Indonesia memiliki sejumlah gunung yang tidak boleh dilewatkan oleh para pendaki (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Dysny Ngebontrip)

Enggak Bisa Sembarangan, Cek Syarat Naik Gunung Gede Pangrango

16 July 2023   |   00:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

4. Pendaki Muda Wajib Didampingi

Pengelola Taman Nasional Gunung Gede Pangrango juga menyaratkan pendaki dengan usia di bawah 5 tahun menjadi tanggung jawab orang tua atau wali dan tidak mendapatkan asuransi jiwa. Sementara itu, pendaki dengan usia di bawah 17 tahun wajib melampirkan surat izin orang tua atau wali.

Pendaki ini juga harus melampirkan fotokopi identitas orang tua atau wali yang masih berlaku saat dilampirkan sebagai syarat untuk mendaki.


5. Mengikutsertakan Pendaki Berpengalaman

Genhype yang ingin mendaki Gunung Gede Pangrango juga disarankan untuk mengajak pendaki yang telah berpengalaman atau menggunakan jasa pemanduan. Saran ini guna mengurangi risiko kecelakaan dalam menuju puncak.

Sementara itu, calon pendaki hanya dapat masuk kawasan pendakian antara pukul 06.00 WIB  sampai 18.00 WIB. Kemudian, pengambilan surat izin masuk kawasan konservasi (Simaksi) hanya dapat dilakukan di pintu masuk dan pada hari pendakian yang didaftarkan.


6. Pendaki Wajib Periksa Kesehatan

Setiap calon pendaki Gunung Gede Pangrango juga wajib melakukan pemeriksaan kesehatan pada hari  pendakian yang dibuktikan dengan Surat Keterangan sehat dari fasilitas layanan kesehatan resmi sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) pemeriksaan kesehatan pendakian di TNGGP.

Warga Negara Asing (WNA) wajib melakukan pendaftaran pendakian langsung di Kantor BBTNGGP, serta menggunakan jasa pemandu selama melakukan pendakian. Kemudian, calon pendaki Warga Negara Indonesia (WNI) wajib didampingi pemandu apabila memiliki kebutuhan khusus (Penyandang disabilitas) dan/atau berusia lanjut.

Editor: Dika Irawan
 
1
2


SEBELUMNYA

Daftar Game Xbox Series X/S Baru di Xbox Indie Showcase, Ada Hellboy dan Axiom Verge 2

BERIKUTNYA

Cantiknya Nepal van Java, Desa Wisata dengan Tumpukan Rumah Warna-warni di Lereng Gunung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: