Salah satu indikator kota layak huni adalah lingkungan (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ pixabay)

Wina dan 4 Kota Lainnya Dinobatkan Sebagai Kota Layak Huni di Dunia

27 June 2023   |   10:49 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

3. Melbourne

 

Melbourne, Australia. (Sumber foto: Pexels/Paul Macallan)

Melbourne, Australia. (Sumber foto: Pexels/Paul Macallan)

Melbourne, Australia adalah kota ketiga yang masuk sebagai kota paling layak huni dengan skor 97,7 poin atau berada di peringkat ketiga dalam daftar EIU dan Global Liveability Index 2023. 

Kota ini adalah ibu kota negara bagian Victoria, pusat bisnis, administrasi, budaya, dan rekreasi. Di kota ini terdapat banyak orang dengan berbagai kebudayaan yang berbeda antara satu dengan yang lain dan terdiri dari berbagai usia, seperti profesional muda, pelajar internasional, dan lansia. 

Pada hari kerja, terdapat rata-rata sekitar 910.000 orang berada di Melbourne. Sementara itu, lebih dari satu juta pengunjung internasional datang untuk pelesir di kota ini setiap tahun. 


4. Sydney  

 

Sydney, Australia. (Sumber foto: Pexels/Patrick McLachlan)

Sydney, Australia. (Sumber foto: Pexels/Patrick McLachlan)

Kota lainnya yang termasuk dalam kota layak huni adalah Sydney, Australia, dengan 97,4 poin. Keberadaannya membuat Negeri Kanguru memiliki dua kota layak huni dalam daftar lima besar. 

Sydney merupakan ibu kota negara bagian New South Wales. Nama dari kota ini berasal dari Lord Sydney yang merupakan Menteri Dalam Negeri Inggris ketika Kapten Arthur Philip dan armadanya pertama melabuh pada Januari 1788. 

Suku Aborigin merupakan salah satu penduduk asli kota ini. Mereka disebut telah berada di Sydney setidaknya 50.000 tahun sebelum Philip memilih Sydney sebagai tempat hukuman pertama di Australia. 

Di kota ini, terdapat berbagai tempat yang membuat masyarakat mendapatkan wawasan budaya tentang suku aborigin. Mereka hidup berdampingan bersama dengan masyarakat lainnya.  


5. Vancouver

 

Vancouver, Kanada. (Sumber foto: Pexels/Jeremy Lee)

Vancouver, Kanada. (Sumber foto: Pexels/Jeremy Lee)

Vancouver merupakan tempat lainnya termasuk dalam kota layak huni. Wilayah ini merupakan kota pesisir dan menjadi salah satu yang terpadat di Kanada. Populasi yang ada di kota ini mencapai dua juta jiwa. 

Kota ini memiliki keberagaman budaya lantaran banyak individu dari berbagai dunia datang ke tempat ini selama 30 tahun terakhir. Tidak hanya itu Vancouver juga disebut sebagai salah satu daerah dengan kualitas pendidikan yang mumpuni dan masuk dalam jajaran papan atas dunia. Ada lima universitas negeri di sekitar Vancouver dengan puluhan ribu mahasiswa. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
1
2


SEBELUMNYA

Lokasi Salat Iduladha Muhammadiyah di DKI Jakarta & Bekasi

BERIKUTNYA

CAN's Gallery Hadirkan Karya Terbaru Rendy Raka Pramudya dalam Pameran Imagining Noumena

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: