Ilustrasi CCTV Pintar (Sumber gambar: Freepik)

Bisa Deteksi Objek Mencurigakan, Simak Ragam Fitur Canggih CCTV Pintar

04 July 2023   |   12:39 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, teknologi closed circuit television (CCTV) yang terus berkembang kini telah dilengkapi banyak fitur. Bukan hanya berfungsi sebagai kamera pengawas untuk memperketat pengamanan, beberapa CCTV sekarang ini bahkan bisa melakukan tugas-tugas lain.

Fungsi CCTV memang telah berkembang jauh berkat teknologi Internet of Things (IoT) yang tertanam di dalamnya. Adanya teknologi artificial intelligence (AI) di dalamnya juga membuat beberapa CCTV modern sudah mampu mengidentifikasi objek bergerak di kamera, baik manusia atau hewan. Dengan demikian, informasi awal yang diperoleh jika ada gerakan mencurigakan pun jadi lebih detail.

Baca juga: 4 Rekomendasi Kamera CCTV 2023

Salah satu yang cukup menarik dari kamera pengawas cerdas dihadirkan oleh Bardi IP Camera Outdoor PTZ (lite Version). Perangkat ini adalah kamera pintar yang bisa menyalurkan video dan suara langsung melalui smartphone.
 

CCTV Pintar (Sumber gambar: Bardi)

CCTV Pintar (Sumber gambar: Bardi)


Kamera pengawas ini memiliki tempat penyimpanan slot SD Card dengan maksimal 128GB. Perangkat ini bisa diatur sedemikian rupa sehingga jika ada yang lewat pada jam-jam tertentu akan muncul sebuah notifikasi.

Pada posisi gelap, terdapat tiga mode malam yang bisa dipilih, yakni IR Mode, Color Light Mode, dan Auto Mode. Kamera ini juga sudah mendukung sudut pandang hingga 355 derajat secara horizontal dan 60 derajat secara vertikal. Perangkat ini dibanderol Rp902.000

Sementara itu, Xiaomi juga memiliki Smart Camera C300. Perangkat ini sudah menggunakan teknologi ultra-clear HD yang dapat menangkap gambar lebih detail. Teknologi 2K ultra-clear HD juga dapat ditingkatkan sepenuhnya.

Lensa di kamera ini memiliki bukaan F1.4 sehingga memungkinkan lebih banyak cahaya yang masuk secara signifikan. Dengan demikian, kamera tetap bisa optimal menangkap gambar meski dalam kondisi redup sekali pun.

Hasil gambar atau video Smart Camera C300 dapat langsung dilihat di smartphone secara langsung. Dengan kombinasi algoritma, pengoptimalan jaringan, hingga AI, perangkat ini bisa memfilter alarm palsu sehingga akurasinya lebih optimal. Terlebih sudut pandang kamera ini 360 derajat sehingga bisa mengecek ruangan secara menyeluruh.

Salah satu yang cukup unik adalah fitur panggilan suara dua arah. Jadi, fungsinya mirip seperti panggilan telepon terhadap orang rumah dan pengguna bisa melihatnya secara langsung. Perangkat ini juga sudah tersertifikasi BSI KitemarkTM sehingga keamanan datanya dapat dipercaya. Perangkat ini dibanderol Rp599.000
 

CCTV Pintar (Sumber gambar: Avaro)

CCTV Pintar (Sumber gambar: Avaro)


Sementara itu, Avaro juga memiliki Smart CCTV Wifi IP Indoor 2MP PTZ Lan. Direktur Avaro Smart Home Teddy Tjan mengatakan CCTV saat ini memang menjadi salah satu perangkat smart home yang dibutuhkan. Bahkan, biasanya orang yang tertarik smart home akan memulainya dengan CCTV cerdas terlebih dahulu.

Sudut pandang kamera Smart CCTV Wifi IP Indoor 2MP PTZ Lan sudah 355 derajat. Jadi, cukup bisa diandalkan dalam mengawasi sebuah ruangan. Terlebih ada 135 angle yang juga membuat kameranya bisa menangkap berbagai sudut.

Resolusi kamera ini adalah FHD Max 1920x1080 dengan image sensor 1/2.7 color CMOS. Sudah didukung oleh zoom sebanyak 3 kali untuk mendeteksi hal secara lebih detail. Sistem audionya sudah memiliki speaker dan mikrofon. Kapasitas memorinya bisa mencapai 128GB dengan bantuan micro slot SD card.

Untuk pengoperasiannya, perangkat ini bisa dilakukan dengan mudah melalui smartphone. Pengguna pun bisa memantau keadaan rumah secara realtime dengan lebih baik. Perangkat ini dibanderol dengan harga Rp916.000.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Film This Is Not a Love Story Tayang di Bioskop Online

BERIKUTNYA

Jadi Momen Lebaran Seni, Cek 5 Fakta Unik ARTJOG 2023 di Jogja National Museum

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: