Ilustrasi (dok. Pexels)

Begini Cara Mencuci Pakaian Pasien Covid-19 yang Sedang Isoman

25 July 2021   |   12:59 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, apakah di sekitar kalian ada anggota keluarga yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah? Mungkin yang membuat kamu bingung adalah bagaimana mencuci pakaian mereka yang memang tidak bisa melakukannya sendiri, terutama anak-anak.

RIsiko terpapar dari droplet yang menempel di pakaian atau seprai mereka memang cukup tinggi. Kendati demikian, jika kamu bisa menanganinya dengan tepat, risiko itu tetap bisa dihindari kok.

Nah, berikut adalah tips dari Dokter Spesialis Penyakit Dalam RA Adaninggar seperti dikutip dari akun Instagram Pandemic Talks, agar aman saat mencuci pakaian pasien Covid-19 yang sedang isoman :

1. Cuci terpisah dari pakaian anggota keluarga lain

Mencuci pakaian mereka dengan air dan sabun saja sebenarnya sudah aman. Tetapi sebaiknya, cuci pakaian, handuk, atau linen tempat tidur pasien Covid-19 secara terpisah ya. 

2. Gunakan sarung tangan 

JIka memungkinkan, gunakan sarung tangan glove sebelum menyentuh cucian milik mereka yang sedang isoman.

3. Pastikan tumpukan cucian kotor itu tidak tersentuh

Saat tinggal serumah dengan pasien Covid-19, jangan sampai kamu membawa tumpukan cucian kotor dengan cara menggendong atau memeluknya. Jangan sampai pula kamu bersandar pada tumpukan cucian itu. Tempatkan tumpukan cucian kotor pada wadah anti bocor yang sudah diberi label.

4. Kikis sisa-sisa kotoran yang menempel

Sisa-sisa kotoran seperti feses, muntahan, wajib dikikis dengan benda yang kuat, kemudian dibuang ke dalam toilet pasien. 

Jika tidak ada toilet di daam kamar pasien, maka sisa kotoran harus dimasukkan pada ember atau wadah tertutup untuk kemudian di buang ke toilet yang dipakai bersama.

5. Cuci dan desinfeksi

Atur mesin cuci pada suhu 50-90 derajat Celcius, lengkap dengan detergen. Sebagai alternatif, rendam cucian di dalam tong berisi air panas dan sabun. Gunakan tongkat atau sejenisnya untuk mengaduk dan jaga agar airnya tidak terpencil keluar.

Jika air panas tidak tersedia, rendam cucian di dalam klorin 0,05 persen selama sekitar 30 menit. Bilas dengan air bersih dan biarkan cucian kering di bawah sinar matahari

5. Jaga selalu kebersihan tangan

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setiap kali selesai mencuci pakaian  anggota keluarga yang positif Covid-19 ya. Kamu tahu kan kalau virus dan Kumar menyebar cepat melalui tangan!



Editor: Roni Yunianto


 

SEBELUMNYA

Comic Journaling, Ini Dia Cara Unik untuk Kelola Kesehatan Mental

BERIKUTNYA

Wow, Pria Ini Koleksi Diecast hingga Satu Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: