Ilustrasi obat-obatan (dok. Pexels)

Positif Covid-19 tanpa Gejala? Isolasi Mandiri & Minum Obat-obat Ini

02 July 2021   |   20:56 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype enggak usah panik ya kalau ternyata kamu terkonfirmasi positif Covid-19 namun tanpa gejala. Enggak perlu buru-buru juga nyari perawatan di rumah sakit, kamu cukup menjalakan isolasi mandiri (isoman) di rumah, lho.

Namun dengan catatan nih, rumah kamu nyaman dan layak untuk tempat isolasi. Layak dalam arti kata ada kamar terpisah dari anggota keluarga lain dan memiliki ventilasi yang bagus serta sinar matahari yang cukup ya.

Spesialis Paru di RSUP Persahabatan dr. Heidy Agustin menerangkan isoman bisa dilakukan selama 10 hari sejak tes Covid-19 baik itu swab PCR maupun swab antigen. Tentu dengan pemantauan petugas medis di fasilitas kesehatan tingkat pertama alias Puskemas ya. 

Nah, kata Heidy ada sejumlah obat-obatan atau suplemen yang bisa dikonsumsi nih buat kamu yang terkonfirmasi positif Covid-19 namun tanpa gejala. 

Pertama, kamu bisa siapkan vitamin C dengan pilihan vitamin c non-acidic yang aman aman untuk lambung dengan dosis 3-4x500 mg yang bisa diminum selama 14 hari. Atau, tablet isap vitamin C 2x500 mg selama 30 hari dan multivitamin dengan kandungan vitamin C, B, E, dan zink 1-2 tablet per hari selama 30 hari. 

Kedua, kamu bisa konsumsi vitamin D berupa suplemen 400-1.000 international unit (IU)/hari atau dalam bentuk obat dengan dosis 1.000-5000 IU/hari. 

Untuk kamu yang memiliki komorbid, jangan lepas pengobatannya dan rajin konsultasi ke dokter kamu ya. Selain itu kata Heidy, selama isoman kamu juga bisa mengonsumsi obat dengan sifat antioksidan dan obat suportif lainnya.

Oiya, jangan lupa tetap meneapkan protokol kesehatan ya saat isoman. Misal menggunakan masker apabila keluar kamar, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan anggota keluarga, dan terapkan etika batuk.

Usahakan cuci alat makan-minum sendiri dan sesegera mungkin memakai sabun. Rajin-rajin ukur suhu tubuh juga ya. Semoga lekas sembuh!

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Penelitian Ini Menyebut Konsumsi Vitamin D Tidak Mencegah Risiko Infeksi Covid-19

BERIKUTNYA

Ikuti 12 Tips Mudah Ini Buat Kamu yang Sulit Tidur

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: