Ilustrasi Nikola Tesla dihasilkan oleh AI (Sumber gambar: Pixabay/fszalai)

5 Fakta Unik Nikola Tesla, Fisikawan yang Memilih Hidup Selibat

10 July 2023   |   14:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Khazanah intelektual Barat memiliki segudang nama-nama penemu yang mendunia. Salah satunya Nikola Tesla. Ilmuwan ini merupakan orang penting dalam masa transisi pemanfaatan energi listrik menjadi lebih efisien serta berpengaruh terhadap sains dan teknologi.

Tesla lahir tepat hari ini, pada 1856 di Kroasia dari pasangan pendeta dan ibu rumah tangga. Tumbuh besar di lingkungan bengkel mekanik yang berada di rumahnya, dari sinilah kemudian sejarah mencetak salah satu sosok fisikawan terbaik di dunia.

Baca juga: Riwayat Al-Biruni, Ilmuwan Muslim dengan Segudang Ilmu 
 
 


Namun, selain dikenal sebagai fisikawan dan penemu, Nikola Tesla juga memiliki kisah unik yang jarang diketahui publik. Dirangkum dari berbagai sumber resmi berikut di antaranya.


1. Penemu Alternating Current

Tesla dikenal dunia berkat penemuan mekanisme alternating current (AC) dalam bidang kelistrikan dan prediksi dibidang nirkabel. Namanya kelak diabadikan sebagai Satuan Internasional (SI) dari intensitas magnet dan merek dagang perusahaan otomotif dunia. 

Tesla mulai tertarik dengan macam eksperimen ketika dia menempuh pendidikan teknik di Graz University, Austria. Di kampus tersebut dia ditunjukkan oleh profesornya bagaimana cara memanfaatkan energi listrik. Tesla pun terpesona dan tertarik untuk memecahkan fenomena kelistrikan.

Tak hanya itu, di Graz dia pertama kali juga melihat dinamo Gramme, yang beroperasi sebagai generator, dan ketika dibalik, maka akan menjadi motor listrik. Dia pun menyusun cara untuk menggunakan arus bolak-balik menjadi sebuah keuntungan dalam pergerakan mesin motor. 


2.  Bekerja dan Bersaing dengan Edison

Pada 1882, Tesla direkrut untuk bekerja di anak perusahaan milik Thomas Alfa Edison. Bakat jeniusnya lalu tercium oleh bos Tesla yang langsung merekomendasikannya bekerja langsung pada Edison. Singkat cerita, pada suatu ketika, Edison meminta Tesla untuk mendesain ulang generator DC agar lebih efisien.

Tak hanya itu, Edison juga menjanjikan US$50.000 kepada Tesla jika mampu melakukannya. Namun sepertinya itu hari naas bagi Edison, sebab, dengan kejeniusannya, Tesla berhasil meladeni tantangan bosnya meski uang yang dijanjikan tak pernah datang.

Karena kesal, dia akhirnya keluar dari perusahaan Edison setelah setengah tahun bekerja di sana dan memilih bekerja di Westinghouse. Dari sinilah masa persaingan antara Tesla dan Edison atau yang akrab dikenal dengan War of Currents dimulai hingga kembali dimenangkan oleh Tesla.


3. Memiliki Ingatan Fotografis 

Menurut beberapa catatan, Tesla memiliki apa yang dikenal sebagai memori fotografi. Pasalnya, dia mampu menghafal buku dan gambar secara tepat di kepalanya. Tak hanya itu dia juga memiliki imajinasi yang kuat dan kemampuan untuk memvisualisasikannya dalam bentuk tiga dimensi.

Mengutip laman pbs.org, Tesla juga memiliki kebiasaan kebersihan yang berlebihan. Hal ini dikarenakan dia lahir dan besar saat wilayahnya tinggal terjadi serangan kolera yang fatal dan hampir merenggut nyawanya. 

Tak hanya itu, karena memiliki imajinasi kuat yang kerap digunakan untuk mengendalikan mimpi buruk, Tesla juga dikenal sebagai pribadi yang mistis dan eksentrik dalam budaya populer. Dari sinilah dia lalu memiliki banyak teman dan sahabat dari berbagai latar belakang.


4. Membujang Seumur Hidup

Tesla menghabiskan masa hidupnya dengan membujang alias hidup selibat. Menurutnya, pernikahan malah hanya menghambatnya dalam melakukan penemuan. Oleh karena itu dia lebih senang menghabiskan waktu luangnya dengan memberi makan merpati di taman-taman dekat rumahnya.

"Saya tidak berpikir Anda bisa menyebutkan ada banyak penemuan hebat yang telah dibuat oleh pria yang sudah menikah," ungkap Tesla suatu hari.

Semasa hidup, Tesla juga memiliki sederet teman akrab, salah satunya adalah penulis Mark Twain, seorang pengarang terkenal yang menulis, The Adventures of Huckleberry Finn (Petualangan Huckleberry Finn) dan Tom Sawyer.


5. Membenci Mutiara

Mayoritas masyarakat tentu sudah mengetahui jika Tesla adalah sosok visioner di bidang teknologi masa depan. Pada saat itu bahkan dia sudah memprediksi ponsel pintar, Wi-Fi, mobil self-driving, dan kemungkinan munculnya kecerdasan buatan.

Namun, tak banyak yang tahu jika ilmuwan yang senang merayakan ulang tahun untuk mempromosikan penemuan terbarunya pada wartawan yang diundang ke pestanya itu sangat  membenci mutiara. Menurut beberapa catatan dia menganggap kalung mutiara adalah aksesori yang menjijikkan dan menjauh dari siapa pun yang memakainya.

Baca juga: 5 Ilmuwan Indonesia yang Karyanya Mendunia

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Kritik Film di Indonesia Makin Berkembang, Tak Lagi Sekadar Cari Kesalahan atau Memaki Karya

BERIKUTNYA

Apa Itu Buah Matahari Cinta Atau Permen Romantis? Cek Jawaban Teka Teki Buah & Permen MPLS di Sini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: