerita-cerita yang tersimpan dalam buku kuno itu pun menciptakan teror sendiri bagi siapapun yang memiliki kaitan dengan catatan itu. Film juga tampak menampilkan kisah-kisah dan sejarah zaman dahulu yang menjadi latar belakang cerita.
 


"Film ini diangkat dari buku terbitan Balai Pustaka yang memadukan sejarah asli Pulau Onrust dengan fiksi fantasi unik penulisnya," tulis sutradara Irham Acho Bahtiar dalam laman Instagram pribadinya.

Bicara tentang perannya, Aktris Yoriko Angeline mengatakan karakter Susan adalah seorang mahasiswi arkeologi yang selalu ingin tahu tentang apapun. Karena rasa keingintahuannya yang besar inilah, akhirnya cerita film bergerak dan membawa penonton kepada kisah-kisah horor penuh misteri.

"Karakter Susan ini adalah seorang yang pintar terus dia santai orangnya dan curious," katanya.

Baca juga: Tayang 27 Juli, Cek Dulu 7 Fakta Menarik di Balik Film Horor Mantra Surugana

Selain diperankan oleh Aliff Alli dan Yoriko Angeline, film Kutukan Peti Mati juga dibintangi oleh sederet aktor dan aktris lain seperti Donny Damara, Eryck Amaral, Christina Danilla, Egy Fedly, Ray Sahetapy, Dewi Rezer, Mathias Muchus, Erwin Cortez, dan Shirley Margaretha.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Inilah Alasan Mengapa Musik Sped Up Lebih Ramai Digunakan Dibanding Versi Aslinya

BERIKUTNYA

Film Barbie Mengundang Polemik Seputar Dampak pada Anak-Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: