Busana karya Hian Tjen (Sumber gambar: Instagram.com/Hiantjen)

Profil & Karya-karya Hian Tjen, Desainer Kreatif di Balik Gaun Pernikahan Para Selebriti

19 July 2023   |   20:57 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Orang-orang di dunia mode dalam negeri tentu sudah tidak asing lagi dengan nama desainer busana mewah Hian Tjen. Pria asal Kalimantan Barat ini dikenal dengan talentanya menciptakan busana berlekuk dan detail yang rumit. Dialah nama yang ada di balik gaun-gaun pernikahan selebriti Tanah Air seperti Eva Celia hingga Maudy Ayunda. 

Meski terlihat detail dan rumit, Hian Tjen sukses membuat gaun terlihat sederhana dalam pandangan mata. Dia kerap membuat potongan-potongan gaun yang terlihat modern dalam balutan gaun putih bermanik-manik. Tak heran, busana hasil karyanya banyak dipesan untuk acara penting sekelas pernikahan.

Baca juga: Profil Sebastian Gunawan, Desainer Gaun Glamor dan Segudang Karyanya
 

Hian Tjen (Sumber gambar: Hiantjen.com)

Hian Tjen (Sumber gambar: Hiantjen.com)

Manis getir berkarier sebagai desainer telah dijalani Hian Tjen. Pria yang berasal dari sebuah daerah kecil di Kalimantan ini berangkat dengan modal nekat merantau ke Jakarta. Gaun membuatnya jatuh cinta hingga membulatkan keputusannya untuk terbang ke Jakarta setelah lulus dari bangku SMA. Semua itu dilakukan demi cita-citanya untuk belajar dan memperoleh ilmu di Ibu kota tentang seluk beluk dunia fesyen.

Hian Tjen kemudian melanjutkan pendidikannya di sebuah sekolah mode bernama ESMOD Jakarta. Pada 2003, putra Pemangkat ini lulus dan langsung terjun ke industri fashion.

Perlu waktu sekitar 5 baginya mendalami ilmu fesyen pasca-kelulusan hingga dia memutuskan membuat brand miliknya sendiri. Dalam busana besutannya, Hian Tjen memberi sentuhan makna sakral yang tersirat dan dikemas secara elegan. Berikut beberapa busana karya Hian Tjen yang dikenakan selebriti lokal pada momen spesialnya:
 

1. Gaun Manik Asimetris (Jessica Mila)


Hian Tjen membuktikan bahwa gaun pernikahan tak selalu harus formal dan serba putih. Kali ini, Jessica Mila mengenakan busana penuh manik dengan potongan asimetris untuk acara after-party pernikahannya. Busananya lebih light dengan warna-warna teduh dan tetap memperhatikan detail garis manik lewat teknik yang teliti dan spesifik. 

Sang perancang tidak membuat busana bertali. Namun, dia tetap memberi lapisan garis menyambut di pundak sebelah kanan agar penggunanya nyaman dan leluasa, mengingat acara after-party akan lebih banyak menciptakan interaksi antara pengantin dan para tamu dengan cara yang informal.


2. Gaun Off-shoulder (Sabrina Chairunnisa)


Wanita yang kini telah menjadi istri Deddy Corbuzier ini memilih tampilan klasik untuk hari pernikahannya. Mengambil ide gaun yang dreamy, busananya dibuat dengan potongan off shoulder mirip seperti gaun putri kerajaan. Hian Tjen memberi sentuhan tulle neckline berbentuk hati untuk membuat tampilan lebih elegan dan manis.

Pada bagian atasnya, terdapat sisi busana yang saling menyilang dengan rok lebar yang menjuntai. Sabrina pun memilih mengurai rambut hitamnya untuk membuat tampilan terasa semakin klasik. Sementara untuk aksesori, Sabrina melengkapi bagian leher dan telinganya dengan anting berornamen silver.
 

3. Gaun Halter (Eva Celia)


Eva Celia memilih gaun putih dengan kesan santai. Hian Tjen membuat gaun berkonstruksi khusus yang dirancang sesuai dengan kepribadian pemakainya. Busana ini memadukan beberapa potongan yang membuatnya terlihat unik.

Bagian talinya dibuat setipis spageti dengan jenis halter, sementara bagian tengahnya didesain menyerupai bustier dengan sedikit potongan layer yang manis di bagian pinggang. Bagian roknya dibuat dengan pola bodycon. Tak lupa, Eva menggunakan wedding veil dengan aksesori silver di bagian kepala.


4. Gaun Klasik Bertali Spaghetti (Maudy Ayunda)


Maudy Ayunda tampaknya berangkat dengan konsep klasik. Pada hari spesialnya, dia mengenakan busana karya Hian Tjen dengan warna serba putih. Secara umum, potongan gaun Maudy Ayunda mirip seperti gaun pernikahan pada umumnya. Dia memilih jenis tali spaghetti yang menambah kesan manis dan natural.

Spesialnya, bagian atas hingga rok lebar gaun yang dikenakan Maudy Ayunda dibuat dengan sangat spesifik. Untuk membuatnya semakin manis, Hian Tjen memberikan tulle tambahan di bagian lengan yang menempel ke dada. Tulle putih ini memberi sentuhan mewah dan elegan dalam balutan potongan gaun yang sederhana tersebut. 
 

5. Gaun Strapless Kuning (Putri Marino)


Hian Tjen bukan hanya bermain di ranah gaun pengantin. Dia juga membuat gaun-gaun occasional dengan potongan yang unik nan indah. Putri Marino menghadiri acara Festival Film Cannes dengan balutan gaun strapless berwarna kuning cerah. Potongannya memadukan korset terstruktur yang ditata sedemikian rupa.

Bagian pinggangnya juga dibuat berpola untuk memberi efek pahat. Saat berputar, bagian belakang gaun ini akan menampilkan sisi rok yang berbeda. Bagian roknya dibuat dengan pola asimetris pada celah di bagian kiri paha.

Baca juga: Simak Cerita Awal Mula Callista Aldenia, Desainer 16 Tahun yang Mendapatkan Orderan dari Billie Eilish

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Biar Enggak Pusing, Begini 4 Cara Mengatur Biaya Pendidikan Anak

BERIKUTNYA

Yuk Kenalan dengan Karakter-karakter dalam Serial The Continental: From the World of John Wick

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: