Om Vero dan koleksi diecastnya (dok. Eusebio Chrysnamurti)

Wow, Pria Ini Koleksi Diecast hingga Satu Rumah

25 July 2021   |   14:02 WIB

Waktu masih kecil, kamu suka Hot Wheels? Itu lho mainan yang terbuat dari bahan metal berbentuk replika dari mobil atau pun motor yang biasa dikenal dengan istilah diecast. Mungkin buat kamu yang ekonominya pas-pasan kala itu, perlu nangis guling-gulingan dulu agar ibu dan ayah membelikannnya, atau harus menunggu momen hari raya biar bisa beli Hot Wheels sendiri, hayo ngaku!

Pengalaman serupa dialami Vero Sahetapy, Founder Indonesia Diecast Expo. Ketika punya penghasilan sendiri, bahkan dia bisa membeli diecast apapun yang diinginkan. 

Tidak tanggung-tanggung, diecast milik pria yang akrab disapa Om Vero ini sampai satu rumah! Mengumpulkan replika kendaraan sejak 1998, kini diecast Om Vero jumlahnya sudah lebih dari 15.000 buah atau jika dinilai rupiahnya bisa seharga 2 mobil Alphard, lho. 

"Lebih baik nyesel, daripada nyesel tidak beli," kata Om Vero ketika ditanya apakah istrinya tidak protes dengan memiliki diecast sebanyak itu.
 

Koleksi diecast Om Vero (dok. Eusebio Chrysnamurti)

Koleksi diecast Om Vero (dok. Eusebio Chrysnamurti)


Awalnya dia hanya ingin bernostalgia dengan mainan masa kecil yang sudah didapatkannya itu, namun lama-lama menjadi candu dan terus mengoleksi, terlebih ketika anak kedua dan ketiganya lahir.

"Saya keranjingan lebih parah. Jadi hunting kemana-mana. Lahir anak ketiga 2004, makin gila lagi," ungkapnya.

Vero sempat kalap berburu "harta karun" atau diecast spesial pada setiap seri yang dikeluarkan brand Hot Wheels. Adapun harta karun tersebut yakni 1 buah diecast spesial dalam 1 dus seperti pemakaian karet pada ban. Dalam 1 dus, biasanya berisi 72 buah. Inilah yang membuat jumlah diecastnya terus bertambah hingga memenuhi seisi rumah.

Disadarkan oleh teman, akhirnya Vero fokus mengoleksi drag bus keluaran Hot Wheels. Bisa dibilang jenis ini merupakan kelas tertinggi dalam diecast karena memiliki nilai jual yang tinggi. Dan lagi, Vero keracunan. "Mau lelang di luar negeri, saya harus dapetin duluan, itu egoisme saya," bebernya.

Jika Genhype berkunjung ke “rumah khusus” diecast milik Om Vero di kawasan Pondok Indah. Rumah itu memang hanya diperuntukkan menyimpan koleksi miliknya. Jangan kaget ya melihat tumpukan diecast atau boks-boks besar berisi replika berbagai macam kendaraan di rumah itu.
 

Om Vero dan koleksinya (dok. Eusebio Chrysnamurt)

Om Vero dan koleksinya (dok. Eusebio Chrysnamurti)


Bahkan kamu harus berhati-hati ketika berjalan di tangga karena Om Vero menaruh diecast koleksinya di tepi-tepi bahkan dinding tangga. Untuk ke depan, katanya dia ingin membuat museum pribadi diecast yang bisa kamu kunjungi.

Ya, walaupun hanya replika mobil atau motor, diecast ternyata memiliki nilai jual tinggi. Sempat sepasang Hot Wheels Drag Bus Mooneyes miliknya ditawar Rp40 juta dari harga beli Rp5 juta hasil menang lelang di Jepang. Kendati demikian, Om Vero mengaku tidak akan melepasnya karena seri itu tinggal satu-satunya yang dia miliki.
 

Hot Wheels Drag Bus Mooneyes

Hot Wheels Drag Bus Mooneyes seharga Rp40 juta (dok. Eusebio Chrysnamurti)

Gimana Genhype, tertarik buat koleksi diecast juga. Bisa buat investasi lho.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Begini Cara Mencuci Pakaian Pasien Covid-19 yang Sedang Isoman

BERIKUTNYA

Youth Choir Ini Juarai Kompetisi Paduan Suara Internasional Jeju

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: