Huawei MatePad Air. (Sumber: Huawei Indonesia)

Huawei Luncurkan MatePad Air, Tablet Baru dengan Kemampuan Seperti PC

06 July 2023   |   16:31 WIB

Huawei Indonesia resmi meluncurkan tablet terbaru, Huawei MatePad Air di Tanah Air. MatePad Air adalah produk terbaru dari seri tablet buatan Huawei. Peluncuran ini menyusul rilis produk sebelumnya, yaitu  MatePad 11-inch, MatePad SE, dan MatePad Pro.

Edy Supartono, Training Director of Huawei Device Indonesia mengatakan MatePad Air menjadi terobosan terbaru Huawei dengan menawarkan kualitas tablet serupa PC. MatePad Air dirilis sebagai tablet yang sistem operasinya memberikan pengalaman selayaknya menggunakan PC.

Penggunaan yang diklaim seperti menggunakan PC itu terlihat dari beberapa fitur perangkat lunak yang ditawarkan MatePad Air.

Baca juga: Laris Manis di Marketplace, Intip 4 Fitur Unggulan Huawei MatePad 11 202

"MatePad Air dilengkapi dengan WPS Office PC-level yang bekerja seperti pada komputer dengan kompleksitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan tablet biasa," kata Edy dalam HUAWEI MatePad Air Media Briefing secara online, Kamis (6/7).

WPS Office mendukung pekerjaan Word, Excel, dan Powerpoint.  Berbeda dengan tablet android pada umumnya, pengolahan data Word, Excel, dan Powerpoint pada MatePad Air memungkinkan komputasi kompleks, conditional formatting, serta tampilan layar multiple tab layaknya komputer. 

Huawei MatePad Air juga kompatibel untuk perangkat lunak pengeditan desain grafis dan juga multimedia. Dengan fitur ini, Huawei mengklaim bisa memberikan pengalaman pengeditan yang mulus.

Tablet terbaru buatan China ini bisa disandingkan dengan produk Huawei lainnya, yakni Huawei M-Pencil, pena stylus keluaran Huawei. Pada tablet, telah terpasang aplikasi pendukung yang kompatibel, yakni Huawei Notes.

Meskipun demikian, Huawei MatePad Air tidak dilengkapi dengan layanan Google. Edy menjelaskan Huawei MatePad Air berfokus pada kebutuhan pengguna saja dan untuk itu, tidak memiliki layanan Google.

Dari fitur perangkat keras, MatePad Air juga menawarkan beberapa fitur. Tablet ini berukuran tinggi 26 cm dan lebar 17 cm. Layarnya sendiri berukuran 11,5 inci dengan rasio layar ke tubuh tablet 87%. Layar MatePad Air memiliki rasio ukuran 3:2, berbeda dari ukuran 16:9 yang biasa ditemukan pada tablet lain. “Efisiensinya lebih tinggi, split screen lebih baik, tampilan lebih luas,” ungkap Edy.

Tablet ini hanya berbobot 508 gram, dan sekitar 800 gram apabila ditambah dengan keyboard. Keyboard MatePad Air dapat dilepas dan dipasang dengan teknologi magnet. Selain keyboard, M-Pencil juga memiliki magnet sehingga bisa menempel pada tubuh tablet.

Spesifikasi lainnya, MatePad Air memiliki memori ROM 128 GB dan RAM 8 GB. CPU menggunakan Qualcomm Snapdragon 888 Mobile Platform dengan sistem operasi HarmonyOS 3.1.

Kamera tablet ini terdiri dari kamera belakang 13 MP dan kamera depan 8 MP. Kamera juga dilengkapi oleh kemampuan following cam yang bisa diterapkan pada berbagai aplikasi panggilan dan konferensi video.

Huawei MatePad Air ini dirilis dalam dua warna, hitam dan putih. Tubuh tablet memiliki tekstur mulus dan resisten terhadap bekas jari.

Tablet ini dijual pada kisaran harga Rp7 juta–Rp8 juta di Indonesia. Setiap pembelian akan mendapatkan satu unit tablet dan dilengkapi dengan keyboard, pengisi daya, dan kabel. Pengisi daya berkapasitas 40 W dengan teknologi supercharge dan kabel tipe C.

Pre-order dapat dilakukan di toko Huawei yang tersebar di berbagai kota di Indonesia dan di situs komersial Huawei Indonesia. Periode pre-order pada 14–28 Juli 2023 akan disertai dengan promosi terbatas paket bundling tablet yang dilengkapi Huawei M-Pencil 2nd Gen, Huawei Detachable Keyboard, dan Bluetooth Mouse.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Pameran Van Gogh Alive The Experience Targetkan 300.000 Pengunjung

BERIKUTNYA

7 Lukisan Ikonik Karya Vincent Van Gogh, Ada The Starry Night & The Night Café

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: