ASEAN Para Games XII 2023 Kamboja. (Sumber gambar: Hypeabis.id)

ASEAN Para Games 2023: Sabet Juara Umum, Tim Para Bulu Tangkis Indonesia Tatap Paralimpiade Paris

09 June 2023   |   16:59 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Like
Tim para bulutangkis Indonesia merajai ajang ASEAN Para Games 2023 di Kamboja, dengan menyapu bersih medali emas di perhelatan tersebut. Indonesia berhasil mengumpulkan 13 emas, 9 perak, dan 8 perunggu di pesta olahraga difabel Asia Tenggara tersebut.  

Sementara itu, di peringkat kedua bertengger Thailand dengan raihan 7 emas, 11 perak, dan 11 perunggu. Di tempat ketiga, diisi oleh Malaysia dengan raihan 3 emas, 1 perak, dan 6 perunggu. 

Secara keseluruhan, Indonesia mengoleksi 30 medali. Dengan hasil ini, Indonesia tak tergoyahkan di posisi pertama. Raihan di Kamboja juga mengulang cerita manis tim para Bulu tangkis Indonesia di Solo tahun lalu. Saat itu, mereka meraih status juara umum di cabor tersebut, dengan raihan 13 medali emas, 9 perak, dan 8 perunggu.

Baca juga: ASEAN Para Games 2023: Hattrick, Indonesia Juara Umum di Kamboja

Pada ASEAN Para Games edisi kali ini, emas Indonesia disumbangkan berbagai sektor, di antaranya tunggal putri, tunggal putra, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. 

Pelatih Kepala Para Bulu Tangkis Indonesia Jarot Hernowo mengatakan, tim para bulu tangkis Indonesia berhasil mempertahankan status sebagai juara umum. Capaian di Kamboja ini juga melampaui target 12 medali emas yang ditetapkan tim para bulu tangkis Indonesia. 

“Kami bersyukur dapat melewati target,” katanya saat ditemui Hypeabis.id, di sela-sela penyerahan medali di Morodok Techo National Stadium Badminton Hall, Phnom Penh, Jumat (9/6/2023).

Selepas ASEAN Para Games 2023 ini, Jarot menuturkan bahwa target utama tim para badminton bukanlah ajang ini. Melainkan, Paralimpiade 2024 di Paris, Prancis, yang digelar pada 28 Agustus hingga 8 September tahun depan. 

Adapun, ajang Asian Paralympics di Hangzhou, China, pada 22 Oktober hingga 28 Oktober mendatang, tim para badminton juga jadikan sebagai ajang pemanasan. Di ajang Asian Para Games nanti, Jarot mengatakan, pihaknya menargetkan untuk mempertahankan capaian di Asian Para Games di Jakarta pada 2018. Kala itu Indonesia berada di posisi runner-up di bawah China, dengan raihan 6 emas, 5 perak, dan 4 perunggu. 

“Sebenarnya Asean dan Asian adalah batu loncatan ke Paralimpiade Paris. Kami tidak target di Asia Paralympics tetapi di Paralimpiade,” katanya.

Secara keseluruhan, Kontingen Indonesia pada ASEAN Para Games 2023 di Kamboja berhasil mencapai posisi juara umum, melebihi target 121 medali emas yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo. Hingga Jumat (9/6/2023) pukul 14:36 waktu setempat, kontingen Indonesia telah mengumpulkan 159 emas, 148 perak, dan 94 perunggu. Dengan prestasi ini, Indonesia menjadi pemuncak perolehan medali pada ASEAN Para Games 2023 di Kamboja.

Baca juga: ASEAN Para Games 2023: Bayan Mendukung Kesuksesan Atlet Nasional

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

AMPAS Luncurkan Program Pengembangan Karier Gold Rising, Undang 90 Murid dari Seluruh Dunia

BERIKUTNYA

ASEAN Para Games 2023: Borong 3 Emas, Comeback Sempurna Ratu Parabadminton Leani Ratri Oktila

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: