Gunung Papandayan (Dok. Indonesia Kaya)

5 Gunung Ini Cocok untuk Pendaki Pemula

18 November 2021   |   10:30 WIB

Setelah lama ditutup karena pandemi Covid-19, saat ini sudah banyak kawasan pendakian yang dibuka, sebagian di antaranya Gunung Gede, Gunung Ciremai, dan Gunung Cikuray. Mendaki gunung makin digemari masyarakat, khususnya remaja atau pekerja yang ingin wisata alam atau keluar dari rutinitasnya. 

Meskipun begitu, mendaki sebuah gunung bukanlah hal yang mudah. Medan yang berat dan terkadang disertai dengan cuaca ekstrim menjadi tantangan yang harus dilewati saat mendaki gunung.

Oleh karena itu, bagi pendaki pemula disarankan untuk melakukan latihan terlebih dahulu dengan mendaki gunung-gunung yang pendek atau tidak terlalu tinggi. Nah, berikut ini Hypeabis.id telah merangkum 5 gunung yang bisa dijelajahi oleh pendaki pemula.

1. Gunung Papandayan
 

g

Gunung Papandayan (Dok. Indonesia Kaya)

Terletak di kawasan Garut, Jawa Barat, Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung favorit bagi para pendaki pemula karena medan pendakiannya yang landai. Dengan menempuh sekitar 4 sampai 5 jam waktu pendakian, kamu bisa menjelajahi beberapa kawah gunung seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati padang Edelweis yang luas di Tegal Alun atau bersantai di kawasan Hutan Mati.

2. Gunung Ijen
 

Kawah Ijen (Dok. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur)

Kawah Ijen (Dok. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur)

Gunung yang terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, ini terkenal berkat fenomena api biru dan kawah belerangnya yang memukau. Gunung ini cocok untuk para pendaki pemula karena memiliki ketinggian 2443 mdpl, dan memerlukan waktu sekitar 2,5-3 jam pendakian untuk sampai ke puncaknya dari pos pendakian Paltuding. Meskipun begitu, kamu harus tetap hati-hati karena Gunung Ijen memiliki jalur pendakian berpasir dan lumayan curam di beberapa titiknya.

3. Gunung Pulosari
 

Gunung Pulosari (Dok. Biro Pemkesra Banten)

Gunung Pulosari (Dok. Biro Pemkesra Banten)

Kamu ingin menikmati pemandangan alam yang indah tanpa perlu mendaki terlalu tinggi? Berarti kamu perlu mencoba mendaki Gunung Pulosari yang berada di daerah Pandeglang. Dengan ketinggian 1.346 mdpl, gunung satu ini memiliki jalur pendakian yang relatif pendek sehingga cocok untuk kamu yang baru ingin mencoba pengalaman mendaki gunung. Kamu hanya memerlukan waktu kurang lebih 1,5 jam untuk mencapai puncak. Meskipun begitu, kamu harus tetap hati-hati karena Gunung Pulosari memiliki medan yang cukup terjal.

4. Gunung Gede 
 

Gunung Gede (Dok. Pemkab Cianjur)

Gunung Gede (Dok. Pemkab Cianjur)

Gunung dengan jalur pendakian yang relatif pendek selanjutnya adalah Gunung Gede yang terletak di Jawa Barat. Kamu akan disuguhkan dengan trek pendakian yang mudah dan relatif ringan serta memudahkanmu menikmati pemandangan alam indah air terjun Cibeureum. Untuk mendaki gunung ini, kamu perlu mempersiapkan fisik dengan matang untuk menempuh jarak sekitar 6 jam perjalanan mendaki sampai ke puncak gunung.

5. Gunung Prau
 

Gunung Prau (Dok. Indonesia Kaya)

Gunung Prau (Dok. Indonesia Kaya)

Gunung yang terletak di Dieng, Jawa Timur, ini telah lama menjadi pilihan favorit para pendaki pemula sejak lama. Dengan ketinggian 2.565 mdpl, gunung satu ini memiliki puncak terluas di Indonesia yang bisa dijadikan tempat berkemah sembari menanti matahari terbit. Kamu perlu menempuh waktu sekitar 3 jam untuk mencapai puncak Gunung Prau yang bisa mulai didaki dari pos pendakian Desa Patak Banteng, Dieng.




Editor: Roni Yunianto
SEBELUMNYA

Qualcomm Komitmen Rilis Prosesor PC untuk Bersaing dengan Apple

BERIKUTNYA

Ini Daftar Lengkap Nominasi The Game Awards 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: