Ilustrasi vacuum cleaner (Sumber gambar: Freepik)

Makin Canggih, Cek Mode Pembersihan Vacuum Cleaner yang Tambah Beragam

03 July 2023   |   14:51 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Genhype, penggunaan robot vacuum cleaner belakangan makin diminati. Perangkat elektronik juga makin canggih karena memiliki berbagai fitur tambahan. Hal ini membuat kegiatan bersih-bersih rumah terasa lebih mudah karena semuanya sudah terotomatisasi.

Direktur Avaro Smart Home Teddy Tjan mengatakan berkembangnya teknologi artificial intelligence dan Internet of Things telah makin memudahkan pekerjaan manusia, termasuk di sektor rumah tangga. Teknologi tersebut telah mulai masuk ke banyak alat rumah tangga, termasuk alat penyedot debu atau vacuum cleaner.

Cara kerja robot vacuum cleaner juga sangat mudah. Cukup dengan menekan tombol pengoperasian, alat tersebut sudah bisa melakukan tugas-tugas rumah tangga dengan baik. Beberapa produknya bahkan sudah dibekali fungsi 2-in-1.

Baca juga: Bersih-Bersih Rumah Jadi Gampang dengan Robot Vacuum, Cek Spesifikasinya!

Jadi, selain bisa membersihkan debu, robot vacuum cleaner juga bisa mengepel. Di sisi lain, teknologinya juga makin berkembang. Misalnya, dengan adanya komponen cerdas di dalam robot vacuum cleaner yang membuat alat ini bisa memetakan ruangan. Hal ini membuat setiap sudut rumah tersentuh dengan baik dan lebih bersih.

“Di Indonesia tren menggunakan perangkat rumah tangga cerdas seperti robot vacuum cleaner makin bertumbuh. Selain memudahkan, perangkat seperti ini juga ramah energi,” jelas Teddy.

Misalnya, Avaro LS3000 Robot Vacuum Cleaner. Dengan kecerdasannya, robot vacuum cleaner ini bisa membantu membersihkan lantai secara menyeluruh bahkan hingga ke area yang sulit dijangkau. Sebab, bentuk robot vacuum ini cukup ramping sehingga bisa menyelinap ke berbagai sudut sulit.

Daya tampung Avaro LS3000 cukup besar, yakni 650ml. Daya hisap Avaro LS3000 mencapai 3000Pa. adanya navigasi giroskop juga membuat alat ini bisa memperkirakan posisi akurat dengan lebih baik. Hal ini akan menghindari kemungkinan robot vacuum menabrak objek lain saat proses pembersihan.

Ada beberapa mode pembersihan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yakni automatic, spot, edge atau wall following. Kemudian, alat ini juga sudah memungkinkan melakukan penjadwalan. Jadi, alat ini akan otomatis bekerja sesuai dengan setting awal.

Pengoperasian Avaro LS3000 bisa dilakukan lewat aplikasi yang ada di smartphone. Namun, Avaro LS3000 juga sudah memungkinkan dioperasikan lewat suara karena sudah terkoneksi dengan voice command with Amazon Alexa dan Google Assistant.
 

Ilustrasi vacuum cleaner (Sumber gambar: Freepik)

Ilustrasi vacuum cleaner (Sumber gambar: Freepik)


Sementara itu, Xiaomi Indonesia juga memiliki robot vacuum cleaner bernama Mi Robot Vacuum Mop 2 Lite. Alat ini memiliki berbagai mode pembersihan yang bisa disesuaikan lewat aplikasi Mi Home. Selain itu, Mop 2 Lite juga sudah bisa melakukan mode pengepelan.

Ada 25 sensor yang tertanam di Mop 2 Lite. Hal ini membuat perangkat ini andal untuk memetakan peta di sebuah ruangan yang punya banyak barang sekali pun. Di sisi lain, perangkat ini juga sudah berteknologi giroskop dan navigasi dengan bantuan visual yang presisi.

Daya hisapnya sudah mencapai 2.200Pa dengan kapasitas wadah debunya hingga 450ml. Salah satu yang cukup unik adalah jalur pembersihan yang dipakai Mop 2 Lite. Metodenya adalah zigzag dan diklaim bisa lebih efektif dalam membersihkan ruangan.

Kemudian, Samsung juga memiliki VR5000RM untuk kategori robot vacuum cleaner. Perangkat ini memiliki fitur 2-in-1 yakni bisa melakukan pembersihan debu sekaligus pel. Berbeda dengan perangkat lain, alat ini bisa melakukan dua fungsi tersebut dalam waktu bersamaan.

Perangkat ini ditenagai baterai 3400mAh yang membuat VR5000RM tidak perlu terlalu sering di-charge. Satu kali pengisian daya, alat ini bisa melakukan tugas pembersihan hingga 150 menit.

VR5000RM juga memiliki desain yang langsing sehingga bisa menjangkau tempat yang sulit digapai oleh manusia. Tingginya hanya 85mm sehingga bisa menyelinap ke balik tempat tidur atau di bawah furnitur rumah.

Pengguna juga bisa mengendalikan VR5000RM secara jarak jauh. Sebab, perangkat ini sudah terintegrasi dengan aplikasi di smartphone. Dengan demikian, pengguna bisa melakukan pembersihan rumah secara terjadwal meskipun sedang berada di tempat yang jauh sekali pun.

Baca juga: Review Deebot X1 Omni: Robot Pembersih Rumah Serba Otomatis

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Presale Tiket Konser Kris Dayanti Ludes Dalam 1 Hari, Tanda Karier Diva Indonesia Ini Belum Habis

BERIKUTNYA

Hitam Klasik hingga Merah Berkelas, Ini 3 Warna Cat Kuku yang Populer di Seluruh Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: