Robot pembersih lantai Deebot X1 Omni (Sumber gambar: Ecovacs)

Review Deebot X1 Omni: Robot Pembersih Rumah Serba Otomatis 

11 April 2022   |   11:39 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

OK YIKO, start cleaning”. Tak lama berselang terdengar suara mesin beroperasi, lalu terdengar balasan “start cleaning” dan robot pembersih lantai Deebot X1 Omni mulai melakukan tugasnya, menghisap debu dan/atau mengepel lantai. 

Deebot X1 Omni merupakan produk terbaru dan tercanggih produsen teknologi Ecovacs dari lini robot pembersih lantai. Ini tak bisa disangkal adalah perangkat premium dengan segudang fitur, dan yang paling menarik adalah serba otomatis. 
 

Deboot X1 Omni (Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful)

Deboot X1 Omni (Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful)


Secara umum, produk ini terdiri dari dua bagian. Pertama, robot bundar yang bagian bawahnya memiliki semacam alat penyapu dan kain pel melingkar. Kedua, stasiun Omni tempat pengisian daya, pembersihan debu, dan pengeringan lap pel. Stasiun juga memiliki ruang untuk dua tangki air plus celah untuk aksesori. 

Pengoperasian perangkat ini bisa dilakukan memakai aplikasi bernama Ecovacs Home. Untuk itu, robot juga harus terkoneksi ke jaringan Wi-Fi yang ada di ruangan. Setelah melakukan pengaturan awal termasuk menetapkan koneksi dan memperbarui firmware, robot siap digunakan. Proses ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.
 

Pemetaan 

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah pemetaan ruangan. Tinggal pilih menu yang ada di aplikasi - tersedia juga dalam bahasa Indonesia - atau memakai perintah suara. Ya robot ini punya fitur asisten suara sendiri bernama YIKO, sehingga tidak perlu menyambungkannya lagi ke Google atau Siri. 

Lalu si robot bundar berwarna silver minimalis akan memetakan ruang. Seberapa luas ruang akan berpengaruh pada lama pemetaan. Produk juga telah dilengkapi dengan sensor LIDAR dan kamera HD untuk membantunya bernavigasi dan menghindari objek seperti furnitur yang ada di rumah dengan andal. 
 

Proses pemetaan ruangan (Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful)

Proses pemetaan ruangan (Sumber gambar: Tangkapan layar)
 

Selama pemetaan, pengguna juga bisa memantau lokasi robot melalui aplikasi secara langsung. Jika dalam prosesnya robot mengalami kendala, misalnya tersangkut kabel, karpet, atau bagian sensornya tertutup debu, akan ada notifikasi yang masuk ke aplikasi lengkap dengan apa yang salah dan apa yang harus dilakukan. 

Hasil peta berdasarkan pemindaian Deebot juga terbilang akurat, khususnya pada bangunan dengan dinding bata atau beton. Jika sekat ruangannya kaca, robot akan sedikit kesulitan membuat peta yang benar-benar presisi, meski secara umum tetap bisa diandalkan. Satu tips yang penting dalam proses ini, pastikan daya robot terisi penuh ketika akan melakukan pemetaan. 

Setelah rampung, peta virtual akan secara otomatis membagi ruangan berdasarkan hasil pindaian. Di dalam aplikasi, pengguna juga bisa menamai tiap ruang atau memisahkan dan menggabungkan serta memberi batas virtual tertentu, yang memberikan batasan bagi Deboot untuk tidak ke lokasi yang ditandai.  
 

FItur peta 3D (Sumber gambar: tangkapan layar)

FItur peta 3D (Sumber gambar: tangkapan layar)


Menariknya, Ecovacs juga menawarkan fitur yang memungkinkan pembuatan peta tiga dimensi (3D), di mana pengguna bisa menambahkan daftar perabot yang dimiliki seperti kursi atau karpet untuk proses pembersihan yang lebih akurat. 

Pemetaan dan pengaturan lanjutannya akan menjadi dasar bagi robot melakukan tugas, baik itu menyedot debu maupun mengepel. Setelahnya, tinggal tentukan mau membersihkan satu ruangan saja atau menyusun urutan pembersihan. Termasuk, mengatur pembersihan otomatis di waktu tertentu. 

Pengguna juga bisa menentukan tingkat kekuatan penyedotan debu yang terdiri atas empat level dan tingkat aliran air untuk proses mengepel yang terdiri dari tiga tingkatan.Semuanya bisa dilakukan di dalam aplikasi. 
 

Menyedot debu & mengepel lantai 

Bicara soal hasil kinerja si robot, terbilang memuaskan. Proses menyedot debu dan kotoran bisa dilakukan dengan baik. Debu, pasir, kerikil, remah camilan kecil atau yang lebih besar bisa terhisap tanpa sisa pada mode default. Mode yang lebih tinggi bahkan bisa menarik kabel headset hingga kain. Jadi pastikan untuk memakai mode yang sesuai berdasarkan keperluan.

Begitu juga dengan proses pel yang dapat membersihkan kotoran jejak kaki, bekas kopi, dan yang lainnya berkat dua kain pel yang bergerak 180 putaran per menit. Seperti disebutkan, pengguna juga bisa menentukan tingkat air yang dipakai untuk proses ini.  

Setelah melakukan tugasnya, ini yang menarik, robot akan kembali ke stasiun dan secara otomatis mengosongkan semua debu dan kotoran ke kantong debu 3 liter sekali pakai serta bekas mengepel ke tangki air kotor berukuran 4 liter. Bahkan, stasiun Omni akan mencuci dan mengeringkan kain pel yang telah digunakan. 
 

Proses kembali ke stasiun Omni (Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful)

Proses kembali ke stasiun Omni (Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful)


Dengan demikian, robot pembersih lantai ini bisa melakukan sebagian besar pekerjaannya secara mandiri. Tidak seluruhnya memang karena pengguna tetap harus mengisi air bersih, mengosongkan air kotor, membuang kantong sampah, atau dalam prosesnya sesekali membenarkan robot. Tetapi jangka waktunya akan sangat jarang. 

Semua data pembersihan juga akan terekam di aplikasi. Termasuk berapa lama durasi robot bertugas dan berapa meter persegi area yang dibersihkan. Begitu pun dengan kondisi aksesori dan komponen yang bisa diperiksa lewat aplikasi Ecovacs Home. 

Robot Deebot memiliki baterai yang berdasarkan pengujian bisa melakukan pembersihan sekitar 2 jam dalam sekali pengisian daya. Proses charging-nya membutuhkan waktu sekitar 6 jam dari nol hingga penuh. Jika dalam mode pembersihan baterainya tinggal sedikit, robot akan kembali ke dok untuk mengisi daya dan melanjutkannya nanti setelah penuh. 
 

Kamera

Kamera real time Deebot X1 Omni (Sumber gambar: tangkapan layar)

Kamera real time Deebot X1 Omni (Sumber gambar: tangkapan layar)


Salah satu fitur menarik lain dari Deebot X1 Omni adalah kamera resolusi HD yang bisa menampilkan video secara real time selama pembersihan. Tak hanya itu, ada juga fitur komunikasi dua arah berkat speaker dan microphone yang tersemat pada robot. 

Bahkan, fitur video ini memiliki menu sendiri yang memungkinkan robot pembersih lantai menjadi kamera pengawas. Mode ini bisa dioperasikan secara otomatis dengan menyetel waktu tertentu atau digerakkan secara manual dengan tombol arah yang tidak terlalu fleksibel tapi sudah cukup untuk mengarahkan robot ke area atau titik tertentu.  

Fitur ini mungkin akan menarik bagi sebagian orang, tapi tidak dengan yang lain. Khususnya mereka yang memiliki konsern terhadap privasi. Kendati begitu, perusahaan menyatakan telah memenuhi sertifikasi privasi dan keamanan TUV Rheinland untuk memastikan video tidak dapat diakses oleh orang lain. 
 

Kesimpulan 

Dengan teknologi dan fitur pembersih lantai yang serba mandiri, Deboot X1 Omni adalah paket komplet dan praktis. Ecovacs membanderol seri ini dengan harga dari Rp19,99 juta. Sudah termasuk kantong debu dan dua pasang kain pel saat pembelian dan garansi resmi 2 tahun (plus 1 tahun periode pembelian hingga akhir Ramadan, 1 Mei 2022) 

Ini cocok bagi mereka yang tidak punya cukup waktu untuk membersihkan rumah; nyapu dan ngepel secara rutin. Mereka bisa mengandalkan Deebot guna melakukan tugas tersebut dan tinggal melakukan perawatan yang tidak memakan waktu, bisa beberapa minggu atau bulan sekali tergantung pada pemakaian. 

Akan tetapi, perawatan perangkat ini tampaknya akan memakan biaya tambahan rutin pula seperti untuk membeli kantong debu sekali pakai dan komponen lain, walaupun rentang waktunya bisa cukup lama. Adapun, semua bentuk layanan purna jual dari produk ini bisa didapatkan melalui toko resmi daring Ecovacs Indonesia.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

7 Cara Sehat Hadapi Stres

BERIKUTNYA

Mengenal Sejarah Reog Ponorogo, Kesenian yang Mau Diklaim Malaysia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: