Gunung Prau. (Sumber foto: Unsplash/Falaq Lazuardi)

4 Gunung di Indonesia yang Direkomendasikan untuk Pendaki Pemula

06 June 2023   |   20:43 WIB

Kegiatan mendaki gunung menjadi begitu populer akhir-akhir ini tidak hanya di kalangan orang tua tetapi juga untuk anak-anak muda. Indonesia memiliki begitu banyak gunung dengan beragam trek yang menantang, sehingga membuat orang senang pergi mendaki memacu adrenalinnya.

Namun, bagaimana mendaki aman untuk pemula? Jika Genhype seorang pemula dan baru ingin memulai pendakian, maka kalian harus memulai dari jalur yang mudah. Lakukan persiapan yang benar, tanyakan pada pendaki profesional, cari informasi di situs web pendakian mungkin paling membantu kalian.

Baca juga: Daftar 7 Gunung Tertinggi di Indonesia, Ada Semeru & Carstensz Pyramid

Sebagai pendaki pemula yang baru akan mendaki atau tidak punya cukup waktu persiapan untuk trekking panjang, masih banyak pilihan pendakian yang tak kalah indah. Kalian hanya perlu tubuh fit untuk melakukan pendakian ringan paling lama dua jam dan bersiaplah dengan perlengkapan mendaki yang penting: ponco, headlamp kecil, kotak P3K dasar, makanan ringan, dan air.

Berikut ini empat destinasi pendakian yang ramah pemula di Indonesia:
 

1. Gunung Prau

Gunung Prau terletak di Dieng Plateau, Jawa Tengah, dengan ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut. Dikenal karena pemandangan matahari terbit yang menakjubkan, pendakian Gunung Prau menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pemula. Jalur pendakian yang relatif mudah diakses dan terawat baik membuat gunung ini cocok bagi mereka yang baru memulai petualangan mendaki. Untuk masuk ke kawasan Gunung Prau, kalian perlu membayar tiket yang cukup terjangkau sebesar Rp30.000 per orang. Jika kalian membawa kendaraan, tarif parkir motor dikenakan sebesar Rp10.000 per unit, sementara untuk mobil Rp20.000 per unit.


2. Gunung Pangrango

Gunung Pangrango terletak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat. Dengan ketinggian 2.889 meter di atas permukaan laut, gunung ini menawarkan pemandangan spektakuler dan lingkungan masih alami. Meski memiliki pendakian yang cukup menantang, Gunung Pangrango cukup aman bagi para pendaki pemula dengan kekuatan fisik yang mumpuni.  

Harga tiket masuk ke area pendakian Gunung Pangrango cukup bervariasi. Pendaki pelajar dikenakan tiket Rp17.500 (hari kerja) - Rp20.500 (hari libur), sementara pendaki dewasa dikenakan tiket Rp29.000 (hari kerja) - Rp34.000 (hari libur. Sementara pendaki asing dikenakan biaya Rp320.000 (hari kerja) - Rp470.000 (hari libur).


3. Gunung Kencana

Gunung Kencana terletak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Jawa Barat. Dengan ketinggian 1.684 meter di atas permukaan laut, Gunung Kencana cocok untuk pendaki pemula bahkan cukup aman untuk anak-anak. Jalur pendakian yang cukup mudah diakses dan pemandangan yang memukau membuat Gunung Kencana menjadi pilihan yang populer. Pendaki pemula dapat menikmati keindahan alam, hutan yang rimbun, dan kesegaran udarayang segar di gunung ini. 

Jika Genhype hanya berencana mengunjungi area kebun teh, tiket masuk dikenakan seharga Rp25.000. Namun, jika kalian ingin mendaki maka ada biaya Simaksi sebesar Rp20.000.


4. Gunung Papandayan

Terletak di Jawa Barat, Gunung Papandayan adalah gunung berapi yang menarik bagi para pendaki pemula. Dengan ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut, pendakian ini menawarkan pemandangan yang spektakuler, termasuk kawah aktif dan sumber air panas alami. Jalur pendakian yang cukup ramah pemula membuat Gunung Papandayan menjadi tujuan yang populer bagi mereka yang ingin mencoba mendaki gunung. 

Untuk masuk ke area pendakian, wisatawan lokal perlu menyiapkan biaya tiket masuk Rp20.000 (hari kerja) - Rp30.000 (hari libur). Sementara wisatawan asing dikenakan Rp200.000 (hari kerja) - Rp300.000 (hari libur). Jika kalian berencana untuk berkemah, biaya yang dikenakan sebesar Rp35.000.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Selangkah Menuju Treble, Manchester City Kunci Piala FA dan Bersiap di Liga Champions

BERIKUTNYA

7 Cara Mengenali Obat yang Sudah Kedaluwarsa Sesuai Jenisnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: