kehadiran rumput bisa menjadi pilihan menghijaukan taman (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Digital Buggu)

5 Jenis Rumput Untuk Menghiasi Taman Depan Rumah

12 July 2023   |   13:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Rumput menjadi perbincangan khalayak dalam beberapa waktu belakangan. Hal ini lantaran perkara rumput Jakarta International Stadium yang berada di Ibu Kota dianggap tidak sesuai dengan standar federasi sepak bola dunia atau FIFA. Pro dan kontra pun mengemuka terkait hal itu.

Rumput adalah salah satu elemen penting di dalam sebuah stadion lantaran dapat menentukan pergerakan bola ketika sebuah pertandingan berlangsung. Namun, tahukah Genhype kalau rumput juga kerap menjadi bagian penting dari sebuah rumah.

Baca juga: 4 Fakta Unik Tanean Lanjang, Rumah Adat Madura di Pulau Garam

Banyak orang menyematkan rumput di halamannya untuk memberikan tampilan hijau yang menyejukkan mata selain memberikan estetika tersendiri bagi hunian. Banyak orang menyematkan rumput di halaman depan rumah, baik asli maupun tidak atau sintetis.

Bagi Genhype yang ingin memasukkan unsur rumput selain tanaman dalam menghijaukan hunian, berikut jenis rumput yang dapat menjadi pertimbangan versi Hypeabis.id yang dirangkum dari berbagai sumber.


1. Rumput Gajah Mini

Rumput pertama yang dapat digunakan oleh Genhype untuk mendesain halaman rumah adalah Rumput Gajah Mini. Kerap disebut Dwarf Elephant Grass di luar negeri, tanaman ini mampu bertahan dan tumbuh pada saat musim kemarau dan di tanah yang kurang subur.

Rumput ini kerap menjadi pilihan bagi pemilik rumah dengan konsep minimalis atau kecil lantaran bentuknya yang kecil dan tidak memerlukan perawatan yang sulit. Tidak hanya itu, bentuknya sifat daun yang menyamping juga membuat pemilik rumah tidak perlu sering memotongnya.
 

2. Rumput Jepang

Rumput lainnya yang dapat ditanam di halaman rumah adalah rumput Jepang. Karakteristik rumput Jepang yang runcing, kurus, dan tipis membuatnya dapat tumbuh dengan rapat dan rapi, sehingga membuat taman terlihat cantik.

Tidak hanya itu, perawatan rumput yang tidak sulit juga dapat menjadi pilihan. Genhype yang menggunakan rumput Jepang tidak perlu sering memotongnya karena cenderung memiliki pertumbuhan yang lambat.

Meskipun begitu, kelemahan rumput ini adalah tidak dapat diduduki oleh kalian karena karakteristiknya akan membuat rumput menusuk ketika kita mencoba duduk di atasnya.


3. Rumput Swiss

 

Ilustrasi rumput swiss (Sumber foto: Unsplash/bp-miller)

Ilustrasi rumput swiss (Sumber foto: Unsplash/bp-miller)

Rumput lainnya yang bisa menjadi pilihan untuk taman di depan rumah agar terlihat hijau dan sejuk adalah rumput Swiss. Pemilik nama latin pennisetum purpureum schamach itu kerap disebut memiliki kemiripan dengan rumput Jepang.

Hanya saja, rumput ini lebih halus jika dibandingkan dengan rumput Jepang atau rumput lainnya. Kondisi ini kerap membuat harga yang dibanderol lebih mahal. Selain itu, individu yang menggunakannya untuk menghias taman perlu melakukan perawatan ekstra.


4. Rumput Golf

 

Rumput Golf (Sumber foto: unsplash/allan-nygren)

Rumput Golf (Sumber foto: unsplash/allan-nygren)

Rumput Golf menjadi rumput lainnya yang bisa dipilih oleh Genhype untuk ditanam di halaman rumah dan menjadikan hunian begitu asri dan hijau. Rumput golf memiliki keunggulan karena tekstur gelombang dan lembut.

Meskipun begitu, perawatan rumput ini tergolong tidak mudah dan memiliki harga yang mahal. Kerap digunakan dalam lapangan golf, rumput ini juga mempunyai helai kecil dan pendek. Genhype yang hendak menggunakan rumput dengan nama lain rumput babat itu harus rajin memangkasnya lantaran kerap tumbuh dengan cepat.

Selain itu, jangan lupa untuk memastikan rumput tersebut mendapatkan sinar matahari sebanyak 100 persen sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.


5. Rumput Manila

Rumput manila juga termasuk dalam rumput dengan kualitas yang tinggi dan memiliki elastisitas yang mumpuni. Kondisi tersebut membuatnya kuat dan tahan jika diinjak oleh manusia.

Meskipun kerap digunakan untuk lapangan sepak bola, rumput jenis ini juga dapat digunakan di halaman rumah Genhype. Hanya saja, pastikan kalian merawatnya dengan benar seperti memberikan pupuk, menyiram dengna air, dan memangkasnya secara teratur.

Baca juga: Perhatikan 3 Faktor Ini Agar Renovasi Rumah Sesuai Ekspektasi

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

5 Resep Makanan Teka-Teki MPLS, dari Dewi Sri Berjemur sampai Ikan Masuk Angin

BERIKUTNYA

Ternyata Ini Preferensi Karier & Style Kerja Idaman Gen Z di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: