Ilustrasi headphone (Sumber gambar: Freepik)

Tak Cuma Suara Jernih, Begini Kriteria Headphone Multifungsi untuk Segala Kondisi

30 June 2023   |   16:31 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, fungsi headphone saat ini tak lagi sekadar mendengarkan musik dan kebutuhan hiburan saja. Headphone kini juga jadi salah satu alat penunjang pekerjaan yang dibutuhkan banyak orang. Masifnya tren kerja hybrid seusai pandemi mereda membuat perangkat ini mampu bekerja multifungsi.

Saat ini jajaran headphone profesional pun mulai beradaptasi dengan keadaan. Sejumlah jenama mulai berevolusi dan memberikan produk yang bisa digunakan di segala kondisi dan segala kebutuhan penggunanya. Ada beberapa kriteria yang perlu dipenuhi untuk membuat headphone menjadi multifungsi.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Fungsi hingga Jenis Headphone & Earbuds

Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah headphone baru dari Jabra, Evolve2 65 Flex. Merek audio asal Denmark itu menghadirkan headphone dengan fitur-fitur multifungsi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Agnes Koh, Regional Product Marketing Manager APAC Jabra mengatakan, untuk kebutuhan profesional, headphone ini sudah menghadirkan suara jernih berkelas premium. Hal ini akan sangat membantu jika Jabra Evolve2 65 Flex digunakan untuk video konferensi atau meeting online.

Perangkat ini sudah tertanam Hybrid Active Noise Cancellation (ANC) terbaik di kelasnya. Teknologi tersebut mampu meredam suara bising dari luar sehingga tidak akan mengganggu meeting penting yang sedang dilakukan.
 

Evolve2 65 Flex (Sumber gambar: Jabra Indonesia)

Evolve2 65 Flex (Sumber gambar: Jabra Indonesia)

Adanya mikrofon beamforming Jabra Clear Voice juga akan membuat pengguna bisa tetap berinteraksi dengan nyaman saat rapat meski keadaan sekitar sedang tidak kondusif. Peredam bising memang jadi salah satu andalan headphone profesional saat ini.

Meskipun demikian, Jabra Evolve2 65 Flex juga sebenarnya cukup nyaman untuk kebutuhan kasual dan hiburan. Disematkannya speaker khusus 28mm akan membuat pengguna merasakan suara premium dari musik-musik yang diputar olehnya.

Headphone ini juga sangat nyaman meski digunakan dalam waktu lama. Adanya teknologi Jabra Air Comfort dan penutup telinga yang fleksibel membuatnya bisa berotasi mengikuti gerak penggunanya,” jelas Agnes.

Terlebih, Jabra Evolve2 65 Flex secara tampilan juga cukup menonjol dengan desain fold-and-go yang unik, headband berengsel yang dapat dilipat, penutup telinga yang ramping, dan lengan boom yang lebih pendek.

Agnes Koh mengatakan headphone ini bisa digunakan hingga 20 jam waktu bicara dengan ANC/busy light nonaktif, 15 jam waktu bicara dengan ANC/busy light aktif, 32 jam waktu mendengarkan dengan ANC/busy light nonaktif, atau 21 jam waktu mendengarkan dengan ANC/busy light aktif. Evolve2 65 Flex dibanderol dengan harga Rp6.599.000
 

WH-CH720N (Sumber gambar: Sony Indonesia)

WH-CH720N (Sumber gambar: Sony Indonesia)

Sementara itu, Sony Indonesia belum lama ini meluncurkan headphone WH-CH720N yang juga memberikan kualitas audio mumpuni. Headphone ini memiliki desain yang ringan, tetapi daya tahan baterainya bisa mencapai 35 jam.

Headphone nirkabel over-ear WH-CH720N juga telah mengombinasikan teknologi Dual Noise Sensor dan cip Integrated Processor V1 Sony untuk memberikan noise cancelling. Fitur peredam suaranya ini sangat efektif berkat dukungan chip integrated processor V1 dan teknologi dual noise sensor.

Integrated processor V1 akan membantu menghilangkan suara eksternal, sedangkan teknologi dual noise sensor membantu agar mikrofon bisa tetap berfungsi dan terdengar lebih baik meski ada kebisingan.

Adanya mikrofon beamforming dengan teknologi Precise Voice Pickup yang diposisikan dengan cerdas juga akan membantu menangkap suara lebih jelas dan akurat di berbagai lingkungan. Struktur Wind Noise Reduction yang baru dikembangkan di sekitar mikrofon akan mengurangi kebisingan dari lokasi si penggunanya.

Sony WH-CH720N juga telah dilengkapi Digital Sound Enhancement Engine (DSEE) untuk menghasilkan suara berkualitas tinggi. Misalnya, ketika musik asli terkompresi, suara dan detail akan hilang. Nah DSEEE dari Sony ini akan mengembalikannya agar hasil suara mendekati rekaman aslinya. Sony WH-CH720N  dibanderol dengan harga Rp1.999.000

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Eksklusif Profil Satya Winnie Sidabutar: Perempuan Pertama yang Terbang dari Puncak Rinjani

BERIKUTNYA

Harus Ada Campur Tangan Manusia, Grammy Larang Lagu AI Masuk Nominasi Awards Tahun Depan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: