iPhone adalah salah satu produk dari Apple (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Tomasz Kulesa)

Apple Rilis Update Rapid Security Responses, Ini Cara Menginstalnya

11 July 2023   |   13:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Update atau pembaruan merupakan salah satu langkah yang kerap dilakukan oleh para developer atau pengembang terhadap sebuah sistem yang dimilikinya. Salah satu pembaruan itu biasanya terkait dengan keamanan.

Terbaru, Apple mengeluarkan versi paling anyar rapid security responses untuk iOS dan iPadOS, yakni 16.5.1 dan macOS versi 13.4.1. Dikutip dari laman Apple, rapid security responses adalah perangkat lunak jenis baru untuk iPhone, iPad, dan Mac. Perangkat lunak itu memberikan peningkatan keamanan penting di antara pembaruan perangkat lunak dan juga mengurangi beberapa masalah keamanan dengan lebih cepat.

Baca juga: Apple Resmi Rilis iOS 17 Beta 3, Bawa Perbaikan Transkripsi Suara & Siri 

“Seperti masalah yang mungkin telah dilaporkan dan mengeksploitasi di luar sana,” demikian tertulis.

Perusahaan menuliskan bahwa memperbarui perangkat lunak adalah salah satu hal penting guna menjaga keamanan produk Apple. Saat ini, perusahaan telah mengeluarkan versi terbaru untuk iOS dan iPadOS, yakni 16.5.1. Sementara pembaruan terbaru macOS adalah versi 13.4.1.

Untuk memperbarui iPhone atau iPad, pengguna Apple dapat melakukannya secara nirkabel. Pengguna dapat menggunakan komputer untuk melakukan pembaruan secara manual jika update tidak muncul di perangkat. Berikut cara menginstalnya:
 
  1. Langkah pertama mencadangkan perangkat menggunakan iCloud atau komputer.
  2. Kemudian, sambungkan perangkat ke sumber listrik dan hubungkan ke internet dengan wi-fi.
  3. Langkah selanjutnya, buka Pengaturan dan pilih Umum.
  4. Lalu, ketuk Pembaruan Perangkat Lunak. Genhype dapat memilih salah satu pembaruan yang ingin diinstal jika tersedia lebih dari satu pilihan update software.
  5. Genhype dapat mengetuk perintah unduh pembaruan jika melihatnya. Saat akan mengunduh, kalian akan diminta untuk memasukkan kode sandi.
  6. Setelah itu, jangan lupa untuk menginstalnya.

Sementara itu, pengguna juga dapat menginstal rapid security responses secara otomatis dengan membuka Pengaturan. Kemudian, pilih Umum dan Pembaruan Perangkat Lunak. Setelah itu, ketuk Pembaruan Otomatis. Langkah terakhir, pastikan Respons Keamanan & File Sistem dinyalakan.

“Jika tidak ingin rapid security responses diinstal secara otomatis, Anda dapat menginstal rapid security responses seperti pembaruan perangkat lunak,” demikian tertulis.

Sementara itu, pemilik Mac dapat menggunakan pembaruan perangkat lunak guna menginstal update dan meningkatkan macOS dan aplikasi bawaannya, termasuk browser Safari.

Saat menggunakan Pembaruan Perangkat Lunak, ada baiknya untuk mencadangkan Mac sebelum menginstal software baru. Apple menuliskan pemilik Mac dapat membuka Pembaruan Perangkat Lunak untuk memeriksa ada atau tidak software baru.

“Anda dapat menemukannya di Pengaturan Sistem atau Preferensi Sistem, yang dapat dibuka dari menu Apple di sudut layar,” demikian tertulis. Pengguna dapat mengeklik tombol untuk menginstal jika Pembaruan Perangkat Lunak menemukan software baru. Kemudian, masukkan kata sandi administrator saat diminta.

Selama pemasangan, Mac mungkin menampilkan bar yang maju atau layar kosong beberapa kali. Jadi, jangan mengaktifkan mode tidur (Sleep mode) atau menutupnya. Genhype dapat memanfaatkan pencarian jika tidak menemukan item Pembaruan Perangkat Lunak di pengaturan sistem atau preferensi sistem.

Melalui pencarian itu, ketik Pembaruan Sistem. Kemudian, pilih Pembaruan Perangkat Lunak dari hasil pencarian. Kalian juga dapat menggunakan App Store jika item tersebut tidak dapat ditemukan di Mac.

Baca juga: Apple Vision Pro Caviar Tembus Rp600 Juta, Hanya Tersedia 24 Buah di Seluruh Dunia

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Pengamat Sebut Ada 3 Kelompok 'Tukang Kritik Film', Apa Maksudnya?

BERIKUTNYA

Dahua Kenalkan 2 Smart Android LED TV ke Indonesia, Cek Spesifikasi Lengkapnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: