Ilustrasi tablet (sumber gambar: Freepik)

Menengok Fitur-fitur Canggih Tablet yang Makin Menyerupai Laptop

08 June 2023   |   16:53 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, fitur-fitur tablet kini makin canggih dan kian menyerupai sebuah laptop. Fungsi tablet belakangan berkembang lebih luas. Jika dahulu tablet lebih sering digunakan untuk kebutuhan entertainment saja, kini telah berubah menjadi perangkat serbaguna dengan tetap mengedepankan kepraktisan.

Tablet kini menjadi perangkat andalan bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Fitur dan kepraktisannya mirip smartphone, tetapi perangkat ini lebih bisa diandalkan karena dapat melakukan berbagai kegiatan produktif layaknya sebuah laptop.

Salah satu inovasi menarik dihadirkan oleh Huawei MatePad 11 2023. Tak hanya menyerupai laptop dengan fungsi produktivitas yang lengkap, Huawei MatePad 11 2023 juga masih menghadirkan pengalaman hiburan yang lebih menyenangkan.

Training Director of Huawei Device Indonesia Edy Supartono mengatakan tablet baru dari Huawei ini menghadirkan layar berkualitas dengan FullView Display dan P3 color gamut untuk menampilkan lebih banyak warna dengan akurasi yang lebih baik. Kualitas layar sentuhnya menggunakan IPS 11 inci 2560 x 1600 (2.5K) dengan refresh rate 120Hz.

Spesifikasi tersebut sudah cukup untuk memberikan pengalaman nagivasi dan tontonan yang mulus dan dengan tingkat responsibilitas tinggi. Terlebih, layarnya juga sudah tersertifikasi Flicker Free dan Low Blue Light dari TUV Rheinland yang memastikan mata pengguna tetap nyaman saat menggunakan tablet.

Pengalaman layar yang mumpuni ini akan berpadu dengan kualitas audio yang imersif. Perpaduan empat speaker dan teknologi Huawei Histen 8.0 yang ditanam akan memberikan suara jernih dan berkualitas tinggi.

Selain itu, dalam Huawei MatePad 11 2023 juga memiliki empat mikrofon built-in yang dapat menangkap suara secara akurat.  Terdapat pula teknologi AI Noise Cancellation yang akan menyaring suara di sekitar secara otomatis sehingga nyaman digunakan saat berkomunikasi di dalam sebuah video meeting

Hadirnya PC Level WPS Office juga membuat tablet ini spesial dibanding lainnya. Sebab, PC Level WPS Office mampu melakukan pemrosesan dokumen yang kompleks seperti yang dilakukan oleh sebuah laptop.

 

Huawei Matepad 11 (Sumber foto: Hypeabis/Chelsea Venda)

Huawei Matepad 11 (Sumber foto: Hypeabis/Chelsea Venda)


“Salah satu fitur menariknya ialah laptop ini mampu membuka beberapa dokumen word secara bersamaan, hal yang sebelumnya tak bisa dilakukan oleh office versi tablet. Selain itu, fitur lainnya ialah sudah bisa custom margin di Word, memakai pivot table dan chart di Excel, dan menambahkan efek animasi yang kompleks di PowerPoint,” ucap Edy.

Soal dapur pacu, tablet ini sudah menggunakan chipset dari Qualcomm yakni Snapdragon 865 dengan  RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Tablet ini dibanderol dengan harga Rp6.999.000.

Sebagai pembanding, salah satu saingan berat dari tablet ini adalah Xiaomi Pad 5. Meski rilis lebih dahulu, tablet dari Xiaomi ini masih menawarkan spesifikasi unggulan yang menjadi kegemaran banyak orang.

Associate Marketing Director Xiaomi Indonesia Stephanie Sicilia mengatakan Xiaomi Pad 5 tak hanya menawarkan desain menarik dengan sentuhan premium di berbagai sisi, perangkat ini juga hadir dengan spesifikasi mumpuni.

Tablet ini mengusung layar besar dengan ukuran 11” WQHD+ 120Hz yang didukung kualitas audio berupa quad stereo speakers dengan dukungan Dolby Atmos® yang didesain khusus untuk memberikan pengalaman audio terbaik. Tak perlu khawatir dengan daya tahan baterai karena tablet ini memiliki kapasitas baterai hingga 8.720mAh

Soal dapur pacu, Xiaomi Pad 5 menggunakan prosesor Qualcomm® Snapdragon™ 860 yang begitu bertenaga serta kapasitas penyimpanan yang besar hingga 256GB.

“Sejak konsumen makin familiar dengan konsep WFA (working from anywhere), tablet menjadi salah satu solusi yang menghadirkan kemudahan produktivitas. Tablet ini hadir dengan sejumlah keunggulan yang menawarkan pengalaman audio dan visual yang menarik agar pengguna bisa produktif maupun berkreasi secara optimal,” kata Stephanie

Baca juga: Spesifikasi Oppo Pad Air, Tablet Ringan untuk Hiburan

Xiaomi sendiri mengaku masih optimistis dengan pasar Indonesia. Stephanie menyebut pengguna tablet di Indonesia masih bertumbuh sesuai seperti data dari We Are Social pada 2023. Pihaknya melihat tablet masih memiliki tempat spesial bagi para penggunanya yang tidak bisa digantikan oleh perangkat lain. Tablet ini dibanderol dengan harga Rp5.199.000.

Editor: MR Purboyo

SEBELUMNYA

The Flash Tayang Pekan Depan, Ini Proyeksi Box Officenya

BERIKUTNYA

ASEAN Para Games 2023: Hattrick, Indonesia Juara Umum di Kamboja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: