Mission: Impossible Dead Reckoning Part One. (Sumber gambar: Paramount Pictures)

Mission: Impossible 7 Berpacu di Box Office Jelang Rilis Oppenheimer dan Barbie

17 July 2023   |   17:44 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Mission: Impossible Dead Reckoning Part One tengah berpacu dengan waktu jelang penayangan Oppenheimer dan Barbie pekan depan. Bukan tanpa sebab, Skydance dan Paramount berpotensi gagal cuan jika film dengan biaya sekitar US$291 juta dolar itu tenggelam dari dua judul yang paling dinanti.

Dikutip dari Variety, biaya produksi untuk film termahal dari franchise Mission: Impossible itu membengkak karena proses syuting di tengah Covid-19 yang membuat produksi kadang harus berhenti dan berjalan selain protokol kesehatan yang harus dipenuhi.

Baca juga: Mission: Impossible - Dead Reckoning Part One Cetak Rekor Baru Pendapatan Box Office

Anggaran meningkat dengan setiap lockdown atau shutdown yang diberlakukan di lokasi syuting, karena para pemain dan kru tetap dibayar meski selama waktu henti. Set piece yang membutuhkan logistik yang mahal karena harus berpindah tempat dari satu kota ke kota lain.

Biaya yang tidak kecil itu membuat film Mission: Impossible Dead Reckoning Part One harus terus bergema di bioskop agar tidak mengalami kerugian. Bukan tanpa sebab, karya dari Sutradara Christopher McQuarrie itu akan menghadapi tantangan dari Oppenheimer karya Christopher Nolan dan Barbie dari Greta Gerwig pada 21 Juli 2023.

Film Oppenheimer dan Barbie diperkirakan akan menjadi karya yang menarik banyak minat para penonton dunia. Dikutip dari akun YouTube Warner Bros. Pictures, trailer Barbie berhasil tembus 42 juta kali ditonton. Sejumlah pemilik akun menuliskan menanti film tersebut keluar. Salah satu diantaranya beralasan lantaran sudah sangat akrab dengan Barbie sebagai mainan sejak anak-anak.

Tidak jauh berbeda dengan Barbie, trailer Oppenheimer yang diunggah oleh Universal Pictures di platform video streaming itu tercatat telah ditonton sebanyak 43 juta kali. Beberapa pengguna YouTube menanggapi positif trailer tersebut.

Mereka menulis di laman komentar bahwa Cillian Murphy yang memerankan sang fisikawan pantas jika masuk dalam nominasi sebagai Best Actor dalam ajang penghargaan Academy Award.

Berdasarkan data Box Office Mojo yang dikutip Hypeabis.id, film Mission: Impossible Dead Reckoning Part One yang rilis pada 12 Juli 2023 di pasar domestik Amerika Utara berhasil meraih pendapatan sebesar US$235 juta atau sekitar Rp3,51 triliun dengan nilai tukar US$1 sama dengan Rp14.945 di seluruh dunia.

Pendapatan itu membuat film yang dibintangi oleh Tom Cruise tersebut menempati posisi 13 dalam daftar karya dengan pemasukan kotor terbesar yang rilis pada tahun ini.

Mission: Impossible Dead Reckonging Part One berhasil menyalip film lainnya seperti Dungeons & Dragons: Honor Among Thieves; Scream VI; Evil Dead Rise; Shazam! Fury of the Gods; Pathaan; Insidious: The Red Door, dan sebagainya.
 

Mission: Impossible Dead Reckoning Part One. (Sumber gambar: Paramount Pictures)

Mission: Impossible Dead Reckoning Part One. (Sumber gambar: Paramount Pictures)


Dari total raihan yang diperoleh oleh film tersebut, tercatat bahwa pasar internasional memberikan kontribusi paling besar dengan US$155 juta atau sekitar 66 persen. Sementara itu, pasar domestik Amerika Utara menyumbang US$80 juta atau 34 persen.

Selain itu, film yang mendapatkan arahan dari Sutradara Christopher McQuarrie tersebut juga tercatat berhasil mengungguli sejumlah karya di pasar domestik Amerika Utara pada 14 – 16 Juli 2023.

Dengan pendapatan US$56,2 juta, maka Mission: Impossible Dead Reckoning Part One berhasil menggeser Sound of Freedom, Insidious: The Red Door, Indiana Jones and the Dial of Destiny, Elemental, dan sebagainya.

Dalam Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One, Ethan Hunt yang diperankan oleh Tom Cruise dan anggotanya yang tergabung dalam IMF mulai menjalankan misi yang paling berbahaya, yakni mencari senjata yang dapat mengancam seluruh umat manusia jika jatuh ke tangan yang salam.

Dengan kendali atas masa depan dan nasib dunia yang dipertaruhkan serta kekuatan gelap dari masa lalu Ethan yang menghampiri, maka perlombaan memperoleh senjata paling mematikan di seluruh dunia itu dimulai.

Sambil menghadapi musuh yang sangat kuat, Hunt juga harus melindungi anggotanya dari ancaman yang dapat berbahaya dan dapat membuat nyawa mereka melayang. 

Mission: Impossible Dead Reckoning Part One memiliki juga memiliki sejumlah fakta menarik yang perlu diketahui oleh para penonton film ini. Salah satu diantaranya adalah Tom Cruise tidak menggunakan pemeran pengganti dalam melakukan adegan berbahaya.

Di film ini, dia melakukan sendiri lompatan dari tebing yang sangat tinggi di Norwegia dengan mengendarai sepeda motor terlebih dahulu. Sebelum melakukan aksi itu, dia telah melakukan latihan dan percobaan dengan matang di tempat terpisah.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Kuliah Sambil Menekuni Profesi Fotografer dan Videografer, Jadi Pemasukan Tambahan

BERIKUTNYA

Gerak Gemulai Profesi Penari Kian Menarik Hati Generasi Muda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: