Nissan Silvia S14 (dok. Founder Jakarta Diecast Project Yogie Kartono)

Hobi Modifikasi, Diecast Milik Yogie Sempat Ditawar Belasan Juta

12 August 2021   |   20:52 WIB

Siapa di sini yang koleksi diecast? Sudah pernah utak atik miniatur mobil kamu itu enggak? Coba deh, siapa tahu bisa membuat diecast kamu lebih menarik.  Seperti Founder Jakarta Diecast Project Yogie Kartono. Dia sangat suka "mengoprek" diecast standar menjadi lebih apik dan unik. Kalau dijual, harganya bisa jadi jauh lebih mahal loh.

Bermula dari kecintaannya pada roda empat, Yogie yang kini menjadi costumizer diecast mengaku ada kesenangan tersendiri apabila memiliki replika mobil yang sangat mirip dengan aslinya. 

"Diecast yang sudah ada kan kurang detail. Saya bikin yang bisa kebuka pintunya, kebuka kap mesin juga," ujarnya.

Alhasil dimulai sejak 2018, kini sudah ada 100 mobil yang dimodifikasi Yogie. Bahkan dia dan tim Jakarta Diecast Project menargetkan bisa mengoprek 100 pcs miniatur mobil dalam 1 tahun. 

Adapun dalam pengerjaan 1 pcs diecast, kata Yogie butuh waktu sekitar 4-8 hari sesuai kerumitan yang dihadapi. Modifikasi paling sederhana yakni pergantian roda dan warna, sementara yang rumit berupa penambahan dan pemotongan body, penambahan detail, engine, hingga penambahan interior.

"Paling rumit itu saya membuat diecast Hot Wheels skala 1/64 jadi remote control," ujar pria yang kini menjadi influencer itu.

Yogie menuturkan bahwa diecast yang dimodifikasi selama ini hampir 100 persen adalah milik pribadi. Dia tidak pernah membuka jasa kostumisasi, kecuali ada yang meminta dibuatkan, tapi dengan catatan harus sesuai dengan keinginannya. 

"Mungkin saya tetap dengan idealisme. Saya belum bisa terima pesanan orang dan hanya ingin mengerjakan yang saya mau," tegasnya.

Salah satu diecast yang berhasil dimodifikasi Yogie adalah milik Vero Sahetapy. Itu pun karena kerja sama antara Jakarta Diecast Project dan Indonesia Diecast Expo yang dipelopori Vero.

"Di acara Om Vero mobil saya dibeli lelang sekitar Rp3,5 juta. Tapi banyak juga orang menawar diecast saya via email, SMS, WA sampai US$900, itu yang Porsche Rwb. Sengaja enggak saya jual," ungkap Yogie.

Selain sesuai mood, memang Yogie masih enggan menjual diecast hasil modifikasinya. Apalagi untuk 4 model diecast yang cukup bersejarah seperti Hot Wheels Nissan 180ax. 

Diecast ini menjadi mobil mini pertama yang membuat Yogie mendapatkan uang dari sebuah konten di YouTube. Ya, pria ini sering berbagi konten ketika sedang memodifikasi diecast. "Itu membuat saya dikenal orang," imbuhnya. 

Kedua, adalah Proche Carrera GT. Diecast ini juga spesial karena menembus 4 juta viewers ketika jadi konten YouTube. Ketiga, Nissan Silvia S14 yang ditonton 4 juta orang. Terakhir Hot Wheels, mobil BMW e30 yang dalam waktu 10 hari mencapai 1 juta viewers. "Hobi bukan hanya cuan tapi bisa menghidupi," tutup Yogie.


Editor: Indyah Sutriningrum
 
SEBELUMNYA

Jerome Polin Ternyata Punya Bisnis Minuman Kekinian, Targetnya Buka 100 Cabang Tahun Ini

BERIKUTNYA

Ini Lho Bocoran Inovasi Terbaru Controller, DualSense dari Sony

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: