Tokyopop x Mattel Hadirkan Novel Grafis Barbie dan Hot Wheels Bergaya Manga
15 January 2025 |
15:39 WIB
Ada kabar gembira bagi penggemar Barbie dan Hot Wheels, sebab teman masa kecil ini dapat dinikmati dalam bentuk novel grafis. Hal ini merupakan kolaborasi antara Mattel, perusahaan mainan dan hiburan dengan Tokyopop, perusahaan penerbitan dan distributor manga, anime, dan ragam budaya pop Asia.
Kolaborasi antara keduanya akan mewujud dalam bentuk novel grafis bergaya manga yang versi cetaknya akan rilis pada 2026. Melalui siaran resminya, Mattel mengungkap bahwa novel grafis itu akan menampilkan dua seri yang berbeda. Pertama terinspirasi dari Hot Wheels dan satu didasarkan pada waralaba Barbie.
Seri Hot Wheels akan mencakup petualangan yang sesuai dengan semangat mencari sensasi para pembacanya. Sementara itu, serial Barbie akan menggali cerita baru yang mencerminkan karakternya yang beraneka ragam dan dunia imajinatif, yang dihuni karakter yang identik dengan warna merah jambu ini.
Kedua seri ini bertujuan untuk memperkenalkan karakter-karakter legendaris kepada generasi baru melalui alur cerita yang menarik dan ilustrasi yang dinamis, dengan gaya khas manga. Adapun target audiens proyek kolaborasi ini adalah anak-anak berusia 8-12 tahun.
Baca juga: Inspiratif, Begini Cerita Lahirnya Boneka Barbie di Keluarga Pendiri Mattel
Marc Visnick, COO dan Publisher Tokyopop menyatakan antusiasme atas kerjasama ini. Dia menyebut, dengan masuknya Barbie dan Hot Wheels ke dalam katalog mereka, akan memberikan dimensi baru yang menarik bagi audiens Tokyopop.
Di sisi lain Ryan Ferguson, Global Head of Publishing Mattel, menyoroti pentingnya upaya storytelling yang melibatkan penggemar dalam upaya lanjut untuk memperluas waralaba ini.
“Hot Wheels dan Barbie adalah dua merek mainan dan hiburan yang paling digemari di dunia dan kami sangat senang dapat bermitra dengan Mattel untuk mengembangkan dan menerbitkan novel grafis orisinil bergaya manga,” ujar Marc melalui siaran resmi Mattel.
Dilansir dari Screen Rant meskipun ini bukan kalinya pertama Barbie diadaptasi ke dunia komik, tetapi terobosan Barbie Manga sejauh ini menjadi ide yang paling liar. Selama bertahun-tahun karakter Barbie telah menghiasi layar dan rak-rak toko dengan film, buku, dan komiknya.
Dengan demikian, adopsi gaya manga ke karakter legendaris ini diharapkan dapat menarik penggemar budaya pop Jepang, sekaligus memperluas basis penggemarnya yang utamanya berasal dari wilayah Barat dunia.
Bagaimana dengan Genhype, apakah penasaran dengan bentuk novel grafis bergaya manga dari karakter Barbie dan Hot Wheels?
Sebagai informasi, Mattel yang didirikan pada 1945, terkenal dengan lini mainan inovatifnya dan telah menghasilkan beberapa brand kenamaan seperti Barbie dan Hot Wheels.
Barbie telah menjadi simbol pemberdayaan dan kreativitas sejak debutnya pada 1959. Sementara Hot Wheels yang diperkenalkan pada 1968 identik dengan ragam seri dan model mobil replikanya yang khas, dengan lebih dari 130 desain mobil baru setiap tahun.
Adapun, Tokyopop yang awalnya didirikan sebagai Mixx pada 1997 dikenal karena upaya perintisnya dalam membawa manga ke pembaca di luar Asia, terkhusus Amerika Utara. Perusahaan ini mendapatkan ketenaran karena publikasi manga unflipped yang mempertahankan format membaca dari kanan ke kiri yang asli.
Meskipun Tokyopop menghadapi tantangan yang menyebabkan penutupan operasi di Amerika Utara pada 2011, perusahaan ini telah merevitalisasi upaya penerbitan, distribusi hingga lisensinya dan terus menjadi pemain terkemuka dalam industri manga, utamanya di kawasan Asia.
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)
Editor: Syaiful Millah
Kolaborasi antara keduanya akan mewujud dalam bentuk novel grafis bergaya manga yang versi cetaknya akan rilis pada 2026. Melalui siaran resminya, Mattel mengungkap bahwa novel grafis itu akan menampilkan dua seri yang berbeda. Pertama terinspirasi dari Hot Wheels dan satu didasarkan pada waralaba Barbie.
Seri Hot Wheels akan mencakup petualangan yang sesuai dengan semangat mencari sensasi para pembacanya. Sementara itu, serial Barbie akan menggali cerita baru yang mencerminkan karakternya yang beraneka ragam dan dunia imajinatif, yang dihuni karakter yang identik dengan warna merah jambu ini.
Kedua seri ini bertujuan untuk memperkenalkan karakter-karakter legendaris kepada generasi baru melalui alur cerita yang menarik dan ilustrasi yang dinamis, dengan gaya khas manga. Adapun target audiens proyek kolaborasi ini adalah anak-anak berusia 8-12 tahun.
Baca juga: Inspiratif, Begini Cerita Lahirnya Boneka Barbie di Keluarga Pendiri Mattel
Marc Visnick, COO dan Publisher Tokyopop menyatakan antusiasme atas kerjasama ini. Dia menyebut, dengan masuknya Barbie dan Hot Wheels ke dalam katalog mereka, akan memberikan dimensi baru yang menarik bagi audiens Tokyopop.
Di sisi lain Ryan Ferguson, Global Head of Publishing Mattel, menyoroti pentingnya upaya storytelling yang melibatkan penggemar dalam upaya lanjut untuk memperluas waralaba ini.
“Hot Wheels dan Barbie adalah dua merek mainan dan hiburan yang paling digemari di dunia dan kami sangat senang dapat bermitra dengan Mattel untuk mengembangkan dan menerbitkan novel grafis orisinil bergaya manga,” ujar Marc melalui siaran resmi Mattel.
Dilansir dari Screen Rant meskipun ini bukan kalinya pertama Barbie diadaptasi ke dunia komik, tetapi terobosan Barbie Manga sejauh ini menjadi ide yang paling liar. Selama bertahun-tahun karakter Barbie telah menghiasi layar dan rak-rak toko dengan film, buku, dan komiknya.
Dengan demikian, adopsi gaya manga ke karakter legendaris ini diharapkan dapat menarik penggemar budaya pop Jepang, sekaligus memperluas basis penggemarnya yang utamanya berasal dari wilayah Barat dunia.
Bagaimana dengan Genhype, apakah penasaran dengan bentuk novel grafis bergaya manga dari karakter Barbie dan Hot Wheels?
We’re excited to share our publishing partnership with Mattel, Inc., a leading global toy and family entertainment company known for its iconic brand portfolio!
— TOKYOPOP (@TOKYOPOP) January 9, 2025
With this exciting partnership, we will develop original manga-style graphic novels for children aged 8-12, based on… pic.twitter.com/z0bgVIsDjh
Sebagai informasi, Mattel yang didirikan pada 1945, terkenal dengan lini mainan inovatifnya dan telah menghasilkan beberapa brand kenamaan seperti Barbie dan Hot Wheels.
Barbie telah menjadi simbol pemberdayaan dan kreativitas sejak debutnya pada 1959. Sementara Hot Wheels yang diperkenalkan pada 1968 identik dengan ragam seri dan model mobil replikanya yang khas, dengan lebih dari 130 desain mobil baru setiap tahun.
Adapun, Tokyopop yang awalnya didirikan sebagai Mixx pada 1997 dikenal karena upaya perintisnya dalam membawa manga ke pembaca di luar Asia, terkhusus Amerika Utara. Perusahaan ini mendapatkan ketenaran karena publikasi manga unflipped yang mempertahankan format membaca dari kanan ke kiri yang asli.
Meskipun Tokyopop menghadapi tantangan yang menyebabkan penutupan operasi di Amerika Utara pada 2011, perusahaan ini telah merevitalisasi upaya penerbitan, distribusi hingga lisensinya dan terus menjadi pemain terkemuka dalam industri manga, utamanya di kawasan Asia.
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)
Editor: Syaiful Millah
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.